Ramai Orang Menulis CEO di Bio Clubhouse, Apa sih Sebenarnya Tugas dan Jobdesc Mereka?

tugas dan jobdesc CEO

Belakangan ini trending di media sosial diisi oleh kemunculan Clubhouse yang merupakan sebuah aplikasi berbasis obrolan audio. Aplikasi ini dibuat oleh pengusaha Sillicon Valley bernama Paul Davison dan Rohan Seth yang merupakan mantan karyawan Google. Yang membuat aplikasi ini ramai digunakan awalnya adalah karena CEO Tesla yaitu Elon Musk yang juga menggunakan aplikasi tersebut sehingga orang berbondong-bondong nyemplung ke sana juga.

Advertisement

Selain aplikasi itu sendiri, ternyata banyak juga lo orang yang membahas hingga menjadikan meme Clubhouse, katanya di sana isinya banyak orang keren dengan bio CEO. Jika dulu CEO selalu identik dengan pimpinan perusahaan besar, rupanya istilah ini sekarang memiliki arti yang lebih luas. Lalu, sebenarnya apa sih fungsi dan jobdesc CEO? Simak yuk penjelasannya!

Pertama kita ketahui dulu apa itu arti CEO dalam suatu perusahaan, ternyata berbeda lo dengan pendiri

Dilansir dari Investopedia, CEO yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer adalah sebuah posisi eksekutif paling tinggi dalam suatu perusahaan yang memiliki tanggung terbesar pula dalam perusahaan tersebut. Biasanya seorang CEO dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham. Banyak orang yang menyamakan CEO dengan founder atau pendiri padahal keduanya berbeda. Jika CEO merupakan sebuah posisi tertinggi, pendiri merupakan seseorang yang mengawali berdirinya perusahaan tersebut dengan idenya. Para pendiri ini bisa juga disebut juga sebagai seorang pengusaha. Pendiri bisa saja menjadi seorang CEO tapi tak selamanya mereka harus menjadi CEO.

Seperti posisi yang lainnya, CEO juga memiliki jobdesc sendiri sejalan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan

View this post on Instagram

A post shared by @elonmusk

Advertisement

Dengan posisi paling tinggi CEO juga memiliki tanggung jawab yang besar pula. Tugasnya biasanya cukup bervariasi tergantung dengan besarnya perusahaan dan target yang ingin dicapai namun ada beberapa tugas secara umum yang harus dilaksanakan yaitu:

  • Membuat visi dan mis perusahaan serta mengomunikasikan dan mengimplementasikannya kepada seluruh karyawan.
  • Mengawasi semua operasi bisnis supaya berjalan sesuai dengan strategi dan misi untuk hasil yang diinginkan.
  • Berkomunikasi serta meminta saran dan masukan dari direksi jika dibutuhkan.
  • Mengevaluasi strategi perusahaan berdasarkan laporan yang dibuat dan menemukan solusi terhadap masalah atau melakukan perbaikan.
  • Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain serta menjalin komunikasi dengan pemangku kebijakan seperti pemerintah pusat dan daerah serta menjadi wakil saat ada urusan kemasyarakatan.
  • Berpartisipasi dalam acara yang berkaitan dengan industri untuk meningkatkan reputasi perusahaan serta skill kepemimpinan.
Advertisement

Ternyata nggak semua orang bisa menjadi CEO, walaupun perusahaan adalah milikmu tapi bisa jadi kamu perlu menunjuk seorang CEO baru

Dengan tugas yang sebegitu besar artinya tak semua orang bisa begitu saja menjadi seorang CEO, perlu latar belakang dan pengalaman tertentu untuk menjadi salah satunya supaya perusahaan bisa maju. Sebaiknya memilih seorang CEO yang memiliki ilmu mendalam dalam beberapa bidang khususnya dalam hal bisnis. Pengetahuan tersebut selain didapatkan dari pendidikan bisa juga dilihat dari pengalaman seperti bagaimana saat memecahkan masalah dan kemampuan memimpin bawahan. Yang tak kalah penting adalah karakter yang harus dimiliki, CEO harus tegas dan berani mengambil keputusan namun tetap penuh dengan pertimbangan. Dengan demikian, ia tak mudah disetir oleh orang lain. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa seorang CEO perlu memiliki kemampuan interpersonal, kepempipinan, dan manajerial yang baik.

Jadi, kalau saat ini kamu memiliki usaha kecil-kecilan yang sedang berkembang dan menjalankan beberapa jobdesc yang sudah disebutkan maka kamu bisa saja kok melabeli diri sebagai seorang CEO di perusahaanmu. Akan tetapi, jangan berhenti belajar untuk membuatmu memiliki beberapa kemampuan yang dibutuhkan supaya perusahaanmu makin berkembang ya!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE