Menu yang disajikan dalam jamuan pernikahan layak diberi predikat terpenting kedua setelah prosesi yang berjalan sakral. Menu yang enak membuat tamu undanganmu merasa dihormati. Jamuan yang proper meninggalkan kesan bahwa pestamu tertata rapi.

Saat sudah memasuki fase mempersiapkan pernikahan — seringkah kamu bingung soal menu macam apa yang harus disajikan? Atau sekadar ingin tahu bagaimana kelak menjamu dan menghargai tamu? 5 pilihan menu yang Hipwee bahas di sini bisa jadi opsimu.

1. Buffet makanan tradisional berisi sate dan bola-bola daging jadi pilihan aman. Untuk pembeda, tambahkan saja salad kentang!

Sate, bola-bola daging, salad kentang. Yuuum via constance-ant.com

Advertisement

Buffet dalam jamuan pernikahan jadi pilihan aman yang harus ada. Bagi tamu yang malas menjajal ‘gubug’ yang tersedia, buffet bisa jadi tujuan utama. Pertanyaannya, apa yang harus disajikan agar buffet yang standar bisa terkesan tak biasa?

Buat saja buffet seimbang yang berisi makanan tradisional dan sedikut fusion modern. Sate, capcay, serta bola-bola daging cukup aman untuk lidah orang Indonesia. Biar buffet terkesan beda salad kentang yang dingin bisa diletakkan di ujung meja. Sensasi creamy nan dingin membuat sajianmu tak lagi sama.

2. Giring abang bakso atau tukang mie langganan ke dalam pesta. Biarkan tamumu masuk dalam perjalanan kalian berdua

Bakso langganan bikin pesta jadi berbeda via mncrolis.tumblr.com

Tukang bakso langganan yang gerobaknya sering lewat di depan rumah, bapak penjual mie yang sering jadi andalan saat kelaparan tengah malam — kenapa tidak membawa mereka ke tengah pesta? Bukankah mereka jadi saksi perjalanan kalian berdua?

Advertisement

Minta penjaja makanan kesukaan kalian membawa gerobaknya. Sediakan booth khusus dalam gedung pesta. Biarkan tamu undanganmu melihat mereka meracik menu andalannya. Selain unik, kehadiran mereka bikin pestamu terasa personal — khas kedua mempelainya.

3. Zuppa soup kadang malah bikin ilfeel kalau disajikan tidak hangat. Cream soup plus potongan roti cocok jadi sajian lezat

Pilihan lain zuppa soup. Cream soup yang gak kalah lezat via tofo.me

Zuppa soup memang terlihat menggoda. Gabungan pastry puff dan rasa krim yang kental dari sup nya membuat gubug zuppa soup jarang sepi penikmatnya. Tapi sering patah hati gak sih saat makan zuppa soup yang tidak hangat?

Daripada meretakkan banyak hati lain yang tidak berdosa, kenapa tidak mengganti zuppa soup dengan sajian lainnya? Cream soup plus potongan roti keras bisa jadi substitusinya. Hidangan ini membuatmu gak lagi perlu memasukkan microwave ke dalam pesta. Cukup dengan kompor saja, sup kental nan gurih terjaga kehangatannya.

4. Daripada nasi putih biasa, kenapa tidak menyajikan pineaple rice yang kesegarannya tahan lama?

Pineaple rice yang kesegarannya tahan lama bisa jadi pengganti nasi putih biasa via laurencecchi.com

Nasi putih biasa mudah ditemukan di semua perhelatan yang digelar di Indonesia. Kadang orang sampai bosan menemuinya — hasilnya nasi putih dalam sajian banyak yang terbuang percuma. Nah, agar hal serupa tidak terjadi dalam pestamu kenapa tidak mencoba sesuatu yang beda? Nasi dengan campuran nanas, misalnya?

Mencampur nasi putih dengan bawang putihm bawang merah, sedikit bubuk kari, dan potongan nanas akan menciptakan side dish yang segar namun tetap netral. Kalau biasanya tamumu malas ambil nasi, beda ceritanya kalau begini.

5. Chocolate fondue bikin suasana pesta jadi ceria. Letakkan guyuran cokelat ini di samping buah dan cake yang tersedia

Chocolate fondue. Spark inside the party! via eatandtreats.blogspot.com

Apa yang lebih menyenangkan dari mencelupkan potongan buah atau brownies ke dalam cokelat? Anak-anak dari tamu undangan dijamin betah. Orangtua dan rekan sejawat pun bisa tersenyum dan sejenak melupakan rasa payah.

Chocolate fondue yang diletakkan di meja dessert akan membuat suasana jadi berbeda. Pastikan dengan pihak catering agar limpahan cokelat tetap tersedia. Selebihnya, sediakan saja brownies dan buah banyak-banyak. Hidangan satu ini pasti laris diserbu banyak orang!

Sudah tahu harus menyajikan apa di jamuan pernikahanmu nanti? Semoga 5 pilihan menu ini bisa menginspirasi!

(Kredit gambar andalan: Constance-ant)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya