Untuk menyiasati ukuran tanah yang sempit, rumah dengan desain 2 lantai bisa dijadikan solusi. Nah, rumah tingkat bisa dipastikan selalu memiliki anak tangga yang menghubungkan lantai bawah dengan lantai atas. Supaya tangga yang ada di rumahmu gak melulu berdesain itu-itu aja, kamu bisa lho mengkreasikannya.

Masih belum punya gambaran desain seperti apa yang akan kamu adopsi nanti? Tenang, di artikel ini Hipwee sudah menyiapkan 12 desain anak tangga yang layak dijadikan referensi!

1. Supaya setiap langkahmu bisa memberikan motivasi nyata, tambahkan saja wallpaper dengan quote favorit dengan font yang berbeda-beda.

quote favorit via quotesgram.com

Untuk membuat rumahmu terlihat unik dan beda, kamu bisa menambahkan wallpaper quote di setiap anak tangga. Bahkan, makin berbeda font yang kamu pilih, makin artistik pula penampilan dari anak tanggamu. Kamu bisa menempelkan quote dari anak tangga terbawah hingga yang paling atas. Selain nampak artistik, kamu juga bisa terpacu dan tetap semangat dengan mengingat quote ini.

2. Supaya quote-mu gak sepi dan bisa terlihat ceria, kamu bisa menghiasinya dengan mural pop-art aneka warna.

pop design via sweatness.gportal.hu

Advertisement

Jika kamu gak ingin anak tanggamu terlihat pucat karena warna-warna dasar seperti hitam, putih, dan cokelat, kamu bisa lho mengkreasikannya. Jika di desain pertama kamu bisa menempelkan lebih dari satu anak tangga, maka di desain kali ini cukup satu quote saja. Kamu bisa menuliskan 1-2 kata per anak tangga. Kemudian ruang yang anak tangga yang kosong bisa diisi dengan mural pop-art aneka warna.

3. Jangan terjebak pada rail stairs yang biasa-biasa saja, kamu bisa membuat desain pohon dan batang yang merambat hingga lantai dua.

pohon dan batang via wall.hr

Jika biasanya rail stairs hanya berbentuk kaku dengan garis-garis tegas, kamu bisa kok mengadopsi bentuk lainnya. Contohnya saja seperti gambar di atas. Bentuk pohon dengan akar dan batang yang melengkung dan terpilin hingga ke lantai dua benar-benar akan membuat rumahmu memiliki suasana yang berbeda.

4. Manfaatkan ruang kosong di bawah tangga, kamu bisa kok menjadikannya rak untuk buku-buku berharga.

Rak buku via goodglance.com

Jangan biarkan ruang kosong di bawah tangga terbengkalai. Kamu bisa kok membuat rak-rak disana. Dengan begini, kamu gak perlu bingung lagi di mana harus menempatkan koleksi buku-buku berhargamu. Selain itu, rak buku ini juga bisa dijadikan dekorasi. Karena ragam buku dengan sampul aneka warna akan terlihat apik jika disusun secara rapi.

5. Gak punya halaman? Tenang, kamu bisa bikin taman bermain mini dengan memodifikasi anak tangga sebagai seluncuran.

rak buku dan seluncuran via design-milk.com

Meski gak punya halaman, kamu masih bisa membangun taman bermain kok. Manfaatkan saja anak tangga yang ada. Kamu bisa membuat seluncuran di tengah atau di sebelah anak tangga. Namun, pastikan sudutnya tak terlalu curam ya karena bisa membahayakan.

6. Selain sebagai perpustakaan, kamu juga bisa mencat setiap anak tangga sesuai dengan sampul buku kesukaan.

buku favorit via m.spatiulconstruit.ro

Selain tempat menyimpan buku, kamu juga bisa lho menggunakan sampul buku favorit untuk menginspirasi anak tangga di rumah. Tinggal cat dan berikan tulisan judul dari buku tersebut. Makin beragam warna yang digunakan makin apik pula anak tangga milikmu nanti.

7. Warna hitam dan putih juga bisa membuat suasana ceria, sulap setiap anak tangga jadi tuts piano yang bisa dipastikan beda dari yang lainnya.

Warna hitam dan putih gak melulu suram lho! Coba saja lihat desain anak tangga yang satu ini. Meski hanya menggunakan warna hitam dan putih saja, namun desain anak tangga ini bisa membuat orang yang melihatnya terpesona. Ya, kamu bisa menggunakan tuts piano sebagai inspirasi anak tanggamu kelak. Dijamin deh para tamu yang datang ke rumahmu akan dibuat berdecak kagum.

8. Jangan biarkan dinding di sebelah tangga kosong begitu saja, kamu bisa membuat rak serbaguna di sana.

Selain ruangan di bawah anak tangga yang bisa dimanfaatkan sebagai rak buku, kamu juga bisa mengisi seluruh dinding di sebelah anak tangga dengan rak. Bahkan, segala macam barang bisa kamu tempatkan di sini. Gak perlu ragu untuk membuat rak ini setinggi langit-langit, karena berkat bantuan anak tangga kamu tetap bisa meraih barang yang ada di puncak tertinggi.

9. Desain floral vintage emang gak ada matinya! Kamu bisa membuatnya dengan bantuan kertas kado atau keramik lama.

kertas kado via indulgy.com

Ingin menghadirkan suasana vintage di rumah masa depan? Bisa! Kamu hanya perlu menempelkan kertas kado bunga-bunga dengan warna cerah di tiap anak tangga dan melapisinya dengan kertas mika. Jika tidak kamu bisa mencari tegel dengan tema jaman dulu dan menempelkannya di tiap anak tangga. Atau jika kamu memiliki bakat seni dan pandai melukis, lukis saja tiap anak tangga dengan menggunakan cat yang memiliki warna-warna ceria.

10. Tempelkan wallpaper hitam di anak tangga putihmu. Dijamin gambar yang tercetak bakal terlihat seperti nyata.

wallpaper unik via www.brit

Tak hanya tuts piano yang sanggup membuat tangga hitam putihmu terlihat ceria. Kamu juga bisa lho menempelkan wallpaper hitam dengan karakter favorit di tiap anak tangga. Dijamin kesan yang ditimbulkan justru akan membuatnya sangat hidup.

11. Bingung desain yang pas untuk anak tangga? Buat saja dengan desain chalkboard, kamu bisa menggambari atau menulis suka-suka.

papan tulis via www.brit.co

Masih bingung menentukan desain gambar atau tulisan untuk anak tanggamu? Gak perlu khawatir, supaya aman cat saja tiap anak tangga dengan warna hitam doff. Dengan begini kamu bisa menggambarinya atau menuliskan kata-kata favorit dengan kapur aneka warna. Tertarik mencoba?

12. Punya banyak cat sisa? Tuangkan saja warna-warna berbeda di setiap anak tangga untuk menambah kesan ceria!

warna-warni via www.brit.co

Kamu ingin membuat anak desain anak tangga yang beda, namun tetap hemat dana? Manfaatkan saja cat yang tersisa. Kamu bisa mengecat tiap anak tangga dengan warna-warni cerah yang berbeda. Dijamin deh, rumahmu akan semakin ceria hanya dengan sentuhan sederhana.

Jadi, anak tangga favoritmu yang nomor berapa?