Kenapa harus bodyweight, bukan nge-gym?

Mungkin seperti itu kamu akan bertanya. Pertama, bodyweight bisa dilakukan di mana saja. Latihan ini cocok buat kamu yang gak punya waktu pergi ke gym baik karena kesibukan maupun karena (terlalu) sering traveling. Bodyweight bisa dilakukan di kantor, kamar tidur bahkan di dalam penjara maupun kamar hotel.

Advertisement

Kedua, bodyweight itu murah banget, bahkan gratis! Seperti kamu ketahui berolahraga di pusat kebugaran membutuhkan biaya keanggotaan. Walaupun banyak diskon dan promo sana-sini, tetap saja kamu harus membayar sejumlah uang. Dengan bodyweight kamu juga gak perlu mengeluarkan uang untuk membeli peralatan olahraga agar bisa ‘nge-gym’ di rumah.

Lalu apa hubungannya dengan napi? Seperti yang kamu ketahui, napi punya akses terbatas dengan peralatan olahraga seperti barbel, treadmill (apalagi nge-gym). Jangan harap bisa suplemen makanan dan minum yang berprotein tinggi. Makanannya aja gak bergizi-gizi amat. Tapi di dalam keadaan serba sulit tersebut (beberapa) napi masih bisa menjaga kebugarannya dengan latihan sederhana. Latihan apa sih yang mereka lakukan?

1. Untuk hasil maksimal, jangan peragakan push-up biasa. Lakukan Hindu push-up.

Hindu push-up

Hindu push-up via www.findmemes.com

Karena hindu push-up jauh lebih dinamis dibandingkan push-up biasa.  Gerakan hindu push-up melibatkan hampir semua anggota tubuh, terutama pada bagian dada, bahu, punggung, pinggul dan trisep.

2. Lalu tingkatkan level push-up kamu ke One Arm Push-up…

One arm pushup

One arm pushup via www.alkavadlo.com

3. Bagi yang gemar pull up, coba lakukan Commando Pull Ups yang juga diperagakan pada film Rocky.

Commando pull ups

Commando pull ups via ashotofadrenaline.net

Advertisement

Bayangkan sendiri gimana bugarnya tubuh Sylvester Stalone di film Rocky. Alih-alih menggantungkan tangan di samping kanan dan kiri kepala, commando pull ups mewajibkan kamu bergelantungan dengan kedua tangan di depan wajah. Lalu menarik badan ke dua sisi bar.

4. Meski terlihat mustahil, Pistol Squat sebenarnya berguna banget untuk membangun kekuatan dan keseimbangan tubuh kamu.

Cocok juga buat yang lagi cidera

Cocok juga buat yang lagi cidera via www.reddit.com

Pada dasarnya, pistol sqaut adalah squat yang dilakukan dengan satu kaki. Kaki yang tidak digunakan saat berjongkok diselonjorkan ke depan. Hingga kamu akan terlihat seperti pistol saat melakukan sqaut ini (dengan catatan kamu tidak terjatuh).

Pada awalnya mungkin pistol squat sulit dilakukan. Untuk itu, lakukan squat ini dengan berpegangan pada tiang. Lama-kelamaan tubuh kamu akan mendapat keseimbangan sempurna untuk melakukan pistol squat tanpa pegangan.

5. Dengan bertumpu pada kursi dan ranjang, lakukan gerakan Dips.

Dips sederhana

Dips sederhana via www.artofmanliness.com

Dips membangun otot trisep, bahu, lengan dan core tubuh. Alih-alih membeli perlengkapan khusus untuk melakukan dips, kamu bisa membangun otot-otot di atas dengan memanfaatkan kursi dan ranjang. Sambil membelakangi kursi, letakkan tanganmu pada ujung kursi dengan kaki berada di lantai atau ujung kasur (jika ada). Lalu mulai beri tekanan pada tangan hingga tubuhmu terangkat ke atas.

Satu hal yang paling mencolok dari perbedaan antara bodyweight biasa dengan bodyweight ala narapida adalah repitisinya. Satu set bisa diisi hingga 20 repitisi. Diselingi dengan 5-10 langkah berjalan (sambil mengatur nafas) diantara tiap set, kamu bisa melakukan 20 set berisi 20 repitisi untuk hasil maksimal.

Selamat ber-bodyweight ria!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya