Bagi sebagian besar orang, air mawar dikenal sebagai produk kecantikan yang kerap digunakan sebagai campuran masker. Ramuan tradisional ini dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyaknya. Air mawar ini punya sifat antiseptik dan antiinflamasi yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain untuk mencampur masker, air mawar juga bisa kamu manfaatkan untuk perawatan kulit wajah dan rambut berikut.

1. Air mawar bisa membantu mencerahkan kulit wajah, khususnya di kelopak mata bagian bawah

mencerahkan mata panda via bambuearth.com

Advertisement

Kandungan vitamin A dan E dalam air mawar bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah, sehingga berkhasiat untuk mencerahkan kulit, khususnya di bagian kelopak mata. Kalau kamu punya mata panda karena sering begadang, coba aplikasikan kapas yang telah diberi air mawar, lalu diamkan selama kurang lebih lima menit.

2. Air mawar juga bisa difungsikan sebagai toner untuk menyegarkan kulit wajah

sebagai toner via myciin.com

Air mawar juga bisa kamu gunakan sebagai toner dan diaplikasikan usai menggunakan pembersih wajah. Caranya cukup tuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah setelah menggunakan pembersih. Kamu juga bisa memindahkan air mawar pada botol spray biar nanti tinggal semprot-semprot saja. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

3. Antiseptik yang terkandung dalam air mawar juga bisa jadi agen pencegahan jerawat di wajahmu lo!

pencegahan jerawat via www.wildfornature.com

Selain menggunakan air mawar secara teratur setiap hari, perawatan lain yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan fungsi air mawar adalah dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar. Gunakan pasta ini sebagai masker dan aplikasikan setelah membasuh wajah dengan air hangat.

4. Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds yang punya kandungan vitamin C sebagai agen antioksidan

bikin awet muda via www.medicalnewstoday.com

Advertisement

Lewat nutrisi yang meresap ke dalam kulit, air mawar mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Kunci awet muda yang murah meriah nih!

5. Air mawar punya sifat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya

antiinflamasi via www.luco.kz

Selain mengurangi peradangan, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Tak hanya menyegarkan, air mawar juga memberikan efek relaksasi atau menenangkan

efek relaksasi via www.allure.com

Untuk mendapatkan manfaatnya ini, kamu bisa gunakan air mawar sebagai campuran untuk berendam dengan air hangat. Kamu bisa mencampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merelaksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

7. Terakhir, air mawar pun bisa menyehatkan kulit rambut yang kering dan menghilangkan ketombe

untuk rambut juga via www.thisisinsider.com

Jika kulit rambutmu kering dan mudah kotor? Kamu bisa membersihkan bagian kulit kepala yang kering dan kotor menggunakan air mawar. Kandungannya yang antiseptik mencegah terjadinya iritasi. Air mawar juga mampu menghilangkan ketombe pada rambut lo. Dan juga, bisa dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Ternyata banyak juga ya fungsi air mawar untuk perawatan kulit wajah dan rambutmu. Kamu tinggal beli air mawar yang tersedia di toko-toko terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Atau kamu bisa membeli versi yang lebih murninya untuk manfaat yang maksimal. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya