Di era modern ini, sebagian besar orang seperti berlomba untuk memiliki bentuk dan berat badan ideal. Bukan cuma soal motivasi kesehatan, tapi juga ajang pamer-pameran. Ya, apapun alasannya, memiliki badan dengan bentuk sempurna seolah menjadi kebutuhan yang sudah tak terelakan.

Sejauh ini takkan menjadi masalah asal tujuanmu itu untuk menyehatkan dan menyegarkan badan. Atau, kamu yang rutin berolahraga punya mimpi agar kelak keturuananmu bisa mewarisi tubuh sehat yang kamu miliki. Nah, kali ini Hipwee Tips punya informasi unik agar kegiatan olahragamu semakin menyenangkan. Yup, dengan memanfaatkan benda-benda di rumah yang bisa dipakai untuk workout alias membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Apa saja kira-kira?

1. Bukan cuma buat pemanis ruangan, kursi atau meja bisa kamu gunakan untuk mengencangkan otot-otot di perut

pakai kursi via souredesign.com

Buat yang pengen otot perut mengencang, kamu bisa lakukan gerakan push up pakai kursi atau meja di rumah. Karena benda-benda ini mampu membantu kamu berolahraga, asalkan bukan pakai yang ada kacanya, ya.

Cara push up-nya mudah, yaitu badanmu menghadap lantai (seperti posisi push up biasanya) dan tangan memegang ujung dudukan kursi atau meja. Gerakkan badan naik dan turun layaknya kamu push up pada umumnya..

Advertisement

Selain push up, kamu bisa lakukan triceps dips – yang awalnya posisikan tubuh sedang duduk membelakangi kursi. Lalu, atur posisi duduk dengan kursi, yakni punggung lurus dan kedua lengan di belakang memegang kursi. Kemudian, berat badan ditempatkan pada kedua tangan dengan kaki diluruskan.

Tapi, kalau baru pertama kali coba, sebaiknya lutut ditekuk dulu biar beban lebih ringan dibanding kaki lurus. Selanjutnya, kamu bisa lakukan naik dan turunkan tubuh yakni saat terangkat lengan lurus, sedangkan ketika turun lengan menekuk. Masing-masing posisi harus kamu tahan selama 3 detik.

2. Tangga pun bisa membantumu membentuk betis yang lebih ideal. Nggak perlu jogging keliling lapangan lagi deh!

Kalau kamu suka BT sama betis besar karena bikin penampilan berkurang, kamu bisa lakukan gerakkan lari-lari kecil naik dan turunkan tangga, lho. Dengan rutin lakukannya, betismu bakal mengencang dan nggak lagi bikin kamu minder.

Tapi, kalau rumahmu nggak ada tangga, kamu bisa kok memakai ‘undakan’ kecil di teras rumah, atau permukaan tanah yang nggak rata. Pokoknya, semuanya bisa!

3. Kumpulkan alat makan yang kamu punya buat dijadikan barbel. Lumayan buat latihan

bisa jadi barbel via cms.facetofeet.com

Daripada koleksi garpu dan sendok cuma jadi pajangan saja ketika lagi nggak dipakai, mendingan kamu gunakan buat workout. Kamu bisa gunakan sekitar 10 sendok dan garpu untuk bagian kiri, lalu 10 lagi buat bagian kanan. Setelahnya, kamu ikat sampai kencang dan bisa dipakai untuk workout.

4. Siapa bilang bantal cuma buat tidur? Bisa kok digunakan sebagai sandaran untuk gerakan dumbbell bench press

dumbell via j20workout.com

Percaya atau tidak, bantal bisa kamu gunakan sebagai sandaran kalau kamu lagi lakukan gerakan dumbbell bench press. Dengan menata beberapa bantal, badanmu dapat bersandar dengan nyaman saat melakukannya.

Di sisi lain, kamu bisa gunakan untuk latihan otot paha bagian dalam dengan cara tempatkan beberapa bantal di antara lutut. Lalu, silahkan tekan atau remas-remas bantal sekeras mungkin pakai otot paha selama 30 detik.

5. Pengen punya lengan kencang dan seksi? Coba deh manfaatkan botol air mineral atau wadah detergen sebagai barbel

Kalau kamu males kumpulkan alat makan, masih ada cara lain untuk gantikan barbel saat workout, yaitu botol berisi detergen. Yang penting kamu pastikan kalau isinya nggak bakalan tumpah. Kamu dapat lakukan gerakan angkat beban beberapa kali. Meski bebannya nggak seberapa berat, cukup ampuh bantu badanmu terbentuk sesuai impian, khususnya bagian lengan.

6. Hitung-hitung nostalgia masa kecil, gunakan beberapa karet untuk skipping alias lopat tali

rangkai karet gelangnya via yogyakarta.panduanwisata.id

FYI, lompat tali adalah olahraga kardiovaskular yang gampang banget dilakukan dan efektif dihasilkan. Dan bukan cuma berhasil kecilkan paha, tapi juga lengan, lho. Kalau kamu lakukan selama 60 menit, kalorimu bisa terbuang sebanyak 550.

7. Punya jemuran dari besi? Manfaatkan deh buat olahraga street workout

pakai jemuran besi via www.fliwave.com

Misalnya tiang jemuranmu terbuat dari besi yang kuat dan kebetulan nggak ada pakaian yang harus dijemur, kenapa nggak coba gunakan saja buat street workout?

Gerakan street workout seperti pull up ini bisa kamu lakukan sesuka hati, asalkan kamu harus udah yakin kalau tiang-tiang jemuran di rumah memang kuat. Biasanya sih yang digunakan adalah tiang dari besi. Jadi, kalau bukan besi mendingan jangan, ya!

Badan sehat nan ideal itu bisa didapatkan, meski tanpa keluar banyak uang. Misalnya, dengan lakukan olahraga ringan atau memanfaatkan berbagai barang di rumah sebagai alat workout. Daripada uangnya buat nge-gym, mendingan kamu simpan sebagai tabungan di masa depan. Ulala ~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya