Punya umur panjang dan tampak awet muda memang jadi idaman banyak orang. Namun, yang tak kalah penting adalah memiliki kesehatan tubuh yang oke juga. Kamu tentu nggak mau kan kalau di umur 50 atau bahkan 40 tahunan nanti kamu sudah sakit-sakitan?

Karena itu demi menikmati umur panjang dengan tubuh yang prima, kebugaran dan kesehatan tubuhmu wajib dijaga mulai sekarang. Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk enggan menjaga badan. Toh kalau kamu bisa rutin melakukan aktivitas-aktivitas sederhana di bawah ini, umur panjang dengan badan yang sehat bukan lagi cuma sekadar angan!

  1. Dimulai dari hal yang paling sederhana, menyempatkan diri berjemur di pagi hari bisa membantumu jadi awet muda

Sinar matahari pagi baik itu tubuhmu via www.pexels.com

“Lah? Kok berjemur?”

Jangan salah, berjemur di pagi hari banyak lho manfaatnya. Selain baik untuk menjaga kulitmu agar terus terlihat awet muda, vitamin D yang didapat dari berjemur juga bisa memberikan perlindungan dari beberapa jenis kanker, osteoporosis hingga diabetes. Berjemur juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan sistem kekebalan tubuh serta mendetoks racun dari tubuh. Cukup 10—15 menit tiap pagi doang, kok.

  1. Tak lupa biasakan sarapan sehat sebelum memulai harimu, manfaatnya banyak!

Jangan lupa sarapan via www.pexels.com

Banyak orang yang saking sibuknya, sering kali jadi melupakan sarapan. Padahal sarapan itu sangat penting untuk tubuh. Selain sebagai sumber energi yang membantumu melewati aktivitas seharian, sarapan juga membantu memperbaiki mood-mu sepanjang hari dan bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung juga terbukti lebih sedikit kalau kamu sarapan!

  1. Bahkan hal sesimpel dan sesederhana bersosialisasi dan ngobrol dengan orang lain bisa juga lho bikin usiamu tambah panjang

Wefie asik bareng teman-teman via www.pexels.com

“Pernah nggak sih pas kamu sakit, terus dijenguk oleh temanmu dan seketika rasa sakitmu jadi sedikit berkurang?”

Memang kesannya sepele, namun bersosialisasi dan ngobrol bersama orang terdekat punya manfaat untuk menjaga kesehatan dan memperpanjang usia. Orang-orang yang punya teman untuk sekadar ngobrol memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi dibanding mereka yang kesepian. Jadi sering-seringlah ngobrol dengan orang lain, ya ~

  1. Tak kalah penting adalah usahamu untuk menjaga badan agar terus bergerak. Nggak perlu berat-berat, olahraga ringan sudah cukup kok

Push-up via www.pexels.com

Kalau kamu pengen hidup lebih lama dengan badan yang sehat, tentu olahraga nggak boleh kamu skip begitu saja. Nggak perlu olahraga yang berat, apalagi harus menyempatkan ke gym tiap hari. Cukup olahraga ringan seperti sit up dan push up saja sudah terbukti ampuh memperpanjang umurmu.

  1. Atau sesimpel jalan kaki tiap hari. Manfaatnya sudah terbukti untuk memperpanjang usia dan menjaga kesehatan

Jalan kaki itu banyak manfaatnya! via www.pexels.com

Nah kalau kamu nggak punya waktu atau malas buat melakukan sit up dan push up, jalan kaki adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Jalan kaki punya banyak manfaat positif bagi tubuh seperti menurunkan kadar gula, menguatkan otot, menguatkan sistem imun, memperbaiki kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan.

Tahukah kamu, kalau peringkat Indonesia menduduki peringkat terbawah sebagai negara dengan langkah harian rata-rata terendah di dunia berdasarkan survey Standford University pada bulan Juli 2017 . Karena itulah, Jokowi dalam peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia di Istana Bogor pada Sabtu (4/8) lalu mengajak masyarakat untuk kembali membiasakan diri untuk berjalan kaki. Kamu bisa membiasakan jalan kaki saat mau bepergian ke tempat yang dekat. Senada dengan itu, coba deh tantang dirimu sendiri untuk lebih aktif jalan kaki mulai sekarang. Ganti kebiasaanmu yang sering ke toko depan rumah pakai motor itu dengan jalan kaki saja. Lebih bagus lagi kalau kamu juga berani ikutan challenge #JalanTerusIndonesia.

Rekam langkahmu dengan mengunduh aplikasi MoCehat dan jadilah bagian untuk membantu Indonesia jadi lebih sehat! Jangan lupa challenge teman-temanmu juga ya. Biar orang-orang terdekatmu juga termotivasi untuk hidup lebih sehat.

  1. Yang terakhir, jangan lupa bahagia dengan tertawa setiap hari. Karena mood dan pikiran sangat berpengaruh sama badan

Tertawa itu obat dari segala penyakit via www.pexels.com

Tawa yang tulus terbukti bisa membantu mood-mu jadi lebih baik. Penyakit yang berasal dari pikiran seperti cemas dan depresi jadi susah mendekat. Tak cuma di situ, tertawa lepas bisa membantumu menggerakkan otot dan di saat bersamaan aliran darahmu juga jadi lebih teratur. Di samping itu, tertawa lepas juga membuatmu bernafas lebih lebih cepat yang bermanfaat menambah aliran oksigen ke dalam darah. Banyak kan manfaatnya…

Simpel kan? Cukup luangkan sedikit waktumu tiap hari untuk melakukan aktivitas-aktivitas di atas. Umur panjang dan tubuh yang sehat pun pasti akan kamu dapatkan. Yuk terus hidup aktif dan sehat.

Biar makin semangat untuk hidup sehat, yuk ikutan challenge #JalanTerusIndonesia ini. Kamu nggak sendirian kok ikutan challenge ini. Sudah banyak selebritas yang ikutan #JalanTerusIndonesia.

Ada Joe Taslim

Ben Joshua

Brian Kresnoputro

Dan masih banyak lainnya!

Yakin nggak pengen ikut #JalanTerusIndonesia bareng kayak mereka? Kamu cuma tinggal download aplikasi MoCehat di Playstore atau Appstore dan rekam progress sehatmu! Setiap langkahmu akan tercatat dan jumlah langkahmu nantinya bisa ditukar dengan evoucher Guardian, lho. Yuk bareng-bareng jadi generasi sehat Indonesia. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya