5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan 10 Menit Jelang Pulang Kerja. New Normal, Tetap Harus Semangat~

tips ngantor new normal

Setelah masa PSBB berakhir, kini kita telah memasuki era new normal. Pada kondisi saat ini, beberapa sektor industri telah kembali beroperasi. Itu berarti, segelintir orang telah mulai masuk kantor secara ‘normal’ kembali. Nggak dimungkiri bekerja ke kantor seperti biasa membuat para pekerja takut tertular virus yang berujung stres.

Advertisement

Cukup wajar kalau para pekerja rentan mengalami stres di masa new normal ini. Yang bisa dilakukan adalah berusaha menyesuaikan diri dan mengatur pekerjaan kita agar beban sedikit berkurang. Nah, ada beberapa cara untuk mengurangi beban tersebut, salah satunya adalah melakukan beberapa hal di waktu 10 menit sebelum kita pulang kerja. Memang apa aja? Simak nih ulasan lengkapnya!

1. Stretching atau peregangan sangat berguna untuk melemaskan dan menjaga fleksibilitas otot. Coba praktikan dan rasakan sendiri manfaatnya

Peregangan otot sebelum pulang kerja/credit: flexspipot via flexispot.com

Bekerja 8 jam sehari pastinya sangat melelahkan. Apalagi bagi mereka yang bekerja di kantor. Duduk dan menghadap komputer atau laptop seharian. Sudah pasti sepulang kerja badan terasa sakit dan pegal. Rasa sakit tersebut berasal dari otot yang tegang dan kaku. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa lakukan stretching atau peregangan otot sebelum pulang kerja. Gunakan sisa waktu 10 menit sebelum pulang untuk meregangkan otot untuk melemaskan dan menjaga fleksibelitas otot. Coba deh kamu praktikan dan rasakan sendiri bagaimana dampaknya pada tubuh.

2. Kamu bisa menggunakan 10 menit sisa waktu bekerja untuk membaca artikel yang berkaitan dengan profesimu. Dengan begitu kamu tahu hal-hal baru dan tetap mendapat informasi

Mencari informasi soal profesi/ credit: Unsplash via unsplash.com

10 menit sebelum pulang kerja adalah waktu yang tepat untuk mencari informasi. Jika dalam sehari kamu fokus bekerja, membaca berita atau artikel bisa mengembalikan mood dan semangat. Carilah informasi seputar kesenanganmu. Kamu bisa mencari informasi seputar film baru, musik baru atau berita-berita baru.

Advertisement

Lebih baik lagi kamu mencari informasi terbaru soal bidang pekerjaan yang kamu geluti. Hal ini akan membantu kamu siaga jika suatu saat kamu terkena PHK karena perusahaan bangkrut atau memang sedang berencana mencari pekerjaan baru. Seperti kita tahu di masa pandemi semua perusahaan mengalami krisis. Tetap up to date pada informasi karir adalah upaya pencegahan yang cerdas. Toh nggak rugi juga kan untuk terus tambah ilmu?~

3. Kamu juga bisa membuat atau memperbaharui to do list agar waktu bekerja lebih efektif di keesokan hari

Membuat to do list/ credit: Unsplash via unsplash.com

Waktu 10 menit sebelum pulang bekerja adalah waktu yang tepat untuk membuat atau memperbaharui to do list-mu. Meski terlihat sepele membuat perencanaan akan membuat waktumu lebih efektif saat bekerja di keesokan harinya. Singkatnya kamu bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan karena semua hal telah kamu rencanakan.

Manfaat lain dari menulis perencanaan adalah membuatmu tetap kreatif. Loh kok bisa? Nah saat menulis rencana tanpa sadar kamu sedang menumpahkan pemikiran dari kepalamu pada kertas. Jika kamu sering membuat to do list lama kelamaan kamu juga akan tahu prioritasmu sendiri.

Advertisement

4. Menulis kata-kata motivasi untuk diri sendiri atau rekan kerja untuk mendorong satu sama lain semasa pandemi

Menulis note motivasi/ credit: Unsplash via unsplash.com

Meski sederhana menulis kata-kata motivasi untuk diri sendiri akan membantu mentalmu dalam melewati masa pandemi. Menulis kata motivasi adalah ungkapan cinta dan semangat terhadap diri sendiri untuk menjalani hari dalam bekerja. Selain menulis untuk diri sendiri, nggak ada salahnya kamu gunakan 10 menit waktu sebelum pulang untuk menulis kata-kata motivasi untuk membesarkan rekan kerja yang lain. Mendorong satu sama lain dalam masa krisis seperti sekarang akan memberikan dampak bahagia di tempat kerjamu lo~

5. Terakhir dan paling utama adalah selalu merapikan meja kerja dan membersihkannya hingga steril untuk mencegah diri tertular virus corona

Menjaga kebersihan meja kerja/Credit: Unsplash via unsplash.com

Terakhir dan yang paling penting adalah merapikan meja dan membersihkan meja kerja dengan hati-hati dan steril. Usahakan juga mengurangi barang-barang nggak penting berserakan di atas meja. Semakin sedikit barang, semakin bagus. Kamu harus membuang bungkus camilan atau mengembalikan cangkir kopi ke dapur kantor. Pastikan semua meja telah rapih dan bersih. Pemandangan meja rapi bisa membuatmu semangat bekerja keesokan harinya. Ya meskipun sudah ada pekerja yang bertugas untuk merapikan, nggak ada salahnya kamu membantu meringankan pekerjaan orang lain.

Meski terlihat sepele dan mudah dilakukan, percayalah hal ini memerlukan niat dan konsistensi. Sebab orang sukses adalah mereka yang konsisten dalam melakukan hal-hal kecil. Semangat terus ya, kamu yang tetap harus work from office!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE