“Eh, minta pulsa dong, mau nelpon..”

“Yah, sori gak ada pulsa telpon nih. Adanya pulsa internet doang.”

Seperti pacar baru yang menggantikan posisi mantan di hati, pulsa internet memang jadi prioritas nomor wahid dalam urusan komunikasi saat ini. Kemudahan komunikasi yang ditawarkan internet membuat pulsa reguler sudah tak begitu diperlukan lagi.

Tapi kadang kalau tidak hati-hati kebutuhan internet bisa membuat kantungmu mengering, lho. Biar kantungmu tetap aman walau sering internetan tips dari Hipwee dan IM3 Pinternet ini layak kamu praktekkan.

1. Tarik-ulur sambungan datamu seperti saat proses pendekatan. Cukup nyalakan saja waktu diperlukan

Cukup nyalakan data internetmu saat dibutuhkan

Sebenarnya tidak setiap saat kamu harus tersambung ke jaringan internet ‘kan? Toh tidak setiap pesan Whatsapp dan LINE langsung dibaca, tidak setiap detik juga kamu butuh browsing atau cek media sosial. Malah terkadang ponsel yang selalu tersambung ke jaringan internet bisa jadi sumber distraksi yang memecah konsentrasimu.

Agar kuota internetmu tidak habis untuk sesuatu yang sia-sia, perlakukan data internetmu seperti gebetan saat proses pendekatan. Matikan sambungan data saat sedang tidak diperlukan, baru sambungkan ketika kamu memang hendak menggunakan atau sedang ada waktu luang untuk mengecek semua pesan.

2. Kalau tipe internetanmu seperti player, pilih paket Unlimited. Paket kuota lebih cocok buatmu yang setia dan tahu batasan

Satu yang penting, jangan salah pilih paket internetan yang paling cocok buatmu

Cara paling tepat untuk menghemat pengeluaran internet dimulai dari mengenali pola pemakaian internetmu. Kamu tipe yang overly attached pada gadget yang terhubung ke internet, atau masuk ke golongan fakir wifi yang memanfaatkan internet ponsel di saat-saat tertentu saja?

Setelah bisa mengenali tipe pemakaian internetmu, ini saatnya menentukan paket internet yang paling cocok dipakai.

Kalau kamu memang pengguna loyal seluruh aplikasi yang menggunakan internet (sampai main game aja gak bisa lepas dari internet) maka paket internet unlimited lebih cocok kamu langgan. Sementara kalau kamu cuma pakai ponselmu untuk buka Path, Twitter, dan aplikasi messaging lain maka paling bijak jika kamu menggunakan paket kuota.

IM3 Pinternet bisa jadi jawaban bijak buat 2 kebutuhan ini. Ada paket internet super murah Rp 10.000,00 dengan kuota 150 MB yang bisa kamu aktifkan lewat *123*300#. Ada juga gratisan kuota setiap menggunakan internet seribu rupiah. Cocok buat semua tipe banget nggak nih?

3. Buatmu yang punya gadget lebih dari satu, isi saja paket internet paling murah di satu gawai. Kalau mau internetan — tinggal tethering-an~

Buatmu yang punya gadget lebih dari satu, isikan paket termurah di salah satu gawai saja via tumblr.com

Punya ponsel, tablet, plus pemutar musik yang bisa terhubung ke internet? Kalau semuanya diisi pulsa internet ya wajar saja kalau dompetmu selalu berkabung sebelum waktunya. Cara oke untuk berhemat adalah dengan menggunakan 1 gadget saja sebagai gawai utama internetanmu. Sisanya, tethering dari situ.

Misalnya nih, kamu pakai IM3 Pinternet di ponselmu. Sementara iPad dan pemutar musikmu dibiarkan kosong tanpa paket internet. Kalau kamu butuh menggunakan iPad untuk internetan, tinggal tethetring saja dari ponsel. Dengan begini paket internetmu akan benar-benar bisa digunakan secara maksimal. Tidak ada lagi ceritanya masa berlaku habis tapi masih punya sisa paket karena gonta-ganti gadget.

4. Perhatikan kondisi jaringan setiap mau internetan. Saat jaringan sedang tidak stabil, niatmu sebaiknya diurungkan

Kalau jaringanmu EDGE, jangan keburu internetan dulu via tumblr.com

Bukan cuma memilih paket internet yang tepat, kamu pun perlu cerdik mengamati kondisi jaringan internet setiap ingin menggunakannya. Ketika kondisi jaringan operatormu sedang oke — ada di HSDPA atau 3G, inilah saat paling tepat untuk internetan.

Sementara kalau kondisi jaringan internetnya sedang ada di status EDGE, lebih baik urungkan dulu niatmu. Menggunakan internet saat jaringan sedang tidak stabil akan memakan lebih banyak kuota dibanding ketika jaringan sedang dalam kondisi terbaiknya.

5. Matikan fitur auto sync yang meng-update semua datamu tanpa perlu diminta. Pakai cara manual dengan sedikit usaha

Pakai cara manual dengan sedikit usaha via tumblr.com

Kecuali kamu sedang menunggu email penting dari kantor atau Dosen Pembimbing Skripsi fitur auto sync bisa kamu matikan. Ini berguna demi menghemat paket datamu yang digunakan untuk me-retrieve e-mail, mention di berbagai media sosial, dan akun lain yang terhubung ke ponselmu.

Kalau butuh tahu email atau pesan terbaru, kamu tinggal membuka aplikasi yang diinginkan – loading sebentar – sampai keluar pesan yang diinginkan. Usaha dikit demi penghematan sah-sah saja ‘kan?

6. Tak perlu gunakan update otomatis untuk aplikasi. Buat urusan download kamu harus jadi fakir Wi-Fi

Untuk urusan update aplikasi jangan malu jadi fakir wiFi via tumblr.com

Tanpa sadar update aplikasi sering jadi alasan utama kenapa paket internetmu membengkak di luar rencana. Agar keborosan ini tidak terjadi, matikan update otomatis untuk aplikasi. Bayangkan, satu update aplikasi bisa memakan 100-200 MB kuotamu. Kalikan 5 aplikasi. Ya wajr kalau bokek…

Untuk urusan update aplikasi, sebaiknya manfaatkan saja wiFi. Kamu bisa pergi ke kafe, ke kampus, ke kos teman yang ber wiFi, sampai menggunakan akses gratis Indosat Super WiFi dari IM3 Pinternet selama 30 hari dengan cara mengetik : SUPERWIFIIM3 kirim ke 363.

7. Set data limit atau rajin-rajin cek penggunaan kuota. Kamu akan tahu aplikasi mana yang harus lebih jarang dibuka

Set data limit buat tahu aplikasi mana yang harus lebih jarang dibuka via tumblr.com

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di ponselmu pasti ada 1-2 yang paling banyak memakan kuota data. Hanya saja kita sering belum sadar si “pemakan kuota” itu ada di aplikasi apa. Coba deh mulai sekarang set data limit di ponsel Androidmu atau rajin cek cellular data usage bagimu pengguna iPhone.

Dari sini kamu akan tahu aplikasi mana yang paling banyak memakan kuota data. Kalau tetap mau hemat internet setelahnya, aplikasi ini wajib lebih jarang dibuka.

8. Untuk internetan dan komunikasi, pakai saja 2 kartu berbeda. Plus jangan malas ribet ganti kartu perdana!

Jangan malas ganti kartu perdana kalau memang menguntungkan via tumblr.com

Sebagai konsumen sebenarnya kita bisa jeli memanfaatkan berbagai promosi yang gencar diberikan oleh penyedia jasa internet. Di tengah ketatnya persaingan antar provider banyak sekali kok promo-promo yang bisa kamu manfaatkan.

Mau usaha dan mau ribet sedikit jadi syarat utama biar kamu bisa menikmatinya.

Pakai saja 2 kartu berbeda untuk urusan internet dan urusan komunikasi. Gunakan kartu permanen untuk urusan komunikasi, sementara untuk urusan internet kamu boleh gonta-ganti sampai bertemu yang paling pas di hati.

Kalau mau lebih irit coba ganti kartumu pakai IM3 Pinternet via indosat.com

Paket IM3 Pinternet bisa jadi satu opsi yang layak kamu coba demi penghematan paket data internet ini. Dengan IM3 Pinternet kamu bisa langsung dapat gratis internet mulai 50 MB sampai 1 GB sebulan. Setiap pakai internet seribu perak saja kamu juga langsung dapat gratis kuota internet 10 MB! Kamu bisa langsung ke website IM3 Pinternet buat informasi yang lebih lengkap.

Jadi, mulai hari ini nggak ada ceritanya lagi dong ya bokek mendadak karena urusan internet? Menurutmu mana tips yang paling oke untuk diterapkan? Bagikan ke Hipwee dan IM3 Pinternet di kolom komentar, ya!