Anak Muda Jangan Malas Olahraga! Inilah 10 Alasan Kenapa Kamu Wajib Olahraga Pagi Setiap Harinya

Meniatkan bangun pagi dan berolahraga sebelum memulai rutinitas itu memang susah-susah gampang. Kita seringkali tergoda untuk bilang, ‘Olahraganya nanti sore saja, ah.‘ Akhirnya, kamu justru batal melakukannya karena tubuhmu sudah lelah duluan.

Advertisement

Nah, jika pagimu cukup luang, gak ada salahnya menaruh kegiatan olahraga sebagai pembuka hari. Kalo kamu butuh alasan buat berolahraga pagi, nih Hipwee kasih kamu sepuluh alasan kenapa kamu mesti olahraga di pagi hari.

1. Olahraga pagi membantumu membangun konsistensi.

Mem

Membangun konsistensi via 8tracks.com

Seperti yang sudah Hipwee singgung di awal, kamu mungkin punya niat yang baik ketika kamu ingin berolahraga pada siang hari atau sepulang kerja. Sayangnya, seringkali waktu latihanmu akhirnya cuma teronggok di to-do list tanpa sempat dilakukan.

Kamu bisa menghindari situasi ini dengan cara menempatkan olahraga sebagai hal pertama yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menikmati makan siang bareng rekan-rekanmu dan menghabiskan malam untuk hal lain yang menyenangkan.

Advertisement

2. Olahraga pagi berarti kamu gak perlu mengantri.

Kamu gak perlu antre

Kamu gak perlu antre via www.flickr.com

Mendatangi gym di sore hari berarti kamu mesti siap dengan antrian alat yang ingin kamu gunakan. Selain lelah dengan aktivitasmu seharian, kamu juga lelah karena dibuat menunggu hanya untuk berolahraga. Akhirnya, latihanmu jadi gak maksimal. Datang ke gym pagi-pagi akan memberi kamu banyak ruang untuk merampungkan latihanmu tanpa terbebani antrian, sehingga kamu pun bisa berolahraga dengan intens.

3. Bergerak di pagi hari membantu memacu metabolisme tubuhmu.

dia rajin olahraga

Memacu metabolisme via galleryhip.com

Melakukan latihan akan memacu metabolismemu dan itu bisa bertahan sampai berjam-jam. Dengan mengaktifkannya sejak awal, kamu bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar ketika kamu beraktivitas alih-alih saat beristirahat di malam hari. Kalo kamu tipe orang yang duduk sepanjang hari di belakang meja, ini adalah alasan yang tepat untuk berolahraga di pagi hari.

4. Aktivitasmu sehari-hari akan mendapatkan cukup energi.

punya energi lebih

punya energi lebih via www.oprah.com

Tentara biasa melakukan latihan rutin di pagi hari karena latihan mereka akan memberikan energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang keras dan disiplin. Jadi, bila cuaca dan kelelahan yang bertumpuk bikin kamu merasa lemah, berolahraga di pagi hari adalah pilihan logis. Latihan fisik akan melepaskan endorfin dan hormon lainnya yang bisa memberikan dorongan tenaga untuk beraktivitas seharian.

Advertisement

5. Jernihkan pikiranmu dengan olahraga pagi.

Membantumu berpikir jernih

Membantumu berpikir jernih via blog.isowhey.com.au

Sebelumnya, Hipwee pernah membahas manfaat olahraga buat kesehatan mentalmu. Hal itu memang bukan isapan jempol belaka. Berlatih di awal membantumu memulai hari hari dengan pikiran yang lebih segar dan mengurangi stres yang ditimbulkan oleh hari-hari sebelumnya. Selain itu, resistensimu terhadap stres dan emosi negatif juga meningkat.

6. Nafsu makanmu jadi lebih teratur.

Makan makanan sehat

Nafsu makan teratur via glory-femi.blogspot.com

Olahraga pagi membantumu mengatur nafsu makan sepanjang hari. Jika dilakukan secara rutin, pelan-pelan kamu akan sadar bahwa jadwal makanmu jadi teratur sehingga kamu pun gak tergoda untuk ngemil atau makan berlebihan.

7. Kesadaran mentalmu pun ikut meningkat.

kesadaran mental

kesadaran mental via www.thrive-team.com

Jika kamu mulai rutin melakukan latihan pagi, kamu akan menyadari bahwa kamu merasa lebih waspada dan siap untuk menghadapi tantangan sehari-hari di kampus maupun di kantor. Faktanya, latihan fisik meningkatkan ketajaman mentalmu untuk empat sampai 10 jam setelah olahraga. Ini karena otak mendapatkan lebih banyak asupan oksigen lewat aliran darah.

8. Kamu juga semakin disiplin.

Disiplin

Disiplin via www.flickr.com

Butuh kedisiplinan dan motivasi untuk bisa beranjak dari tempat tidur di pagi hari, apalagi buat berolahraga. Namun, mejadikannya sebagai kebiasaan bisa meningkatkan kualitas hidupmu secara drastis. Tanpa kamu sadari, sikap disiplin yang kamu terapkan di pagi hari untuk berolahraga akan terbawa ke berbagai aspek kehidupanmu.

9. Kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

Kualitas tidur lebih baik

Kualitas tidur lebih baik via www.aceshowbiz.com

Berolahraga secara rutin punya andil untuk memperbaiki pola dan kualitas tidur. Kamu akan lebih mendengarkan kebutuhan tubuhmu untuk beristirahat di malam hari, apalagi jika esok paginya kamu mesti berolahraga. Istirahat yang cukup penting untuk memulihkan kembali tubuhmu yang lelah karena aktivitas seharian. Tanpa istirahat yang berkualitas, kamu akan sulit membentuk otot dan meningkatkan kardiomu.

10. Olahraga pagi akan memperbaiki dietmu.

Kamu jadi menjaga makanmu

Kamu jadi menjaga makanmu via www.flickr.com

Kadang kita berpikir bahwa berolahraga sebelum makan akan membakar lemak dengan segera. Sebenarnya, berlatih sebelum kamu makan apa-apa dapat menimbulkan kejutan bagi sistem tubuhmu dan menempatkan tubuhmu pada keadaan katabolik, di mana tubuhmu akan membakar otot sebagai energi.

Cobalah mengkonsumsi makanan rendah kalori, seperti apel atau yogurt, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memulai latihan. Makanan tersebut akan memberimu energi yang kamu butuhkan dan lebih cepat dibakar. Olahraga pagi juga membantumu makan lebih baik sepanjang hari. Kamu akan sadar untuk mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi, karena tubuhmu memerlukannya.

Nah, apakah manfaat-manfaat di atas bisa memotivasimu untuk berolahraga pagi ini? Yuk, bangun dan bergerak!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengagum senja dan penggubah lamunan menjadi kata. Doyan makan pisang goreng di sela-sela waktunya.

25 Comments

  1. Mega Wulan berkata:

    Mari belajar mengatur pola hidup sehat…

  2. Udah jalan 3 bulan terakhir dan memang terasa banget manfaat dan kelebihan yang didapat. Pertama nglakuin ini pasti bakal berat, kalo tubuh udah terbiasa sekitaran semingguan gitu, maka setalah olahraga pagi, kalo aku jogging maka setelah mandi dan sarapan pagi serasa diinjeksi semangat luar biasa buat jalanin aktivitas juga yang pasti semua pikiran negatif jarang melintas ini artinya kita bakalan jarang stress

  3. Richard Kelen berkata:

    Ayo yang mau daftar fitnes sekalian sama saya juga!

  4. Anonim berkata:

    Selain itu, kita harus menjaga pola makan, kita juga harus tetap usaha menjaga kebugaran badan dengan olahraga. Cukup dengan olah raga sederhana atau kita bisa menggunakan alat-alat kesehatan.
    yuk olahraga sambil dapetin alat kesehatan gratis dari omron.
    “Healthy Lifestyle” merupakan (“Lomba”) yang diselenggarakan oleh PT.Omron Healthcare Indonesia.
    Untuk lebih jelasnya lihat page :
    Desktop : http://goo.gl/etnmLT

    Mobile : http://goo.gl/Nr9GCE

  5. OMRON FB CAMPAIGN , YUK KITA BAGI CERITA KESEHATAN..ADA HADIAHNYA LHO..
    Yuk Gabung di sini :

    Link for Desktop : http://goo.gl/0gblfx

    Link for Mobile : http://goo.gl/QagdKQ

CLOSE