Menjaga kesehatan organ intim seharusnya bisa lebih dini dilakukan tanpa menunggu waktu kamu akan menikah. Terutama untuk cewek. Bagian tubuh yang sering lembap ini rentan menurun kesehatannya jika tidak dijaga dengan baik. Sayangnya, berbagai kesibukan yang dijalani bikin kamu lupa memelihara kebersihan vagina. Kamu jadi cuek dan tanpa disadari telah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk bagi area vital itu.

Nah, mumpung belum terlambat nggak ada salahnya kalau kamu coba kurangi kebiasaan itu dari sekarang. Misalnya jangan malas mengganti pantyliners dan segera ganti celana dalam saat sudah basah karena berkeringat. Lalu, apalagi ya kebiasaan yang buruk bagi kondisi organ intim ini? Simak selengkapnya yuk!

1. Hindari menggosok area vagina. Membasuhnya saja sudah cukup menjaga, kok

air saja cukup via id.pinterest.com

Advertisement

Organ intim memiliki peranan penting, oleh karena itu kamu tak boleh sembarangan membersihkannya. Jika selama ini kamu pikir membersihkan vagina sama seperti bagian tubuh lainnya, maka kamu salah. Sebab, untuk menjaga kebersihan vagina cukup dengan membasuhnya menggunakan air saja. Tak perlu kamu gosok-gosok sambil scrubbing seperti pada tangan, kaki, atau punggung.

2. Jangan terlalu lama pakai pantyliners supaya vaginamu tetap terjaga kesehatannya

jangan lama-lama via blog.moeslema.com

Cewek itu sebenarnya tak masalah menggunakan pantyliners. Namun, yang jadi problem yaitu saat kamu mengenakannya dalam waktu lama. Vagina itu lembap, maka dari itu sebaiknya pantyliners rutin diganti 2 jam sekali atau setiap habis buang air kecil. Jika kamu tidak rutin menggantinya, apalagi ketika sudah basah kamu tetap membiarkan, maka akan tumbuh jamur atau bakteri yang menyebabkan keputihan.

3. Menunda mengganti celana dalam akan berakibat buruk bagi kondisi vagina

kalau berkeringat segera ganti via sweatyreviews.com

Sama halnya dengan pantyliners, menunda mengganti celana dalam akan berakibat buruk pada area vitalmu. Apalagi kalau kamu sering berkeringat dan tetap tak segera menggantinya karena bakteri dan jamur makin betah berada di area vagina kamu.

4. Pakaian dalam seperti thong memang meningkatkan keseksian. Tapi, kalau sering memakainya dapat membahayakan organ intim karena hanya bagian depan yang tertutupi

thong bisa berbahaya via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Seperti cewek pada umumnya, kamu ingin memakai thong untuk meningkatkan keseksianmu. Bentuknya yang hanya menutupi bagian depan saja membuat vagina mudah terinfeksi. Hal ini tidak lain karena bakteri mudah masuk .

5. Kamu terbiasa langsung membeli obat tanpa konsultasi dulu ke dokter ketika vagina terasa gatal atau lainnya

konsultasikan dulu ke dokter via www.evidentlycochrane.net

Kesalahan lain yang sudah menjadi kebiasaan ketika vagina kamu terasa gatal atau perih, kamu langsung berinisiatif membeli obat. Padahal, yang benar adalah kamu konsultasi dulu ke dokter untuk tahu kondisi sebenarnya seperti apa. Jangan asal menduga-duga.

6. Sering menahan pipis menyebabkan bakteri di dalam saluran kemih memiliki waktu makin lama bereproduksi

jangan tahan-tahan pipis via thetanjungpuratimes.com

Ketika pekerjaan kamu lagi tanggung, kamu suka menahan buang air kecil padahal sudah sulit ditahan. Hal ini nggak baik bagi vagina karena buang air kecil itu baik untuk membersihkan kantung kemih yang dipenuhi bakteri. Bakteri tersebut dapat berkembang biak di urin, sehingga kamu nggak boleh menahannya lagi. Jika kamu tetap menahan, maka waktu bakteri bereproduksi makin lama dan bisa mengakibatkan infeksi.

7. Duduk bersila bikin wilayah vagina nggak sehat karena tidak ada sirkulasi udara

duduk bersila via www.netdoctor.co.uk

Cewek itu saat lagi duduk sering bersila karena nyaman dan terasa lebih hangat ketika berada di tempat dingin. Tapi, kalau terlalu lama juga nggak baik lantaran wilayah vaginamu jadi nggak sehat tak ada sirkulasi udara. Jika tetap begini, maka dapat menyebabkan infeksi jamur vagina.

Ketujuh kebiasaan tadi bikin kondisi vagina kamu memburuk. Jika kamu tidak mengurangi dari sekarang, maka kesehatan organ intim kamu sangat berbahaya. Yuk ubah dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya