Motor jadi salah satu moda transportasi yang dipilih banyak orang. Selain irit dari segi bahan bakar, menggunakan motor juga dinilai lebih efisien dari segi waktu, karena bisa melesat dengan mudah jika sedang macet. Jadi nggak takut telat ke tempat tujuan. Sayangnya, motor nggak senyaman mobil yang melindungi kita dari panasnya sinar matahari atau derasnya air hujan. Terang saja, pengguna motor harus tahan banting menghadapi cuaca yang nggak menentu sampai paparan polusi jahat udara kotor dari asap kendaraan lain.

Hal inilah yang jadi pemicu mengapa kebanyakan pengendara motor punya masalah pada kulit, mulai dari jerawat, kulit kusam, sampai pada kulit belang. Kalau kamu merupakan salah satu pengguna kendaraan roda dua ini, Hipwee kasih tahu beberapa tips perawatan kulit agar tetap terawat meski harus naik motor setiap hari. Catat, ya!

1. Mulailah dengan memakai sunscreen. Meskipun sepele, tapi tanpanya kulitmu bisa belang

pakai sunscreen via www.verywell.com

Banyak orang menyepelekan tahapan yang satu ini. Padahal, poin ini justru yang paling awal harus kamu lakukan. Kulit, baik pada bagian wajah maupun tangan dan kaki, wajib mendapat perlindungan ekstra sebelum naik motor, dan sunscreen adalah jawabannya. Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen yang teksturnya tidak lengket ini bisa juga digunakan sebagai base makeup. 

2. Segera bersihkan muka begitu sampai ke rumah. Nggak perlu nunggu lama-lama buat bersihkan wajah

Rajin bersihkan muka via www.womenshealthmag.com

Advertisement

Mencuci muka idealnya tidak hanya dilakukan setiap kali mandi atau jelang tidur malam saja, tetapi juga harus dilakukan setelah berkendara motor. Jika dibiarkan terlalu lama, polusi dan debu yang mengendap di kulit akan membuat kulit rentan berjerawat. Jadi, sebaiknya, jangan malas untuk membersihkan muka setelah sampai ke tempat tujuan usai naik motor. Bagaimana dengan makeup-nya? Tunda dulu mengenakan makeup di rumah, kamu bisa curi-curi waktu di toilet untuk makeup-an di lokasi tujuan. Repot sedikit, demi kulit muka yang mulus berseri.

3. Agar kulit tidak dehidrasi, gunakan juga facial spray. Tinggal semprot saja beberapa kali agar hasilnya menyegarkan

Biar nggak dehidrasi via lavenderconcept.com

Pengendara motor rentan terhadap dehidrasi kulit. Akibatnya, kulit jadi kering dan kusam. Untuk itu, bawa juga facial spray kemanapun kamu pergi. Saat wajah terasa kering, kamu bisa menyemprotkan facial spray agar kulitmu tetap terjaga kelembapannya.

4. Gunakan masker wajah paling tidak seminggu sekali

Maskeran di rumah via www.onebodystudios.com

Selain sebagai bentuk relaksasi, maskeran juga jadi sarana untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, dan tentunya menghilangkan noda pada wajah. Untukmu yang kemana-mana selalu pakai motor, sempatkanlah menggunakan masker paling tidak seminggu sekali. Perawatan ini akan menghindarkan wajahmu dari jerawat dan juga komedo.

5. Pakai perlengkapan menggunakan motor seperti masker, kacamata, sarung tangan hingga kaus kaki

Perlindungan ekstra via journal.sociolla.com

Yang terakhir, segala perawatan di atas akan percuma jika kamu tidak mengenakan beberapa alat perlindungan bagi pengguna sepeda motor seperti helm, masker wajah, kacamata, sarung tangan, jaket, dan juga sepatu atau kaos kaki. Selain untuk keselamatan, perlindungan ini juga dilakukan agar kulitmu tidak belang. Malu juga ‘kan kalau ternyata warna kulit lengan dengan punggung tangan berbeda karena malas pakai sarung tangan?

Meski kelihatannya ribet, beberapa tips ini wajib banget untuk dilakukan jika memang kamu merupakan salah satu pengguna kendaraan roda dua. Repot sedikit nggak apa-apalah, yang penting kulit tetap bersih dan juga sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya