Binder clip emang akrab dengan orang kantoran dan mahasiswa terutama yang lagi giat revisi skripsi. Biasanya binder clip dipakai buat menjepit satu bendel lampiran atau lembaran kertas biar nggak nyebar kalau pas dibawa-bawa atau biar nggak harus repot-repot jilid.

Nah, pernahkah kamu bingung mau ngapain dengan binder clip kamu terus main-main dengannya, dijepitin satu per satu menjadi susunan tertentu? Itu sudah bentuk kreativitas yang ada padamu. Kamu sebenarnya sudah tahu kalau benda yang satu ini sebenarnya bisa dipakai untuk yang lain.

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee akan membagikan 15 fungsi binder clip selain buat jepit kertas. Penasaran? Ini dia

1. Biar duit kamu nggak tercecer ke mana-mana, jepit aja duit sama KTP kartu kredit kamu pakai binder clip. Cocok kamu coba kalau lagi males keluar-keluar bawa dompet.

dompet gede, kantong celana sempit, gini aja deh

dompet gede, kantong celana sempit, gini aja deh via www.wisebread.com

Pernah kan kamu mau keluar beli sesuatu tapi males bawa dompetmu yang tebel bon itu? Sementara kamu cuma pakai celana pendek yang kantongnya nggak muat buat dimasukin dompet dan rasanya pun ngganjel gitu. Nah, biar kamu tetep bisa bawa uang dan kartu-kartu penting kamu kamu tanpa tercecer, pakai aja binder clip. Gampang kan? Nggak perlu diajarin lah ya.

2. Sekalian dimodif jadi gantungan kunci nih, buat kamu yang keseringan ninggal kunci. Soal duit nggak mungkin ninggal kan?

kalau kunci lupa, duit mungkin nggak bakal lupa, aha

kalau kunci lupa, duit mungkin nggak bakal lupa, aha via www.realsimple.com

Kalau kamu punya penyakit ninggal kunci, kamu cantolin aja kunci kamu di salah satu gagang binder clip. Kalau bingung, gagangnya bisa dilepas kok dengan cara menekannya, pasti kamu sudah tahu lah caranya.

3. Menjaga kesehatan kabel kamu dengan tidak menggulungnya secara kasar, lalu jepit biar kamu lebih mudah mengatur tempat penyimpanan kabel-kabelan.

gini kan rapi dan bisa disempil-sempilin

gini kan rapi dan bisa disempil-sempilin via mamabee.com

Advertisement

Kabel nih memang sering jari musuh. Apalagi kabel headset atau charger yang sering bundet sendiri. Jepit aja kabel yang sudah digulung pakai binder clip yang mini biar rapi dan bisa lebih mudah disimpan.

4. Nonton film di smartphone kamu dengan smartphone stand dari paper clip bikinan kamu sendiri. Dijamin lebih nyaman.

smartphone stand bikinan sendiri

smartphone stand bikinan sendiri via walyou.com

Kadang butuh posisi yang nyaman buat menikmati video atau film yang kamu tonton di smartphone kamu. Pegel juga kalau harus pegang lama-lama, jadi susah nyambi ngemil atau macem-macem. Coba deh bikin smartphone stand seperti ini. Dijamin kamu bisa lebih menikmati film kamu.

5. Biar kabel-kabel di meja kamu terlihat rapi dan nggak kayak ular tawuran, rapikan dengan binder clip seperti ini …

gini kan rapi

gini kan rapi via blog.shoplet.com

Nah, penyakit satu ini mungkin mengendap di tubuhmu. Biasanya males kan menata kabel yang panjang-panjang itu? Biasanya sih kabel-kabel di meja kerja atau meja belajar bakal kelihatan seperti ular lagi tawuran, apalagi kalau kamu punya beragam gadget yang kabelnya beda-beda. Coba deh teknik yang satu ini. Udah rapi, menyenangkan lagi.

6. Bikin gantungan kuat mediocre dengan binder clip ukuran jumbo untuk menggantung barang-barangmu seperti earphone.

gantungan yang cukup kuat untuk ukuran headset cukup dengan 2 binder clip

gantungan yang cukup kuat untuk ukuran earphone cukup dengan 2 binder clip via www.shoplet.com

Cuma modal 2 binder clip, kamu sudah bisa bikin gantungan yang kuat buat menggantung earphone. Asyiknya, kamu bisa memanfaatkan sisi meja atau permukaan yang memungkinkan lainnya untuk bikin gantungan sederhana ini.

7. Biar headset kamu tetap melekat di dekatmu saat kamu bepergian, gulung aja di binder clip, lalu jepit di ransel. Cakep deh.

caranya gini nih, gampang kan?

caranya gini nih, cakep kan? via www.distractify.netdna-cdn.com

Sahabatmu yang satu ini mungkin sering menemanimu ke mana-mana. Tapi, kasihan kan kalau dia harus digulung dan dimasukkan ke dalam tas yang nggak terjaga kondisinya. Males kan kalau harus buka-buka tas lagi cuma buat ambil headset? Coba deh trik satu ini. Dijamin semuanya jadi lebih mudah.

8. Selain dijepit di ransel saat kamu bepergian, kamu juga bisa kok gulung headset kamu lalu menjepitnya di meja atau di manapun biasanya kamu menyimpan kabel-kabelan.

biar kamu nggak lupa sekaligus memanfaatkan sisi kosong meja

biar kamu nggak lupa sekaligus memanfaatkan sisi kosong meja via www.reddit.com

Kalau kamu nggak berniat membawanya, lilit atau gulung aja deh di binder clip, lalu jepit di meja biar kamu juga mudah menemukannya.

9. Kalau punya binder clip berwarna, tandai gelas kamu dan teman-teman kamu biar kamu nggak minum dari gelas teman kamu.

gini biar nggak lupa yang mana gelasmu

gini biar nggak lupa yang mana gelasmu via www.mnn.com

A: Ini gelas siapa?

B: Nggak ngerti, minum aja.

C: Eh itu gelasku, punyamu yang … eh yang mana ya?

10. Pajang foto tanpa frame menjepitnya seperti ini … (bisa juga buat pajang foto mantan pacar)

bisa juga kok buat pajang foto mantan pacar

bisa juga kok buat pajang foto mantan pacar via mamabee.com

Udah jelas banget ya kalau yang satu ini? Punya foto tapi bingung majangnya, binder clip bisa jadi alternative solution.

11. Kalau kamu punya yang jumbo, kamu bisa bikin tripod buat foto bareng temen-temen kamu biar nggak ada temen kamu yang dikorbankan.

gini kan nggak ada temen yang dikorbankan jadi yang motret

gini kan nggak ada temen yang dikorbankan jadi yang motret via lifehacker.com

Mau foto bareng-bareng tapi nggak punya tripod. Harus ada satu deh yang berkorban nggak ikut kefoto, lalu gantian sama temen yang lain yang mau berkorban. Tenang, kamu bisa bikin tripod dari binder clip biar kamu bisa tetep foto-foto bareng tanpa mengorbankan salah satu temen kamu. Yang penting pakai smile sensor atau timer aja.

atau ini

kalau mau ambil foto posisi portrait

kalau mau ambil foto posisi portrait via blog.shoplet.com

12. Tutup pisau cukur kamu biar nggak asal potong kalau lagi disimpan dalam tas. Daripada tas kesayangnmu rusak, hayo.

biar aman, biar tas kamu nggak sobek-sobek

biar aman, biar tas kamu nggak sobek-sobek via www.dinosaursandrobots.com

Pisau cukur memang berguna, tapi ketajamannya kadang bikin petaka. Kadang tas kamu yang jadi korban sayatan pisau cukur kalau kamu memasukkannya dalam tas secara sembarangan. Biar tas kamu selamat, coba deh trik yang satu ini.

13. Buat yang dompetnya lagi nestapa-nestapanya, pastikan pasta gigi kamu benar-benar habis dengan menjepitnya dengan binder clip.

zero-waste

zero-waste via lifehacker.com

Haha.

14. Meja kantor mungkin udah penuh barang-barang, jadikan binder clip kamu sebagai gantungan pen di sudut meja.

bisa juga buat karet atau yang lainnya

bisa juga buat karet atau yang lainnya via mashable.com

Kepikiran bikin gantungan pen semacam ini? Boleh kamu coba di kantor kamu sekarang.

15. Bikin tempat penyimpanan yang cakep dari kardus, kotak sepatu, atau bahan lainnya yang disusun dan di jepit pakai binder clip biar tetap kuat dan makin cakep.

gini kan cakep

gini kan cakep via lifehacker.com

Ini nih, cara menyiasati kardus atau kotak sepatu yang menumpuk. Kamu bisa bikin tempat penyimpanan seperti ini. Biar kuat, pertemuan dua ujung setiap kotak atau kardus bisa kamu jepit dengan binder clip. Cakep kan?

Nggak kepikiran kan? Makanya coba deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya