Masa iya tidur telanjang bikin sehat? Masuk sih angin iya!

Bisa nggak kamu bayangkan rasanya tidur telanjang atau tanpa busana? Mungkin hal yang terlintas di benakmu adalah ketidaknyaman, kedinginan atau bahkan kemungkinan dilihat orang lain.

Advertisement

Di masyarakat kita, tidur dengan kondisi telanjang masih menjadi satu hal yang tabu. Tetapi, di beberapa negara, tidur telanjang sudah menjadi sebuah kebiasaan. Dan yang pentingnya lagi, kebiasaan tidur seperti ini menyehatkan. Riset membuktikan bahwa tidur telanjang memiliki banyak manfaat, berikut Hipwee kasih bocorannya…

1. Karena nggak tertekan dan terbelit baju, tidur telanjang bikin sirkulasi darah lebih lancar

peredaran darah lebih lancar

peredaran darah lebih lancar via cdn-media-2.lifehack.org

Dengan tidur tanpa mengenakan baju sama sekali, kamu akan mengurangi potensi tergesek, tertekan, bahkan terbelit baju karena kesempitan, di mana hal ini berpengaruh terhadap tekanan darah dalam tubuh. Peredaran darahmu akan menjadi lebih lancar sehingga juga membantu menurunkan resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti penyakit jantung, hipertensi, varises, dan sebagainya. Hebat, ya.

2. Tidurmu pun akan lebih nyenyak karena penurunan suhu tubuh yang sesuai kebutuhan. Ingat, ini beda sama kedinginan

tidur lebih nyenyak

tidur lebih nyenyak via beautifulhdwallpaper.com

“Tidur telanjang dapat membantu tubuh Anda tetap dingin namun stabil”

Lisa Shives MD, National Sleep Foundation

Advertisement

Saat kita tertidur, suhu tubuh akan turun 0,5 derajat celcius. Ketika telanjang, suhu tubuh akan dapat dengan mudah dilepaskan sehingga orang tersebut merasa nyaman dan dapat tidur dengan cepat. Sedangkan kamu yang mengenakan baju tidur, tubuh akan kesulitan menurunkan suhunya. Sehingga kamu akan cenderung sering terbangun karena kepanasan.

3. Tidur telanjang membantu mengurangi stres, depresi, insomnia. Bahkan, masalah psikologis lainnya

bebas stres

bebas stres via science-all.com

Sebuah studi mengklaim bahwa mereka yang tidur telanjang cenderung merasa lega dari pikiran negatif. Karena itu, dengan tidur telanjang kamu bisa terbebas dari stres.

Seseorang yang tidur telanjang akan memiliki perasaan yang lebih bahagia dan merasa lebih bebas. Kenapa? Karena dengan tidur telanjang, kamu terbebas dari pakaian, gesekan dari pakaian dan ketidaknyamanan yang mungkin bisa ditimbulkan ketika kamu mengenakan baju saat tidur.

4. Nggak ketinggalan, Miss-V dan Mr. P juga ikut terjaga kesehatannya. Nggak percaya?

punya kamu bakal sehat juga lho! via www.pexels.com

Miss-V memiliki suhu hangat dan juga lembab, sehingga cocok untuk perkembangbiakan jamur dan bakteri. Dengan tidur telanjang, kamu para cewek akan memberikan ruang bagi Miss-V untuk bernafas dan mencegah tumbuhnya jamur maupun bakteri.

Sedangkan bagi cowok, tidur telanjang bagus untuk kesuburan sperma. Saat kamu tidur dengan pakaian dalam ketat, kondisi sperma yang diproduksi nggak bisa bereproduksi dengan baik. Akibatnya kualitas sperma menurun.

5. Ajaibnya, kamu bisa awet muda! Karena ketika tidurmu nyenyak, tubuh memproduksi hormon yang bagus untuk mencegah penuaan dini

kamu bakal awet muda kaya mbaknya

kamu bakal awet muda kaya mbaknya via www.celiuz.com

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin (hormon anti penuaan) serta hormon-hormon pertumbuhan lainnya. Orang yang tidur lebih nyenyak dengan tidur telanjang, akan lebih banyak hormon yang diproduksi, sehingga bisa membantu dalam pencegahan terjadinya proses penuaan. Hasilnya, kamu akan lebih awet muda.

6. Lalu, kamu akan terbebas dari penyakit kulit dan gangguan pada rambut, kesehatannya juga akan selalu terjaga

Ensure-Healthy-Skin-with-Amazing-Foods

sehat deh pokoknya! via static2.indiglamour.com

“Ketika suhu tubuh menurun, hormon pertumbuhan akan dilepaskan dan sihir regeneratifnya bekerja, yang membuat kulit dan rambut tampak mengagumkan”

Natasha Turner, penulis buku Hormone Diet

Tidur telanjang memberikan kesempatan pada seluruh bagian tubuh agar terekspos udara sehingga mengurangi kelembaban seperti pada bagian vagina, ketiak, kaki maupun bagian tubuh yang lembab lainnya. Hal ini akan mencegah perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab berbagai penyakit.

7. Percaya atau tidak, tidur telanjang pun bisa mencegah gejala penyakit diabetes tipe 2 datang

cegah diabetes juga! via www.pexels.com

Sebuah penelitian menunjukan jika seseorang yang tidur telanjang, yang berarti suhu tubuh lebih rendah, sangat erat kaitannya dengan terjadinya peningkatan sistem metabolisme tubuh, mengurangi kadar gula darah, dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, lemak jahat di dalam tubuh akan mengilang dalam beberapa minggu sehingga meningkatkan pula kesehatan tubuh, khususnya sistem metabolisme tubuh.

8. Nggak perlu lagi bingung diet, tidur telanjang bantu kamu kecilkan perut buncit dan masalah lemak!

tubuhmu bakal langsing kayagini

tubuhmu bakal langsing kayagini via www.mywisegranny.com

Kok bisa, ya? Sebenarnya, saat kamu tidur, tubuhmu juga membakar kalori. Dengan menurunnya suhu tubuh karena tidur telanjang, akan menurunkan hormon stres kortisol, menjaga energi dan tingkat rasa lapar. Ini akan menjadikan tubuhmu siap untuk beraktifitas seharian.

Jika kamu kesulitan tidur karena suhu tubuhmu naik, akan terjadi kelebihan kortisol yang juga meningkatkan nafsu makan sehingga membuat orang tersebut mengkonsumsi makanan lebih banyak dan meningkatkan kemungkinan konsumsi lemak yang tinggi pula.

9. Kamu akan lebih mudah bangun pagi dengan dengan badan fit, berenergi dan wajah yang berseri

pagimu bakal menyenangkan

pagimu bakal menyenangkan via silviachristmann.com

Saat kamu bangun tidur, tubuhmu akan terasa enteng dan segar. Sekali lagi, karena tubuhmu benar-benar beristirahat, sehingga proses detoksifikasi dan pengupasan kulitpun berjalan dengan lancar. Selain itu, tidurmu juga nyenyak dan nggak berkeringat, sehingga kadar minyak wajahmu juga akan terkontrol.

10. Dengan lebih sering melihat diri kamu telanjang, maka kamu akan lebih percaya diri dan nggak minder

sayang sama dirimu

sayang sama dirimu via 66.media.tumblr.com

Berbagai teori menyebutkan jika semakin sering kamu melihat tubuhmu dalam keadaan tanpa busana, maka akan semakin lebih tinggi tingkat penerimaan terhadap diri kamu. Hal ini tentu sangat penting karena mampu meningkatkan rasa percaya diri karena kamu lebih menerima apapun kondisi fisik yang kamu punya.

11. Tidur telanjang itu praktis, nggak perlu repot tinggal lepas baju lalu merem

nggak ribet

nggak ribet via lovelace-media.imgix.net

Yup, tidur telanjang merupakan kebiasaan tidur yang sangat mudah dan praktis. Tentu saja, kamu nggak perlu repot memakai baju tidur dan melepasnya setelah bangun. Dengan begitu, beban cucian bajumu lebih minim ‘kan?

12. Bagi kamu yang sudah beristri atau bersuami, kehidupan rumah tanggamu makin harmonis dengan menerapkan cara ini

kurang harmonis apa coba?

kurang harmonis apa coba? via i.huffpost.com

Tidur telanjang sangat dianjurkan bagi pasangan suami-istri, demi mengharmoniskan rumah tangga serta membantu menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

Kontak yang terjadi antara kulit keduanya, akan merangsang pelepasan hormon oksitoksin di dalam tubuh, hormon ini menimbulkan rasa menyenangkan, mencegah terjadinya stress, melawan penyakit depresi, mengurangi tekanan darah, serta membantu meningkatkan gairah seksual. Tunggu apa lagi? Buruan lulus, cari kerja, menikah, lalu tidur telanjang berdua.

Sudah tahu ‘kan manfaat luar biasa dengan tidur telanjang? Baiknya lakukan ketika suhunya sedang hangat ya, guys! Atau ketika suhunya sedang dingin, tetap gunakan selimut untuk menutupi badanmu. Jangan sampai justru kamu kedinginan dan masuk angin gara-gara tidur telanjang. Bukannya sehat, tapi malah sekarat. ‘Kan nggak lucu 🙂

Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya