Banyak cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan kulit cantik berseri. Mulai dari mencoba rangkaian skincare lokal hingga impor, serta perawatan mahal di klinik kecantikan Namun siapa sangka bahwa ternyata ada bahan alami yang bermanfaat bagi kulit wajah yang bisa kita temukan di dapur.

Yap, kamu pasti sudah sering mendengar bahwa cairan multifungsi ini punya segudang manfaat, tak terkecuali untuk kulit wajah. Hebatnya, kini kamu nggak perlu memakai berlapis-lapis skincare untuk mengatasi kekurangan pada kulitmu. Cukup satu solusi untuk berbagai permasalahan kulit wajah dengan cuka apel. Penasaran apa aja? Yuk simak!

1. Menyembuhkan jerawat dan komedo dengan cara mengelupaskan sel-sel kulit mati

Selamat tinggal jerawat via trinambichnguyet.com

Advertisement

Kandungan asam pada cuka apel sangat bagus untuk mengeringkan jerawat dan mampu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Dengan penggunaan rutin, cuka apel dapat mengelupas jaringan kulit mati di area yang berjerawat dan menggantinya dengan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru.

2. Mengurangi efek kemerahan pada wajah dan punya efek menetralisir kulit

Bye kemerahan dan bekas jerawat via www.desprefemei.com

Cuka apel dapat mengurangi iritasi kulit dan kemerahan pada wajah. Dengan penggunaan teratur, zat aktif dalam cuka apel membantu menenangkan dan meredakan kemerahan serta mampu untuk meratakan warna kulit wajah. Jadi, yang kulitnya mudah kemerahan bak kepiting rebus, pakai cuka apel adalah pilihan terbaik.

3. Jika dipakai rutin, cuka apel dapat mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan

Gamau kan kulit cepat berkerut? via trinambichnguyet.com

Keampuhan cuka apel untuk merangsang pembentukan jaringan kulit baru memang tak diragukan lagi. Karena itu, cuka apel dapat digunakan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah.

4. Menyeimbangkan PH kulit wajah, sehingga kulitmu jadi makin happy

Wih canggih

Advertisement

Meskipun memiliki kadar asam yang tinggi, ternyata cuka apel sangat baik untuk menyeimbangkan PH kulit wajah. Selain menyeimbangkan PH, cuka apel juga dapat digunakan untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Minyak pun berkurang tanpa sensasi kering di kulit wajah. Caranya cukup tambahkan cuka apel pada air untuk membasuh kulit wajah setiap kali cuci muka.

5. Mengurangi flek hitam

Bisa ilang juga lho via benhvienaau.vn

Cuka apel bagus untuk menghilangkan flek karena mengandung Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit kulit baru. Caranya, tap tap lembut menggunakan kapas pada area flek, lakukan dua kali sehari untuk hasil optimal.

6. Mengembalikan kulit terbakar yang terkena sengatan sinar matahari

Menarik nih via galoremag.comhttps

Kulit wajahmu belang setelah liburan ke pantai atau panas-panasan seharian? Tenang, cuka apel bisa kamu jadikan pertolongan pertama. Caranya: campurkan cuka apel ke dalam air setiap cuci muka untuk menetralisir kulit yang iritasi karena terbakar sinar matahari.  Cuka apel akan mendinginkan dan menenangkan kulit dan membantu mengembalikannya seperti semula.

7. Secara keseluruhan, cuka apel mampu mendetoksifikasi kulit wajah

Biar makin kinclong via www.homesogood.com

Untuk mendapatkan wajah yang bersih dan berseri, kita harus membersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke dalam pori-pori dan membersihkan racun dan kotoran yang menumpuk di bawah permukaan kulit. Nah, cuka apel mengandung bahan aktif yang ampuh untuk membersihkan racun-racun tersebut. Caranya gampang, campurkan cuka apel dan madu murni lalu oleskan pada wajah seperti memakai masker biasa, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Untuk pemakaian secara rutin, kamu bisa menggunakan dua cara;

  1. Pertama, tuang cuka apel pada kapas yang telah dibasahi air lalu tempelkan kapas dan kompreskan pada area wajah yang bermasalah. Untuk hasil maksimal diamkan selama 20 hingga 30 menit.
  2. Kedua, gunakan sebagai toner atau facial spray. Caranya, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2 pada botol atau tabung spray yang steril. Aduk hingga tercampur rata, lalu cuka apel siap digunakan seperti memakai toner atau spray pada umumnya.
  3. Jangan lupa untuk memilih cuka apel murni yang masih alami karena kaya akan kandungan enzim, protein dan probiotik sehingga manfaatnya lebih terasa. Selamat mencoba!
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya