Hidup nggak selalu menyenangkan. Terkadang kita mengalami hal-hal yang membuat kita tiba-tiba bete atau galau nggak jelas. Misalnya, jari kaki tersandung meja, baju ketumpahan air, hujan mendadak, atau mendengar kabar yang kurang menyenangkan. Dari mulai hal sepele sampai yang krusial bisa saja membuat kita merasa nggak nyaman. Ya, bad days happen.

Kamu nggak perlu merasa terpuruk atau berlama-lama dalam kondisi ketidaknyamanan, karena justru malah membuatmukacau sepanjang hari. Hipwee Tips punya trik yang bisa kamu terapkan sebagai mood booster ketika kamu merasa bete, dijamin mood kamu akan kembali membaik hanya dalam hitungan 1 menit!

1. Mengunyah permen karet, selain bagus untuk menstimulasi otak untuk bekerja juga terbukti meredakan ketegangan

kunyah permen karet via cdn.skim.gs

Dengan aktivitas mengunyah yang terus menerus, akan membantu meredakan kecemasan yang kamu alami, begitu pula dengan stress dan depresi. Kok bisa? Karena ketika mengunyah, permen karet membuatmu lebih fokus pada mulut, kamu akan melupakan rasa tegang dan stres sehingga suasa hati lebih tenang.

2. Melakukan relaksasi dengan menutup mata lalu bernafas dalam-dalam, akan membuat mood kamu kembali prima

relaksasi via www.google.co.id

Advertisement

Pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan. Lakukan berulang.

Menarik nafas dalam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah, menenangkan pikiran dan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin sendiri adalah hormon alami dalam tubuh yang berfungsi menghilangkan stres dan meningkatkan rasa senang.

3. Ini waktu yang tepat untuk kamu berteriak sekencang-kencangnya. Dengan berteriak, keteganganmu akan berkurang

teriak saja via www.getfesty.com

Berteriak merupakan mekanisme alamiah dalam tubuh untuk mengurangi ketegangan dan perasaan tidak nyaman yang di dapat seseorang. Saat berteriak, otot nggak hanya akan dibuat rileks, namun aliran darah di dalamnya juga akan semakin lancar. Jangan lupa, pastikan kamu bebas untuk berteriak tanpa harus diganggu atau mengganggu orang lain, ya!

4. Melompatlah ketika kamu merasa nggak nyaman. Jangan berdalih kalau belum rasakan manfaatnya!

atau melompat via www.topmattressreviews.net

Pernahkah kamu melihat seseorang yang sangat marah dan mulai melompat-lompat lalu bisa lebih tenang kemudian. Ya, memang benar. Melompat berdampak pada peredaran darah dan sistem limpa seseorang. Kegiatan ini menstimulasi metabolisme dan merilis serotonin yang bisa menstabilkan sistem saraf.

5. Tersenyum itu mudah, nggak banyak orang tahu kalau tersenyum adalah cara instan mengembalikan suasana hati

orang yang tersenyum enak dilihat via www.robotbutt.com

Senyum itu menularkan energi positif ke orang lain.

Tersenyum punya banyak manfaat kesehatan antara lain untuk merilekskan otot. Nggak percaya? Cobalah untuk tersenyum setiap kali kamu merasa bete atau nggak nyaman. Jika memang kamu tulus melakukannya, suasana hatimu yang tadinya carut marut berantakan, maka akan berangsur-angsur membaik. Selain itu, dengan melihatmu tersenyum, maka orang lain akan ikut merasakan kenyamanan.

6. Melalui mata, kamu juga bisa mengembalikan mood menjadi baik. Caranya, dengan memandang objek berwarna hijau atau foto orang tersayang

tidakkah foto-foto mereka membuatmu nyaman? via images.hibucket.com

Menurut penelitian, warna hijau merupakan lambang kebahagiaan dan memberi efek perasaan senang dan damai. Trik ini bisa kamu akali dengan mengenakan baju hijau, memandang tumbuhan hijau, atau meraih objek apapun yang berwarna hijau. Atau, kamu bisa simpan foto keluarga atau foto pasangan untuk sesekali kamu pandangi.

Dengan memandang objek berwarna hijau atau foto orang tersayang, mood kamu akan sedikit membaik, selain itu kamu juga akan lebih produktif. Percaya deh!

7. Menghirup aromaterapi dapat menenangkan pikiran, kamu yang sedang gusar akan kalem seketika

hirup aromaterapi via everything-lavender.com

Aromaterapi dilakukan dengan menghirup uap dari tetesan minyak tumbuh-tumbuhan yang dipanaskan. Aromaterapi juga dipercaya dapat mengembalikan suasana hati. Ada beberapa wewangian yang bisa kamu pilih antara lain lavender, jasmine atau greentea. Tapi, sebaiknya kamu berhati-hati dan membatasi waktu menggunakan aromaterapi karena paparan yang terlalu lama bisa berbahaya.

8. Khasiat cokelat memang nggak bisa dibantah, makanan lezat ini bantu kamu atasi kecemasan

makan cokelat via www.uaemd.net

Cokelat bisa menjadi obat ketika mengalami bad mood. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami. Nah, jika kamu sedang mengalami hari yang buruk, segeralah makan cokelat, maka perasaanmu akan membaik.

9. Dan, kamu bisa sugesti dirimu sendiri, percayalah bahwa kamu yang terbaik dan bisa melewati segala hal

sugesti diri via i.huffpost.com

Jadilah pribadi yang selalu menyenangkan meskipun kamu sedang mengalami hal yang buruk.

Jujur saja, nggak ada satupun dari kita yang menginginkan hal buruk terjadi. Jadi, sebaiknya kamu menerima hal apapun yang menimpa dirimu. Dengan mensugesti diri bahwa nggak semua orang memiliki hari yang indah, kamu bisa lebih percaya diri dan bangkit dari ketidaknyamanan perasaan yang kamu alami.

Jangan melulu cemberut, bete tak berujung nggak membantu mengembalikan mood kamu sama sekali. Terapkan trik di atas ketika ketidaknyamanan itu menimpamu, ya!