Meski tak harus dirayakan dengan bermewah-mewahan, ulang tahun tetaplah momen yang spesial. Ini saatnya kamu menunjukkan perhatian dan kepedulianmu pada teman atau pacar yang sedang berulang tahun. Tak melulu manis-manis dan sentimental, merayakan ulang tahun bisa juga dengan memberi kejutan.

Tapi, jangan berikan kejutan yang itu-itu saja! Supaya nggak ketahuan dan kejutanmu tetap jadi sebuah kejutan, 8 rencana alternatif ini bisa kamu aplikasikan. Apa saja sih?

1. Pagi-pagi sekali, ajak dia jalan-jalan untuk mengalihkan perhatian. Lalu hias kamarnya dengan balon dan kertas aneka warna

Alihkan perhatiannya dan hias kamarnya

Alihkan perhatiannya dan hias kamarnya via www.mosta2bal.com

Advertisement

Temanmu terlalu sibuk sampai-sampai kamarnya terbengkalai? Nah, coba manfaatkan momen ulang tahun ini untukmu memberikan kejutan yang berbeda dengan membuat kamarnya menjadi lebih rapi dan indah. Nggak hanya dirapikan saja, tetapi juga diberi hiasan supaya lebih terkesan meriah. Kamu bisa gunakan bunga, kertas krep, balon, dan juga foto-foto ajaib temanmu yang sudah tercetak.

Untuk bisa menghiasnya, tentunya temanmu nggak boleh ada di kamarnya. Kumpulkanlah seluruh teman-teman dekatnya, kemudian bagi menjadi 2 tim: 1 untuk menghias, 1 lagi untuk mengajaknya jalan-jalan sebagai pengalih perhatian. Waktu pulang nanti, dia pasti akan senang dan terkaget-kaget deh karena kamarnya yang sudah cantik.

2. Perayaan tak usah lagi terpisah-pisah. Satukan semua teman terdekatnya dan rayakan ultahnya bersama-sama

Kumpulkan orang-orang tersayangnya dalam surprise dinner

Kumpulkan orang-orang tersayangnya dalam surprise dinner via butterluver.blogspot.com

Yang ulang tahun 1 orang, mengapa kejutannya harus terpisah-pisah? Hubungi seluruh orang-orang tersayang dari temanmu ini dan satukan ke dalam sebuah surprise dinner. Kamu bisa menyewa restoran favoritnya dan mengadakannya di sana. Kalau waktumu nggak cukup untuk mengurusnya sendirian, saat ini sudah banyak kok event organizer yang siap membantu melancarkan makan malam kejutan ini. Untuk biaya, mengadakan surprise dinner jelas akan lebih murah karena kamu bisa patungan dengan sahabat dan kerabat yang terlibat. Hemat dan praktis, ‘kan?

3. Cuekin temanmu selama (nggak tanggung-tanggung), 1 minggu. Lalu beri dia perayaan ultah yang (sengaja) terlambat dan meriah

Cuekin 1 minggu, kejutkan dengan meriah

Cuekin 1 minggu, kejutkan dengan meriah via www.magicaldaydream.com

Advertisement

Selama ini ‘kan surprise ulang tahun hampir selalu diawali dengan sesuatu yang mengesalkan. Nah, kenapa nggak sekalian saja dilanjutin bikin kesalnya sampai 1 minggu baru kemudian temanmu itu diberi kejutan?

Di hari ulang tahunnya, tetaplah memberi ucapan selamat kepadanya. Tapi nggak perlu panjang-panjang. Singkat saja seperti nggak niat memberi ucapan. Lalu, cuekin selama 1 minggu sampai dia kesal dan kamu bisa sambil mempersiapkan kejutan. Pastikan kejutannya meriah ya, dilengkapi dengan kue, balon, confetti, dan juga orang-orang tersayangnya. Rasa kesal yang selama 1 minggu menggumpal, pasti langsung luntur deh dengan kejutan dari kamu.

4. Media sosial juga bisa dimanfaatkan. Unggah foto-foto ajaibnya sebagai pemanasan dari kejutan yang sebenarnya

Unggah foto-foto semacam ini

Unggah foto-foto semacam ini via reddit.com

Di zaman sekarang ini, sayang rasanya kalau media sosial nggak dipergunakan juga untuk memberikan kejutan ulang tahun kepada temanmu. Biasanya mungkin kalian mengunggah foto-foto cantik dan tampan di media sosial. Tapi kali ini coba deh unggah foto-foto temanmu itu dalam berbagai pose “ajaibnya” — tidur, candid, atau duck face. Unggah sebanyak-banyaknya dan jangan lupa kasih hashtag atau tagar. Ya, hitung-hitung “pemanasan” sebelum memberi kejutan yang sebenarnya.

5. Mau memberi kejutan tapi kalian sama-sama sibuk? Kirim saja kardus dan kaleng berisi kado ke kost atau rumahnya

Kardus boleh bekas, tapi isinya.. kejutan!

Kardus boleh bekas, tapi isinya.. kejutan! via creativepartyideasbycheryl.blogspot.com

Di saat sudah sama-sama sibuk, mungkin kamu dan teman-temanmu sudah nggak ada waktu untuk saling memberikan kejutan. Nah, supaya persahabatanmu tetap hangat dan solid, cara ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif kejutan.

Isilah kardus atau kaleng bekas dengan kado dan barang-barang lain yang biasa ada saat mengadakan kejutan, misalnya bunga, balon, atau puluhan lembar kertas ucapan dari teman-teman lainnya. Packing dengan rapi —nggak perlu dihias—, lalu kirimkan ke alamat rumahnya. Saat mendapat kiriman, dia pasti bingung karena sekilas seperti barang-barang bekas. Tapi saat dibuka, senyum sudah pasti mengembang di wajahnya.

6. Ada tempat yang dia takuti? Ajak dia ke sana lalu beri kejutan manis di balik pintunya

Beri kejutan di pintu keluarnya

Beri kejutan di pintu keluarnya via leonardscanada.blogspot.com

Mana sih tempat yang paling temanmu takutin? Rumah hantu, museum, atau rumah dosen? Coba cari tahu hal-hal dan tempat yang dia takuti, lalu bawalah dia ke sana. Misalnya dia takut hantu, bawa dia ke rumah hantu. Atau kalau dia takut sama hewan-hewan tertentu, ajak dia ke kebun binatang. Dia pasti merasa ketakutan, dan kamu juga harus tetap menemaninya. Dan nanti saat di pintu keluar, sambutlah dia dengan kue, balon, dan nyanyian ulang tahun yang meriah. Siapa tahu tempat yang tadinya dia takutkan, malah jadi tempat favorit barunya yang penuh kenangan.

7. Ucapan secara langsung memang lebih bermakna. Satukan semua ucapan dari orang-orang terdekatnya dan unggah ke YouTube

Unggah video ucapan ke YouTube

Unggah video ucapan ke YouTube via www.youtube.com

Nggak ada yang lebih berkesan dari ucapan yang diutarakan secara langsung. Untuk itu, sebelum hari ulang tahunnya, rekamlah sebuah video yang berisi ucapan selamat dan doa. Jangan dari kamu saja, minta juga rekaman video lain dari teman-temannya. Kumpulkan, edit dengan menarik, dan unggah deh ke YouTube. Di saat hari-H tiba, kirimkan link video tersebut kepadanya; bisa lewat chate-mail, atau mention saja di media sosial. Dijamin, dia pasti akan senang dan terharu melihat para sahabatnya mengucap selamat dan doa di hari ulang tahunnya.

8. Buat dia seakan-akan sedang bertemu artis idolanya dengan mengadakan pesta kostum

Pokoknya semua serba idolanya!

Pokoknya semua serba idolanya! via herscloset.wordpress.com

Temanmu punya artis idola tapi belum pernah ketemu? Pertemukan saja di ulang tahunnya kali ini. Tenang, kamu nggak perlu bayar mahal, kok. Kamu hanya perlu ajak teman-teman terdekatnya untuk datang dan memakai kostum yang identik dengan idolanya tersebut. Misalnya, temanmu itu suka banget sama boy band EXO atau penyanyi Taylor Swift. Nah, kalian yang memberi kejutan berdandanlah sesuai dengan artis tersebut. Jangan lupa ya buat playlist dari lagu-lagu artis favoritnya itu.

Nah, gimana? Dengan sedikit kreativitas, kejutan ulang tahun untuk teman tersayangmu ternyata bisa jadi jauh lebih menarik dan berkesan ‘kan? Dan pastinya, akan lebih cantik juga untuk diabadikan. Selamat mencoba! Semoga sukses kejutannya, ya! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya