Secuek-cueknya cowok, pasti hampir sebagian besar diam-diam mendambakan punya penampilan menarik yang bisa bikin lawan jenis terpikat dan kalau kemana-mana bisa membuat orang jadi terpesona dan merasa segan. Bukan soal ketampanan semata (yang sangat relatif ya), terkadang sesimpel memiliki kulit sehat, cerah dan berbusana rapi bisa jadi cara ampuh untuk memukau orang-orang di sekelilingmu lho, guys.  Harap dicatat, cerah yang dimaksud Hipwee bukan PUTIH tapi cerah bercahaya, yang memancarkan kulit sehat dan bebas kusam.

Sayangnya, tanpa usaha apapun kulit sehat cuma bakal jadi impian yang nggak bakal terwujud. Ditambah lagi aktivitas cowok yang biasanya lebih ekstrim daripada para cewek, kulit sehat dan cerah nggak akan bisa diraih kalau cuma berharap sama sabun cuci muka seadanya. Nah, demi menunjang kepribadian oke dan keterampilan kece yang kamu miliki, Hipwee akan membagikan 7 tips mudah agar kamu bisa mendapatkan kulit cerah terawat. Mana tahu nanti bisa nyangin gantengnya Bang Hamish. Yuk cek tipsnya sampai habis!

1. Langkah awal untuk mencerahkan kulitmu bisa dimulai dengan menggunakan sunblock atau tabir surya setiap pagi sebelum memulai aktivitas di luar rumah

Cowok atau cewek, sama-sama perlu pakai sunblock lho via www.telegraph.co.uk

Advertisement

Kamu pasti sebenarnya sudah tahu ‘kan betapa kejamnya ancaman sinar matahari terhadap kulit yang tak terproteksi? Suka berpetualang dan panas-panasan sih nggak dilarang, tapi ingat untuk jaga kondisi kulitmu juga. Pasalnya, tanpa menggunakan sunblock, sudah hampir dapat dipastikan kulitmu nggak cuma bakal menggelap, terserang flek dan kusam, tapi juga meningkatkan risiko terserang kanker kulit. Amit-amit deh.

2. Sebelum bepergian, kalau biasanya cuek saja keluar rumah tanpa topi, penutup muka dan jaket, coba kali ini sedikit meluangkan beberapa menit untuk melindungi kulitmu

Jangan malas pakai jaket via theidleman.com

Kalau biasanya kamu bersikap cuek dan malas untuk mengenakan jaket saat bepergian naik motor atau kendaraan umum, coba deh mulai sekarang luangkan waktu sejenak sebelum berangkat untuk mengenakan peralatan tempurmu seperti jaket, topi (kalau nggak pakai helm), dan sarung tangan agar kulitmu nggak gosong terbakar matahari siang bolong.

3. Jangan malas untuk lebih banyak minum air. Selain baik untuk kesehatan organ dalam, kulitmu pun akan merasakan manfaatnya lho

Cukup minum air akan memberikan manfaat juga pada kulitmu lho via www.express.co.uk

Tahukah kamu, minum air putih bisa membantu mencerahkan kulitmu dari dalam? Klise ya, tapi faktanya dengan rutin minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu kinerja organ-organ di dalam tubuhnya sehingga dapat berfungsi maksimal. Sel-sel kulitmu tentu juga akan merasakan manfaat yang besar saat tubuhmu selalu terhidrasi. Jika dilakukan dengan konsisten, kulit cerah dan lembap akan dapat kamu raih!

4. Pulang ke rumah, selalu sempatkan untuk mencuci muka dari segala macam kotoran dan debu yang melekat, biar wajah jadi lebih cerah dan nggak kusam

Meski sepele, rajin cuci muka akan membuat wajah jauh dari kusam lho via brickellmensproducts.com

Advertisement

Seharian beraktivas, rasanya terlalu capek untuk membersihkan muka dengan benar. Ya, kalaupun ke kamar mandi paling cuma bilas wajah saja dengan air. Faktanya, hal yang memicu kulitmu jadi terlihat kusam bahkan beruntusan adalah soal kebersihan yang nggak terjaga dengan baik. Gunakan sabun muka yang cocok dengan kulitmu (butuh tahap coba-coba sampai ketemu yang pas) dan rutinlah cuci muka sehari minimal 2 kali sehari setelah beraktivitas di luar rumah.

Oya, hindari terlalu mencuci muka karena justru akan membuat kulitmu jadi kering lho. Hindari juga mencuci muka langsung sesampainya di rumah setelah panas-panas terpapar panas sinar matahari agar nggak memicu stres kulit.

5. Coba deh luangkan waktu untuk mengeksfoliasi kulit wajah dan tubuh, setidaknya 2 kali seminggu agar sel-sel kulit mati bisa rontok

Eksfoliasi wajah wajib dilakukan rutin. Sebenarnya nggak ribet kok via timesofindia.indiatimes.com

Kulit wajah dan tubuh yang kusam dan tak bercahaya bisa jadi disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Agar kulit lebih bersih dan cerah, cobalah untuk rutin mengeksfoliasi wajah seminggu sekali atau dua kali dengan  menggunakan lulur wajah atau scrub. Ingat, lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu kasar agar nggak melukai jaringan kulit ya!

6. Gunakan krim pelembap pagi dan siang hari yang mengandung pencerah dengan bahan yang aman seperti arbutin misalnya

Cukup 1-2 pelembab aja sudah cukup kok, nggak perlu sebanyak ini juga via fashionista.com

Siapa bilang kulit cowok nggak butuh pelembab? Meski nggak harus seribet 10 langkah kecantikan ala orang Korea, kamu pun bisa merawat kulitmu dengan satu produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Investasi dengan produk yang agak mahal sedikit nggak masalah kok, asal memang memberikan efek yang nyata bagi kulitmu.

7. Terakhir, kamu bisa menggunakan masker siap pakai yang praktis untuk mencerahkan kulitmu. Selain harganya terjangkau, pemakaiannya pun praktis

Mask sheet bisa jadi pilihan buat kamu yang ogah ribet lho via www.dramafever.com

Agar melengkapi seluruh rangkaian perawatan anti ribetmu, luangkanlah waktu 1-2 kali seminggu untuk menggunakan masker siap pakai yang bisa menutrisi kulitmu. Kalau rajin, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti masker lemon atau masker tomat buatan sendiri. Tapi kalau terlalu malas sibuk kamu bisa manfaatkan masker bubuk siap pakai atau mask sheet yang bisa kamu beli di supermarket yang ada di kotamu. Nggak harus mahal, kalau telaten pasti membuahkan hasil kok.

Jangan kira merawat kulit cuma urusan para cewek lho guys! Justru dengan merawat diri dengan baik, kamu akan tampil lebih kece, berwibawa dan disegani. Siapa sih yang bakal terpesona dengan orang yang dengan sengaja malas merawat dirinya? Ingat guys, nggak cuma para cowok lho yang suka cewek bersih dan ‘bening’, cewek pun suka cowok yang tahu cara merawat diri, secara wajar tentunya. Yuk lebih rajin merawat diri, mulai dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya