Kecap sering dianggap sebagai penyedap makanan yang opsional. Kalau ada oke, kalau nggak ada ya nggak apa-apa. Padahal, rasa gurih-manisnya yang khas bisa langsung menyedapkan makanan yang tadinya hambar.

Pun banyak juga dari kamu yang “mengidolakan” kecap. Mau makan apapun, rasanya nggak afdol kalau nggak ada kecap. Nasi sama kerupuk juga lahap aja kamu makan asal ada kecap di atas meja makan.

Nah, kalau kamu suka banget sama kecap, kenapa nggak coba resep-resep di bawah ini? Kali ini, Hipwee akan bagi-bagi resep sederhana yang bisa kamu coba dengan kecap kesayanganmu. Lihat yuk apa saja!

1. Kamu yang mau menu sederhana tinggal bikin nasi kecap ala mahasiswa. Menu favorit di tanggal-tanggal tua

menu kebanggaan anak kos via www.kaskus.co.id

Advertisement

Kalau kamu mahasiswa atau pernah jadi mahasiswa, pasti kenal banget ya sama menu yang satu ini. Ibarat pakaian, menu ini juga punya timing-nya sendiri. Biasanya makanan ini akan populer menjelang akhir bulan. Rasanya sederhana, tapi mengenyangkan. Bikinnya juga nggak ribet, kamu hanya butuh niat.

Bahan:

  • Nasi
  • Kecap merk apapun
  • Telur (opsional)
  • Kerupuk (opsional)

Cara membuat:

  • Taruh nasi di atas piring, kemudian tuangkan kecap. Silakan membentuk motif apapun yang kamu inginkan.
  • Tambahkan telur ceplok atau dadar jika budget-mu masih memungkinkan
  • Kalau kamu nggak punya telur, tapi punya kerupuk, boleh juga ditambahkan
  • Siap dimakan! Hehe

2. Coba juga yuk orek tempe bumbu kecap ini.

orek tempe bumbu kecap via resep.com

Kalau kamu vegetarian atau bosan makan daging-dagingan, jangan khawatir. Tempe, makanan rakyat dengan harga super murah ini, akan menjadi penyelamatmu. Selain bisa dijadikan gorengan ataupun mendoan, tempe juga bisa dimasak dengan banyak variasi resep lho. Kalau kamu lagi buru-buru, resep Orek tempe ini bisa jadi alternatif. Masaknya cuma butuh 20 menit!

Bahan:

  • Tempe 250 gram (dipotong dadu)
  • Cabai merah 2 buah (iris serong)
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 1 batang (memarkan)
  • Kecap manis 4 sendok makan
  • Air 350cc
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis semua bumbu (cabai, bawang putih, jahe, daun jeruk, daun salam, dan serai) sampai harum
  2. Masukkan tempe yang telah dipotong-potong
  3. Tambahkan kecap manis, masak sampai matang
  4. Orek tempe siap kamu santap.

Resep ini diolah dari Anekakreasi

3. Gak perlu pergi ke luar kota buat menu ini. Nasi tahu kecap/Nasi Gimbal Semarang bisa kamu bikin sendiri!

nasi telor tahu kecap via www.vemale.com

Kamu pernah nyobain tahu gimbal ala Semarang? Atau sego tahu ala Ponorogo? Yak, betul. Tempe dan tahu yang sederhana ini bisa menjadi makanan yang super lezat bila dipadukan dengan kecap.

Nggak perlu jauh-jauh ke Semarang atau Ponorogo. Kamu bisa membuat tahu telur sendiri di rumah. Bahannya mudah, dan bikinnya nggak ribet. Nggak percaya? Ini dia…

Bahan Tahu Telur:

  • 2 butir telur yang dikocok hingga berbusa
  • 2 potong tahu putih yang dicincang kasar
  • 1 batang daun bawang yang dipotong halus
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan Saus Kacang:

  • 5 butir cabe merah keriting yang digoreng
  • 3 butir cabe rawit yang digoreng
  • 3 butir bawang putih yang digoreng
  • 100 gram kacang tanah yang digoreng hingga matang
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 150 ml air panas

Cara Membuat:

  1. Kocok telur hingga berbusa
  2. Tambahkan garam, merica bubuk, dan tahu yang telah dicincang. Aduk hingga merata.
  3. Panaskan minyak dan goreng adonan telur hingga warna berubah menjadi kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan saus kacang. Tumbuk kacang tanah yang telah digoreng bersama cabe dan bawang putih. Kalau kamu nggak mau ribet, cukup beli sambel pecel di sekitarmu, kemudian cairkan dengan air. Tambahkan kecap, dan aduk sampai merata.
  5. Taruh tahu telur yang telah digoreng di atas piring, kemudian siram dengan saus kacang dan kecap. Jeruk nipis boleh ditambahkan untuk memperkaya rasa.
  6. Tahu gimbal ala rumahan siap kamu nikmati

Resep ini diolah dari Resepkoki

4. Resep nasi telur terlalu sederhana buatmu? Coba deh telur ceplok siram kecap ini

telur ceplok saus kecap via www.resepmasakanonline.com

Kalau nasi putih, telur ceplok dan kecap terlalu sederhana buatmu, jangan sedih. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan sedikit bumbu dapur yang sederhana. Telur ceplok siram kecap ini akan terasa lebih lezat dan gurih.

Apa aja bahannya? Simak yuk!

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 2 cm jahe, cincang
  • 2 sendok kecap manis
  • 1 sendok kecap asin
  • sesuai selera daun bawang
  • secukupnya garam dan gula
  • cabai rawit sesuai selera

Cara membuat:

  1. Pertama-tama ceplok telurmu. Matang, setengah matang, atau semi gosong, tergantung seleramu.
  2. Tumis bawang putih dan jahe sampai berbau harum, lalu beri air secukupnya.
  3. Tambahkan kecap manis dan asin, garam dan gula, tumis sampai mendidih
  4. Setelah mendidih, masukkan telur ceplok yang tadi sudah digoreng. Jangan lupa diaduk ya.
  5. Terakhir masukkan cabai rawit dan daun bawang, dan tunggu sampai bumbunya meresap.
  6. Kurang lebih 5 menit, kamu bisa mencicipi hasil karyamu ini.

Resep ini diolah dari cookpad

5. Kamu yang suka pedas-pedas nggak boleh ketinggalan sambal rawit kecap

Meski manis, kecap bisa diolah menjadi sambal juga lho. Rasa manisnya yang dikombinasi dengan pedas dan asam, jadilah menu kaya rasa. Nggak perlu tambahkan apa-apa lagi, cukup tempe goreng dan nasi goreng yang mengepul.

Mau coba? Ini dia resepnya.

Bahan:

  • 3 Buah Bawang Merah (iris kecil-kecil)
  • 1/2 Buah Bawang Bombay (iris kecil-kecil)
  • Segenggam Cabai Rawit (iris kecil-kecil)
  • Secukupnya Kecap Manis
  • 1 tbs Kecap Asin
  • 1 Buah Jeruk Nipis
  • 1 tbs olive oil (atau minyak goreng)

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan bawang merah & bawang Bombay yang telah diiris. Tumis hingga harum tapi jangan sampai layu.
  2. Tambahkan cabe rawit dan tumis sebentar
  3. Masukkan dalam mangkuk, campurkan kecap manis, kecap asin, dan jeruk nipis. Aduk rata.
  4. Kombinasikan dengan nasi hangat dan tempe goreng setengah matang. Sedaaap.

Resep ini diolah dari cookpad

6. Coba juga cumi masak kecap ini. Sajian lezat yang nggak pernah pakai ribet`

cumi masak kecap via cookpad.com

Penyuka makanan laut pasti tahu kalau cumi gak cuma terkenal dengan tintanya, tapi juga dagingnya yang empuk, kenyal, dan gurih. Kamu pasti sering kan menemukan cumi tumis pedas di warteg-warteg? Nah, biar bervariasi, kali ini Hipwee akan share resep Cumi Masak Kecap.

Bahan :

  • 500 gram cumi sedang, bersihkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:

  • 4 buah bawang merah
  • 2 slung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 ruas jari kunyit

Cara membuat:

  • Haluskan semua bumbu (bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan kunyit)
  • Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas hingga berbau harum
  • Kemudian masukkan cumi dan aduk rata.
  • Tambahkan kecap manis, air asam jawa, dan garam, masak hingga bumbu meresap dan matang.
  • Sajikan segera selagi panas.

Resep ini diolah dari Hobi Masak.

7. Mau resep yang lebih menantang? Sate Ayam Jamur ini bisa kamu coba

sate ayam jamur via www.pewarta-indonesia.com

Kamu penggemar sate? Udah biasa ya kalau makan sate ayam atau sate kambing. Sekali-kali yuk bereksplorasi dengan bahan lain yang nggak kalah sedap. Jamur bisa jadi alternatif lho. Selain lezat, bahan satu ini juga menyehatkan.

Ini nih resepnya untuk kamu yang ingin coba sate jamur.

Bahan:

  • 200 gram Ayam paha tanpa tulang, potong dadu
  • 100 gram Oyster mushroom, potong seperti ayam
  • 20 gram Batang ketumbar, cincang halus
  • 10 gram Bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm Saos tiram
  • 5 sdm Kecap asin
  • 1 sdm Kecap Manis
  • 2 sdm Minyak goreng

Bahan untuk sambal kecap

  • 100 ml Kecap Manis
  • 50 gram Tomat, buang isi, potong dadu kecil
  • 50 gram Timun, buang isi, potong dadu kecil
  • 5 gram Bawang putih, potong dadu kecil
  • 5 gram Bawang merah, potong dadu kecil
  • 1 buah cabe rawit merah dan hijau, atau sesuai selera, iris tipis
  • 1 buah jeruk limau
  • 2 gram bawang goreng

Cara membuat:

  1. Pertama-tama siapkan bumbu untuk merendam ayam. Campur semua bumbunya, dan aduk hingga gula pasir larut dan semuanya tercampur.
  2. Potong-potong jamur dengan ukuran dadu atau sesuai seleramu. Lalu rendam ayam dan jamur dalam bumbu selama kurang lebih 2 jam.
  3. Setelah 2 jam, tusuk dengan tusuk sate bersilangan.
  4. Siapkan sambal kecap, campur semua bahan dan tambahkan air perasan jeruk limau
  5. Bakar Sate ayam hingga matang.
  6. Sajikan sate di atas sambal kecap.
  7. Yummy!

Resep diolah dari Pewarta Indonesia

 

8. Yang suka rasa manis-pedas khas kecap, bisa coba Telur Puyuh Bumbu Kecap Pedas ini

telur puyuh masak kecap via www.resepresepmasakan.com

Telur puyuh ini nggak cuma bentuknya aja yang imut-imut dan menggoda banget untuk dicemil, tapi bisa juga dijadikan bahan dasar berbagai masakan lho. Hampir sama seperti telur ayam, telur puyuh juga bisa dimasak dengan berbagai variasi resep.

Nah, buat kamu pecinta kecap dan pedas yang ingin mengkombinasikan dengan telur puyuh, kamu bisa coba resep ini.

Bahan-bahan

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 300 ml santan
  • 7 butir bawang merah, diiris halus
  • 3 siung bawang putih, diiris halus
  • 24 butir telur puyuh, direbus kemudian digoreng
  • 4 buah cabe merah
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
  • 3 cm kayumanis
  • 2 butir cengkih
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong

Cara Membuat:

  • Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah (kalau kamu suka pedas, bisa diganti dengan cabe rawit), tomat, jahe, kayu manis, dan cengkih sampai baunya harum.
  • Masukan telur puyuh yang telah direbus dan digoreng, kemudian aduk sampai semua tercampur.
  • Tambahkan kecap manis, pala bubuk, garam, dan juga merica. Jangan lupa untuk mengaduk hingga merata
  • Sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk, tambahkan santan.
  • Masak hingga santan menjadi kental.
  • Selamat makaan!

Resep ini diolah dari Resep Makan

 

9. Resep-resep di atas terlalu sederhana? Saatnya coba Semur Daging Istimewa

semur daging masak kecap via forum.kompas.com

Siapa yang nggak tahu semur? Menjelang idul fitri atau idul adha, atau acara apa saja yang agak penting, semur menjadi hidangan yang familiar. Cara membuatnya mudah, bahan-bahannya pun sederhana. Rasanya tergantung keinginan. Mau dibuat manis, boleh, sedikit pedas juga nikmat.

Semur banyak variannya. Tapi kali ini hipwee ingin bagi-bagi resep untuk semur daging. Kalau kamu langsung kepengin, nggak perlu nunggu sampai idul fitri atau idul adha. Buruan cari bahannya di supermarket terdekat!

Bahan:

  • 500 gram         daging sapi
  • 8 buah             bawang merah
  • 1 buah             tomat
  • 5 buah             cabe merah
  • 1 buah             jahe (kurang lebih berukuran 4 cm)
  • 3 buah             kemiri
  • 2 batang          serai
  • ½ sendok teh   merica
  • 5 buah             cengkeh
  • ½ sendok teh   pala bubuk
  • 1 sendok teh    garam
  • 100 ml             kecap manis
  • 1 liter               air bersih
  • Secukupnya     minyak goreng

Cara membuat:

    1. Rebus sebentar daging sapi dan tiriskan, kemudian potong-potong dengan ukuran yang kamu suka, pokoknya jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Yang pas-pas aja.
    2. Haluskan bawang merah, jahe, kemiri, bawang putih, dan tomat
    3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan yang telah diberi minyak goreng. Tumis dengan api sedang sampai baunya harum
    4. Tambahkan serai, pala bubuk, merica, cengkeh, dan garam. Aduk hingga merata
    5. Masukan daging yang telah direbus dan dipotong-potong ke dalam bumbu, aduk lagi hingga merata
    6. Kemudian masukkan daging dan bumbu yang telah bercampur ke dalam air kaldu (air bekas rebusan daging).
    7. Masukkan garam dan kecap manis sesuai selera. Jangan lupa aduk hingga merata.
    8. Masak sampai dagingnya benar-benar lunak.
    9. Yeay! Semur istimewa sudah siap disantap!

    Resep diolah dari Resep Indonesia.

    Sekarang kamu lagi ngebayangin nyobain makan yang mana?