7 Pimpinan Kerajaan Terkaya Dunia. Pemilik Yachts, Jet Pribadi, Hingga Ratusan Rolls Royce!

wealthiest king in the world

Raja atau ratu identik dengan kesan berwibawa, sosok pemimpin dengan hartanya yang melimpah. Ya, paling tidak begitulah yang kita biasa dengar dari kisah-kisah dongeng. Nyatanya di kehidupan nyata hal tersebut juga tak salah. Banyak di antara anggota kerajaan yang memiliki harta sampai triliunan. Jika Ratu Elizabeth II populer dengan berbagai berita tentangnya termasuk menjabat paling lama, namun ternyata hartanya tak bisa membuatnya masuk ke jajaran pimpinan kerajaan terkaya. Kenapa?

Advertisement

Nah, ternyata ada nama-nama lain yang memiliki kekayaan lebih dari Ratu Elizabeth II. Layaknya pebisnis yang lain, ternyata kekayaan mereka diperoleh dari berbagai sumber penghasilan. Simak yuk siapa saja yang masuk ke daftar dilansir dari Money Inc dan beberapa sumber yang lainnya!

1. Prince Hans Adam II, Liechtenstein mendapatkan kekayaan dari beberapa macam bisnis yang ia miliki

Prince Adam II/ Credit: Pop Sugar via me.popsugar.com

Kekayaan Prince Adam II berjumlah $3,5 miliar yang ia dapatkan dari bank pribadi miliknya, LGT Group. Ia juga berinvestasi melalui sebuah yayasan yang ia miliki bernama Prince of Liechtenstein Foundation yang mengawasi real estate, perhutanan, dan kilang anggur.

2. Tak berbeda jauh dengan Prince Adam II, Grand Duke Henri dari Luxembourg memiliki kekayaan mencapai $4 miliar

Grand Duke Henry/ Credit: Royal Central via royalcentral.co.uk

Kekayaan Grand Duke Henri yang merupakan Raja Luxembourg mencapai $4 miliar. Setiap tahunnya, ia dan keluarga mendapatkan dana sebesar $324,851 untuk kegiatan yang berkaitan dengan kerajaan. Akan tetapi, mereka sepertinya tak begitu membutuhkan dana ini karena kekayaan yang sudah dimilikinya.

Advertisement

3. Raja dari Dubai, Uni Emirat Arab, Emir Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menduduki peringkat kelima raja terkaya

Sheikh Mohammed/ Credit: Middle East Online via middle-east-online.com

Anggota keluarga kerajaan ini juga merupakan Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab. Ia memiliki kekayaan yang sama dengan Grand Duke Henri yaitu sebesar $4 miliar. Selain itu, ia juga memiliki yayasan yang mengumpulkan dana sampai $10 miliar untuk kegiatan amal yang berfokus pada generasi mendatang.

4. Kalau wakilnya saja sudah sekaya itu, ternyata Presidennya, Khalifa bin Zayed Al Nahyan memiliki kekayaan yang cukup jauh di atasnya

Khalifa bin Zayed/ Credit: The National News via www.thenationalnews.com

Presiden Uni Emirat Arab sekaligus Pangeran Abu Dhabi ini menduduki peringkat 4 raja terkaya dengan total kekayaan $15 miliar. Ia juga menjadi seorang ketua Abu Dhabi Investment Authority yang mengatur cadangan minyak. Tak hanya itu, ia juga memiliki kebijaksanaan yang membuatnya menjadi seorang filantropis.

5. Yang masuk podium 3 besar adalah Salman bin Abdulaziz Al Saud yang merupakan seorang pemilik media

King Salman/ Credit: The Arab Weekly via thearabweekly.com

Ia menduduki posisi ketiga dengan total kekayaan $18 miliar tapi keluarganya ternyata menjadi keluarga terkaya dengan kekayaan lebih dari $1 triliun. Ia memperoleh kekayaan dari grup media, minyak, dan investasi. Keluarga ini mungkin tak terlalu mengumbar kekayaan namun mereka memiliki rumah dan mobil mewah, yachts, helikopter, jet pribadi, dan lain-lain.

Advertisement

6. Jangan ngaku sultan kalau kekayaanmu belum mencapai Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah yang menduduki posisi 2

Hassanal Bolkiah/ CRedit: The Times via www.thetimes.co.uk

Kekayaan sultan yang satu ini mencapai $20 miliar dan didapatkan melalui minyak dan industri gas di Brunei. Ia tinggal di sebuah istana paling luas di dunia yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki 1.778 ruangan. Tak hanya itu, ia dikabarkan memiliki lebih dari 600 buah Rolls Royce. Ini baru beneran sultan!

7. Terakhir, ternyata raja yang menduduki peringkat 1 adalah Raja Thailand yang bernama Maha Vajiralongkorn

Maha Vajiralongkorn/ Credit: Insider via www.insider.com

Ia menjadi seorang raja terkaya di dunia saat ini dengan total kekayaan senilai $30 miliar. Keluarganya menjadi pemilik tanah di Thailand sebanyak 16.210 hektar dengan 40.000 kontrak sewa termasuk 17.000 di ibu kota. Ia juga memegang saham Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank serta pemilik berlian yang dinamai Golden Jubilee Diamond yang merupakan berlian terlebar di dunia.

Wah, ternyata kekayaan dari raja tersebut banyak ya, sumbernya pun macam-macam. Kekayaan sebanyak itu bisa diturunkan ke anak-anak serta penerus tahtanya kelak. Semoga nular juga deh ke seluruh rakyat di dunia macam kita ini, SoHip! 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE