Mana yang lebih keren, iPhone atau Android? Apple atau Google? Kalau mau dibahas pasti gak ada ujungnya, semua kubu fanboy punya argumen masing. Kalau mau disimulasikan kejadian kira-kira gak jauh dari saat fanboy Android bilang:

“Smartphone gue bisa diotak-atik hingga kemampuan maksimal, kayak bawa PC ke dalam saku jins

Advertisement

Lalu dibalas sama bocah setia Apple:

Iya, tapi ini iPhone! End of story.

Haduh, gak ada yang mau ngalah ‘kan? Karena pada dasarnya kedua platform ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang bisa dibanggakan satu sama laian adalah diferensiasi aplikasi yang dimiliki kedua gawai ini. Android punya app khusus untuk mereka sendiri, begitu pula iPhone ada beberapa app yang gak bisa dimiliki Android (setidaknya untuk saat ini). Mau tahu aplikasi iPhone yang bisa bikin teman Android kamu iri?

1. Hyperlapse, aplikasi yang menyulap video biasa jadi time lapse menawan

Time lapse yuk

Time lapse yuk via www.nosoloios.com

Advertisement

Hyperlapse adalah aplikasi video time lapse besutan Instagram. Biasanya kamu membutuhkan tripod dilengakapi stabilizer selain kamera yang oke buat menciptkan video time lapse. Tapi berkat teknologi image stabilization dari Hyperlapse, bikin time lapse jadi semudah bikin selfie Instagram. Dan sama seperti diawal kemunculan Instagram, aplikasi ini bakal bikin pengguna Android gigi jari.

2. Dark Sky, yang bisa ngasih tahu berapa menit lagi sebelum hujan

Setangah jam lagi ujan, cuy

Setangah jam lagi ujan, cuy via www.imore.com

Sebenarnya Dark Sky punya keahlian untuk mempelajari  kapan cuaca memburuk dan suhu menjadi lebih sejuk. Makanya Dark Sky bisa tahu jam berapa, hingga menit berapa hujan turun di daerah kamu. Ketika kamu berada di negara dengan 4 musim, kamu bisa tahu kapan salju akan turun. Aplikasi cuaca ini didesain dengan bagus dan menampilkan pengendapan awan tiap menit hingga kamu bisa jadi peramal cuaca yang ulung dihadapan teman-teman kamu.

3. Next Glass, buat yang selalu lupa nama minuman favoritnya

Wine testing? No, wine scanning

Wine testing? No, wine scanning via www.businessinsider.com

Next Glass menyimpan lebih dari 23,000 merek bir dan wine dalam sistem data mereka. Jadi ketika kamu menemukan merek minuman favoritmu (terutama wine karena namanya njelimet), tinggal pindai barcode-nya dan Next Glass akan mengingat mereknya, kandungan nutrisi serta kadar alkohol yang terkandung di dalamnya. Serunya ketika kamu pengen coba-coba merek lain, Next Glass akan memberi skor antara 0-100 yang mewakilkan kesetaraan cita rasa merek baru tersebut dengan merek favoritmu.

4. Paper, bikin News Feed Facebook kamu jadi enak dipandang

Facebook ciamik

Facebook ciamik via www.wired.com

Bosan dengan news feed Facebook yang udah terlalu kaku dan kadang ngeselin karena berisi iklan? Maka Paper besutan Facebook adalah jawaban dari kegundahanmu saat melihat gangguan visual di news feed. Paper punya layout yang unik, menampilkan post baik dari teman maupun page berita/brand yang kamu sukai. Selain dari Facebook sendiri, Paper juga mengkurasi pilihan berita dan artikel dari topik yang kamu gemari seperti olahraga, musik, film maupun sains dengan tampilan yang cantik dan enak dipandang. Paper emang masih tersedia di App Store Amrik, tapi dengan sedikit tweak kamu bisa kok dapetin Paper buat iPhone kamu.

5. Humin bikin kamu serasa punya asisten digital

Bukan Contacts biasa

Bukan Contacts biasa via www.theverge.com

Humin adalah calon pengganti Contacs di iPhone kamu, dengan tampilan yang intuitif dan jauh lebih rapi. Keunggulan Humin terletak pada kemampuannya mengingat bagaimana kamu bertemu dengan kontak yang tersimpan di iPhone kamu, jadi kamu bisa jadi lebih akrab dengan kenalan baru bukan malah pangling dengan kalimat “Kita pernah ketemu di mana, ya?”. Selain mengingat di mana kalian ketemu, Humin juga mengingat kapan kalian pertama kali berjumpa, di mana kenalan baru kamu bekerja dan jika dia berasal dari luar kota, Humin akan mengabari kamu ketika teman kamu berkunjung ke kota kamu.

6. Motret like a pro dengan Manual

Motret itu Manual, dong

Motret itu Manual, dong via www.pastemagazine.com

Manual mengobati rasa kecewa fotografer yang kepalang punya iPhone, bukan karena kameranya jelek tapi karena mereka gak bisa mengakses pengaturan kamera secara penuh. Tapi dengan Manual, kamu bisa membuka akses penuh ke pengaturan kamera iPhone lalu dengan bebas mengatur shutter, ISO, white balance, focus, dan exposure compensation. Cocok buat yang udah Pro dibidang fotografi atau setidaknya mencoba jadi fotografer profesional.

7. Timeful, kalender yang bisa mengubah kebiasaan buruk kamu

Kalender, to-do list, dan kebiasaan yang baik

Kalender, to-do list, dan kebiasaan yang baik via szifon.com

Timeful pada dasarnya adalah aplikasi kalender pintar yang digabung dengan to-do list. Kenapa pintar? Karena aplikasi ini akan mempelajari bagaimana cara kamu menjalankan rutinitas sehari-hari serta kebiasaan yang kamu lakukan dalam beraktifitas. Lalu Timeful akan memberi kamu rekomendasi bagaimana cara kamu mengatur waktu dan memperbaiki kebiasaan agar kamu lebih optimal dalam bekerja dan menikmati hidup.

8. Litely, aplikasi fotografi dengan filter apik

Filter oke

Filter oke via www.latinpost.com

Ketika teman-teman Androidmu mulai asik dengan VSCO Cam, kamu musti beralih pada Litely, aplikasi fotografi yang powerful gak seperti namanya. Litely punya koleksi filter apik yang rata-rata bernuansa tone warna kamera film. Kamu bisa ketuk dua jari untuk melihat gimana hasil foto sebelum filter ditambahkan, dan mengedit dengan Litely gak bikin kamu gak perlu khawatir dengan hasil jelek akibat coba-coba filter karena foto original tetap terjaga keasliannya sehingga kamu selalu bisa mengulang dari awal.

9. Bioshock yang kini bisa dinikmati di iOS

Main dengan caramu

Main dengan caramu via afterpad.com

Seorang gamer sejati pasti tahu dengan game legendaris yang satu ini. Asiknya Bioshock sekarang sudah tersedia buat platform iOS kebanggaanmu ini. Kamu bisa kembali menjelajahi dunia bawah laut Rapture, bertarung melawan Big Daddies, dan pilih sendiri cara kamu buat mengungkap misteri seta menyelesaikan game ini. Karena sekarang gamenya udah handheld, kamu bia memanfaatkan fitur kontrol via Bluetooth kalau kamu malas mengetuk jari di kontrol layar.

10. Clear, to-do list simpel dengan desain menawan

Mana prioritas kamu? via obamapacman.com

Clear bisa dibilang salah satu aplikasi unggulan di App Store dari awal diluncurkan hingga sekarang. Cara menggunakan to-do list ini mudah banget, untuk bikin jadwal baru kamu tinggal tarik list ke bawah, kalau pekerjaan udah selesai geser aja ke kanan. Dan apabila pekerjaan dalam daftar kamu perlu dijadwal ulang, kamu tinggal geser to-do nya ke puncak maupun ke dasar daftar pekerjaan. Jadi kamu bisa prioritaskan mana yang penting dan mana yang bisa dikerjakan nanti.

 11. Pedometer++ buat merekam kebugaran kamu sehari-hari

Ayo melangkah

Ayo melangkah via pedometerplusplus.com

Pedometer++ adalah aplikasi paling asik buat memantau dan merekam aktivitas harian kamu demi mengejar target kebugaran dan kesehatan tubuh. Keunggulan aplikasi ini adalah kemudahan untuk memantau kemajuan yang kamu lakukan tanpa membuka aplikasinya sama sekali. Yakni dengan melihatnya dari Notification Center iPhone kamu. Atau dari notifikasi merah yang menunjukkan jumlah langkah kamu di atas ikon aplikasi.

12. Sky Guide aplikasi buat para Stargazer

Tunjuk satu bintang

Tunjuk satu bintang via skysurvey.org

Hobi memandang langit malam yang bertabur bintang? Pengen lihat bintang walaupun masih siang? Ini adalah aplikasi buat kamu. Cara kerja Sky Guide sangat mudah, buka aplikasinya lalu tadahkan iPhone kamu dengan kamera menghadap ke langit. Sky Guide akan menampilkan nama bintang beserta konselasinya, dan nama planet yang berada di langit di atas kepalamu. Semua ditampilkan di layar dengan info mendetil dari tiap benda angkasa tersebut. Kini kamu gak sekedar menikmati indahnya bintang, tapi juga kenal dengan namanya.

13. Alien Blue yang pasti jadi favorit pengguna Reddit

Reddit punya

Reddit punya via www.digitaltrends.com

Alien Blue adalah aplikasi terbaik buat browsing konten dari Reddit, yang sering disebut-sebut sebagai halaman depannya internet. Reddit emang punya informasi menarik melalui foto, artikel dan video dari penggunanya namun kalau kamu buka dari smartphone tampilannya hancur baget, berantakan, gak enak dilihat. Tapi dengan Alien Blue, kesemerawutan tersebut diperbaiki dengan desain yang eye cacthy yang fokus ke informasi yang esensial seperti judul, foto atau komentar.

14. Aplikasi paling oke buat buka twitter, ya Tweetbot 3

Tweetbot 3 buat iOS 8

Tweetbot 3 buat iOS 8 via mashable.com

Tweetbot adalah pilihan terbaik untuk membuka twitter selain dari aplikasi dari twitter sendiri. Tweetbot punya fitur yang selama ini kamu idamkan ada di app bikinan twitter seperti ‘Mute’ sebuah akun yang berisik dan nyampah mulu, tanpa ‘Unfollow’ mereka. Lalu kamu bisa bikin tab ekstra untuk kostumisasi lini masa sesuai dengan keinginan kamu.

15. Storehouse, sharing foto gak pernah sekeren ini

Visual strorytelling

Visual strorytelling via www.theverge.com

Storehouse adalah aplikasi berbagi foto dengan menekankan pada tampilan layout yang ciamik. Dari aplikasi ini kamu bisa dengan mudah menjepret fotodan mengubah formatnya ke dalam layout yang sedap dipandang dan menarik. Kalau kamu belum pede buat berbagi karya, kamu bisa menjelajahi newsfeed-nya untuk melihat konten foto yang udah dikurasi dengan baik. Storehouse adalah aplikasi yang oke untuk menikmati cerita dengan foto yang disajikan oleh fotografer berbakat di seluruh dunia.

Kalau udah punya aplikasi-aplikasi yahud di atas kamu udah punya bragging right ketika nongkrong bareng teman-teman kamu yang terkenal fanboy Android.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya