Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Setelah lelah bekerja seharian, tidur berguna untuk mengembalikan energi yang terbuang agar di hari esok, kamu semangat untuk lagi untuk bekerja. Ternyata, tidak hanya postur ketika berdiri dan duduk saja yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan, posisi tidur yang tepat ternyata berfungsi untuk menjaga kualitas tidur dan kesehatan kita.

Posisi tidur miring ke kanan dengan badan bagian sebelah kanan sebagai tumpuan, ternyata memberikan banyak efek untuk kesehatan kita. Apa saja efek yang menguntungkan kesehatan kita? di artikel ini Hipwee akan mengulasnya satu-persatu buat kamu.

1. Bagi kamu yang dominan menggunakan tubuh bagian kanan untuk beraktivitas, tidur miring ke kanan dapat mengistirahatkan otak kiri kamu

Ketika di sekolah dulu, tentu kamu sudah mempelajari tentang anatomi tubuh manusia. Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri. Otak bagian kiri lah yang menjadi sumber penggerak saraf tubuh bagian kanan kamu. Umumnya, mayoritas dari kamu menggunakan bagian tubuh sebelah kanan sebagai bagian yang paling dominan untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari (makan, minum, memegang sesuatu).

Dengan tidur menghadap ke kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar akibat bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang menurun ketika kamu tidur. Kamu tahu bahaya yang ditimbulkan ketika sirkulasi kita melambat? pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan stroke merupakan beberapa akibat yang akan diperoleh. Dengan merubah kebiasaan tidur menjadi miring ke kanan, kamu akan terhindar dari penyakit stroke yang telah merenggut banyak korban jiwa.

2. Jantungmu akan bergerak lebih lamban dan tidurmu akan menjadi lebih nyenyak

Tidurmu akan terasa lebih nyenyak via infinityhousemagazine.com

Advertisement

Posisi tidur miring ke kanan ternyata memberikan keuntungan lain, yaitu mengurangi beban jantung kamu. Posisi tidur tersebut, memungkinkan darah terdistribusi merata dan terkonsentrasi ke sebelah kanan atau bagian bawah, hal tersebut akan menyebabkan aliran darah yang masuk dan keluar dari jantung akan lebih rendah, sehingga menyebabkan denyut jantung yang melambat dan menurunkan tensi darah. Jantung juga tidak tertimpa organ yang lain karena posisi jantung yang lebih condong ke sebelah kiri. Sebaliknya, jika kamu tidur menghadap ke sebelah kiri, darah yang masuk kedalam atrium akan semakin banyak.

Tidur dengan posisi ini ternyata dapat memperbaiki kualitas tidurmu loh.

3. Mengistirahatkan lambung kamu yang bekerja seharian untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi

Lambung kamu menjadi lebih sehat via www.herbal-obat.com

Lambung manusia berbentung seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap ke arah kanan bawah. Jadi, jika kamu tidur menghadap ke kiri, maka hal tersebut akan memperlambat proses pengeluaran chime (makanan yang telah dicerna lambung bercampur dengan asam lambung) sehingga proses pengosongan lambung akan terganggu. Dalam waktu yang lama, hambatan tersebut akan meningkatkan akumulasi asam yang menyebabkan erosi dinding lambung. Sehingga berbahaya bagi kamu yang menderita maag.

4. Proses pengosongan empedu dan pankreas akan berjalan lebih cepat

Kesehatan untuk investasi masa depan via www.viralnovelty.net

Dengan posisi tidur miring ke kanan seperti ini, cepatnya proses pengosongan tersebut karena adanya aliran chime dari lambung akan meningkatkan pengeluaran carian empedu yang akan mencegah terbentuknya batu kandung empedu, tidur dengan posisi miring ke kanan juga kanan juga akan meningkatkan keluaran getah pankreas kamu loh. Dengan tidur menghadap ke kanan, secara tidak langsung kamu telah berinvestasi untuk masa depan kamu dengan menjaga kesehatan.

5. Tidur dengan posisi miring ke kanan, ternyata dapat mengoptimalkan waktu penyerapan zat gizi yang kamu dapatkan dari makanan yang kamu cerna

Zat gizi yang ada di makananmu akan terserap sempurna via gizmodo.com

Pergerakan usus akan meningkat ketika kamu sedang tidur, dengan posisi tubuh bagian kiri berada di sebelah atas, maka perjalanan makanan yang telah dicerna dan zat-zat berguna bagi tubuh siap diserap akan berjalan lebih lambat, karena posisi usus halus dan usus besar yang berada di bagian bawah. Waktu yang lama selama tidur akan memungkinkan zat gizi yang berada dalam makanan yang kamu konsumsi akan terserap secara optimal. Lemak yang akan kamu tumpuk juga menjadi lebih sedikit, karena badan telah memaksimalkan penyerapan zat dan gizi yang terkandung dalam makanan.

6. Susah buang air besar? Ubah posisi tidurmu menjadi miring ke kanan

Buang air besar jadi lancar via www.cleveland.com

Selama ini kamu merasakan susah buang air besar? mungkin selama ini kamu biasa berada dalam posisi mengkurap ataupun telentang ketika tidur. Dengan merubah posisi tidur kamu menghadap ke kanan, maka,  proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) yang menampung sisa pencernaan dan zat yang tidak digunakan oleh tubuh menjadi lebih cepat. Usus besar sigmoid yang penuh akan merangsang gerak usus besar yang diikuti relaksasi dari otot anus sehingga tidak perlu lagi susah untuk buang air besar.

7. Paru-paru kamu akan lebih terjaga kesehatannya, karena paru-paru kirimu lebih kecil daripada yang kanan

paru-paru kamu akan semakin sehat via articles.mercola.com

Paru-paru kiri kamu lebih kecil dibandingkan dengan para-paru sebelah kanan. Tidur dengan posisi menghadap ke kanan akan menjadikan posisi jantung kamu condong ke sebelah kanan, hal tersebut tidak akan mengganggu paru-paru sebelah kanan karena bentuknya yang lebih besar. Lain halnya, jika kamu tidur bertumpu pada tubuh bagian sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil daripada jantung, tentu hal tersebut tidak baik bagi paru-paru kamu

Untuk menjada kesehatan paru-paru, kamu harus mulai tidur dengan posisi miring ke kanan

8.Temanmu tidak perlu lagi takut akan berisiknya dengkuranmu, dengan posisi ini, kamu tidak akan lagi tidur dengan mendengkur

Mendengkur itu gangguan via huffingtonpost.co.uk

Mengapa tidur telentang menyebabkan kamu mendengkur? karena, dalam posisi terlentang, saluran pernafasan kita akan tertutup oleh lidah, yang menjadi penyebab utama orang mendengkur. Mendengkur ketika tidur akan menyebabkan tubuh kita kekurangan oksigen, terkadang menyebabkan berhentinya nafas untuk beberapa detik yang bisa menyebabkan kamu tiba-tiba bangun. Mendengkur juga akan mengganggu kualitas tidur kamu, karena ketika mendengkur kamu menghabiskan banyak oksigen yang menyebabkan kamu merasa pusing ketika bangun tidur.

Tidak perlu lagi membayar biaya terapi untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur kamu, cukup dengan mengubah posisi tidur miring ke kanan, akan membuat tidurmu menjadi lebih tenang dan berkualitas, karena saluran pernafasan tidak akan tertutupi oleh lidah.

Nah, supaya jantung, otak, dan paru-paru kamu bekerja lebih optimal, ubah kebiasaan kamu untuk mulai tidur dengan posisi miring ke kanan. Karena, tidur dengan posisi tersebut ternyata memberikan efek medis yang berguna bagi tubuh kamu.

Selamat mencoba !

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya