Menyantap camilan ataupun makan di malam hari memang guilty pleasure. Nggak jarang juga dari kita yang nggak pernah mengontrol makanannya pada malam hari. Padahal beberapa makanan nggak baik, lho, jika dikonsumsi pada jam-jam ini. Kebanyakan dari makanan ini adalah makanan yang akan membuatmu gemuk dan menyebabkan gangguan kesehatan. Apa saja makanan yang sebaiknya kamu hindari pada malam hari? Simak penjabaran di artikel Hipwee kali ini!

1. Hindari keju sebelum tidur agar jantungmu senantiasa sehat

Makan keju

Makan keju via www.shoredental.com.au

Keju berpotensi membuat kita semakin gemuk karena kandungan lemak yang terdapat di dalamnya. Selain itu, keju bisa membuat kamu makan terus-menerus karena rasanya yang enak. Selain itu ternyata mengkonsumsi keju sebelum tidur juga bisa menyebabkan mimpi buruk, ini dikarenakan dalam keju terkandung jamur yang dapat memiliki efek psikoaktif serta tyramine, bahan kimia yang dikenal sebagai neurotransmiter.

Tak hanya itu, rasa asin, lemak, dan kolesterol pada keju juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Aduh, jangan sering ngemil keju malam-malam, ya!

2. Memakan buah-buahan yang asam di malam hari bisa menambah gas pada pencernaanmu. Kalau nggak mau kembung, dikurang-kurangi ya!

Buah-buahan citrus tak baik dikonsumsi malam hari

Buah-buahan citrus tak baik dikonsumsi malam hari via www.shoredental.com.au

Advertisement

Buah-buahan seperti anggur, jeruk, dan nanas baiknya dimakan di siang hari karena kandungan asamnya bisa menyebabkan masalah lambung jika dikonsumsi di malam hari. Akibatnya kamu akan mengalami maag atau kembung yang membuatmu nggak nyaman saat tidur. Disarankan konsumsi buah dalam jumlah kecil pada malam hari. Hal ini akan membuat buah tak kehilangan manfaatnya walau dikonsumsi sebelum tidur.

3. Makanan pedas dan mengandung bawang putih jelas bukan pilihan untuk menemani malammu

Hindari kuliner pedas

Hindari kuliner pedas via en.wikipedia.org

Memakan makanan pedas dapat membuat pencernaan bekerja penuh, padahal pada malam hari pencernaan mengalami penurunan aktivitas untuk persiapan menjelang tubuh beristirahat. Akibatnya jika memakan pedas, kamu akan mendapatkan rasa yang nggak nyaman di perut sehingga kamu mudah terbangun di malam hari. Selain itu pada makanan pedas juga terdapat senyawa kimia yang bisa membuatmu mengalami mimpi buruk. Sedangkan mengkonsumsi bawang putih juga bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas pada dada ketika dikonsumsi sebelum tidur.

4. Jauh-jauh dari makanan berlemak pada malam hari jika tak ingin beratmu bertambah

Burger dan kentang goreng

Burger dan kentang goreng via alfamilyeyes.com

Pizza, burger, dan kentang goreng memang mantap dimakan saat kamu berkumpul dengan teman di malam hari. Tapi justru makanan inilah yang tak baik kamu konsumsi di malam hari. Jika kamu tetap memakannya, kamu pun akan mengalami gangguan pencernaan dan kenaikan berat badan karenanya. Ada baiknya jika makanan yang penuh dengan lemak dan energi ini kamu konsumsi di siang hari untuk memenuhi kebutuhan energimu sehari-hari.

5. Kesampingkan dulu keinginanmu memakan steik atau sate daging kesukaanmu

Daging harus dicerna lebih lama

Daging harus dicerna lebih lama via kohsantepheapdaily.com.kh

Pada malam hari sebelum tidur, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi maupun kambing. Daging merupakan makanan yang sangat sulit dicerna, selain itu juga mengandung triptofan dan zat besi yang bisa membuat tidur jadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kram jika dikonsumsi sebelum tidur. Lemak dan protein di yang terkandung dalam daging merah pun dapat mengganggu kesehatan badanmu serta dapat berdampak pada kenaikan berat badan.

6. Simpan kudapan cokelatmu untuk esok hari. Begitu-begitu, cokelat ada kafeinnya lho!

Buat besok aja, ya

Buat besok aja, ya via www.panele.lt

Simpan dulu godaan untuk memakan cokelat pada malam hari sebelum tidur karena cokelat mengandung gula dan lemak yang cukup banyak. Tak hanya itu, cokelat juga mengandung kafein dan stimulan seperti theobrimine yang menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Hasilnya, setelah memakan cokelat kamu pun bisa tetap terjaga dan mengalami kesulitan tidur.

7. Kurangi kadar karbohidrat dengan menghindari nasi dan pasta

Nasi merupakan sumber karbohidrat

Nasi merupakan sumber karbohidrat via advanceantiagingskincare.wordpress.com

Kebiasaan makan malam dengan nasi atau pasta sebenarnya bisa menyebabkan kamu jadi kurang sehat dan naik berat badan. Pasalnya, karbohidrat yang terdapat pada nasi dan pasta sangat tinggi. Hasilnya, karbohidrat yang tidak sempurna dicerna tubuh akan menumpuk menjadi lemak di dalam tubuh yang tentunya tak akan menjadi kabar baik untuk berat badanmu.

8. Jangan jadikan makanan-makanan manis snack malam hari, ya

Gigi juga bisa rusak kan?

Gigi juga bisa rusak kan? via www.nachdenkliche.com

Makanan yang manis seperti permen, es krim, cake, atau biskuit mengandung banyak sekali gula. Hal ini bisa menyebabkan naiknya gula darah dan ledakan energi yang tidak dibutuhkan pada malam hari. Efeknya akan panjang jika kamu mengkonsumsi makanan manis, bisa terjadi gangguan tidur, menumpuknya lemak dalam tubuh, bahkan ketidakseimbangan insulin yang menyebabkan gula darah menjadi naik.

9. Kamu boleh memakan roti di malam hari jika memang kamu ingin menaikkan berat badanmu

Roti untuk menambah berat badan

Roti untuk menambah berat badan via www.kurir.rs

Roti bisa sangat mudah menaikkan berat badan karena kandungan karbohidrat dan ragi yang tinggi. Ini bisa menyebabkan kamu akan sangat mudah lapar setelah memakan roti, siklus lapar yang cepat ini jelas akan membuat asupanmu kalorimu terlalu banyak sehingga menyebabkan naiknya berat badan. Jika kamu memang sedang dalam program penggemukan, tak masalah jika kamu mengkonsumsi roti berupa sandwich atau roti manis lainnya pada malam hari. Tapi jika tidak, kamu disarankan untuk memakan oat untuk membuatmu kenyang pada malam hari daripada memilih makanan lainnya.

Makan malam memang sebaiknya tidak dalam porsi yang berlebihan. Lebih baik lagi jika kamu memakan makanan yang sehat setiap harinya demi menjaga kondisi badanmu agar selalu sehat.