Akhir musim libur lebaran tinggal menghitung hari. Besok, besoknya lagi, atau mungkin masih satu minggu lagi? Ah, sama saja. Mau nggak mau kita harus tetap kembali ke kehidupan nyata, alias kembali beraktivitas. Baik yang sekolah, kuliah, ataupun bekerja. Sedih!

Eits, jangan sedih dulu. Hipwee tips punya cara jitu untuk menghilangkan rasa malas, biar kamu tetap semangat untuk balik lagi ke rutinitas setelah libur panjang. Wajib dicoba nih!

1. Langkah awal supaya semangatmu terbangunkan, coba tuliskan aktivitas yang akan kamu lakukan

tuliskan daftar aktivitasmu via tpo.nl

Kalau menulis saja malas, apalagi melakukannya?

Penting untuk kamu tuliskan semua aktivitas yang harus kamu lakukan setelah liburan usai. Selain untuk membangkitkan kembali semangatmu, manfaat menulis adalah untuk mengalirkan emosi yang akan menyadarkan kita bahwa aktivitas yang kita tuliskan itu memang penting untuk dilakukan.

2. Atur waktumu dengan bijaksana, jangan sampai rutinitasmu mengganggu waktu liburan ataupun sebaliknya

Advertisement

atur waktu sebaik mungkin via www.inspiringwomen.co.za

Lembur di tengah-tengah momen liburan? It’s a big NO!

Nah, buat kamu yang suka mencampur-adukkan waktu berlibur dengan waktu bekerja, sebaiknya kamu tinggalkan kebiasaan itu sekarang juga. Setelah liburan, banyak pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Jangan terburu-buru, gunakan waktumu sebaik mungkin untuk mencicil pekerjaan untuk meringankan bebanmu.

Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kamu akan lebih semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kamu untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

3. Begadang bukan lagi jadi kebiasaan, tidurlah lebih cepat untuk menyegarkan pikiran

tidur tepat waktu via www.preapps.com

“Nongkrong yuk!”

“Nggak deh, aku mau tidur cepet, besok musti kerja”

Saat liburan, sah-sah saja begadang karena esok pagimu nggak begitu menyibukkan. Tapi jika besok adalah hari pertama memulai aktivitas, baiknya baiknya kamu tidur lebih awal. Tujuannya adalah untuk memberikan energi yang maksimal pada pagi hari dan mood yang bagus untuk memulai aktivitas.

4. Pilih dan gunakan warna-warna yang menimbulkan semangat. Kuning, oranye, hijau atau biru…

coba atur kamarmu bernuansa kuning, misalnya.. via fashionschoolguide.net

Kamar tidur merupakan faktor lingkungan yang mendukung dalam mengembalikan semangat untuk kembali beraktivitas. Selain cat tembok, benda lain yang bisa kamu atur warnanya adalah sprei, selimut, korden.

Nah, warna-warna yang dipercaya bisa membangkitkan semangat adalah warna kuning, oranye, hijau dan biru.

5. Usahakan bangun lebih pagi dan awali harimu dengan olahraga ringan

peregangan setelah bangun tidur via i.huffpost.com

Satu atau dua hari sebelum kembali ke rutinitas, ada baiknya kamu membiasakan diri dengan bangun lebih pagi. Sempatkan untuk berolahraga ringan agar tubuhmu lebih bergairah. Nggak harus jogging keliling komplek, gerakan peregangan sederhana sudah cukup untuk membuat kita menghadapi hari dengan lebih segar.

Awalio dengan menarik napas dalam-dalam saat bangun tidur dan melepaskannya perlahan. Hal ini dapat merilekskan pikiran dan menghindari rasa cemas serta stres berlebihan.