10 Bahan Pupuk Alami untuk Suburkan Tanaman. Praktis dan Mudah Didapat!

Nggak perlu repot-repot beli pupuk di toko

Tren bercocok tanam semakin melejit ketika pemerintah menerapkan kebijakan PPKM untuk seluruh masyarakat. Masyarakat mulai mencari dan melakukan aktivitas baru yang menyenangkan dan tidak membosankan serta dapat meningkatkan mood. Salah satu yang banyak digemari adalah bercocok tanam.

Advertisement

Namun, sejatinya ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika bercocok tanam maupun merawat tanaman agar tetap tumbuh sehat dan subur. Untuk membuat tanaman tumbuh subur, diperlukan pemilihan pupuk yang tepat. Pupuk yang dinilai paling tepat digunakan adalah pupuk organik.

Keunggulan pupuk organik

Dibanding dengan pupuk buatan, pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap sehingga akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah dengan lebih baik. Pupuk organik juga mampu meningkatkan struktur tanah sehingga tanaman dapat tumbuh lebih kuat.

Bahan alami yang bisa dijadikan pupuk organik

Kamu bisa membuat pupuk alami dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumahmu. Kamu akan jauh lebih hemat dalam hal perawatan, bukan? Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa kamu jadikan pupuk organik.

Advertisement

1. Abu kayu bakar

bahan pupuk alami

Abu kayu bakar | Creadit: Pixabay

Mungkin saat ini sudah jarang ditemukan masyarakat yang memasak menggunakan kayu bakar. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya abu kayu bakar bisa membantu tanaman untuk tumbuh subur. Bahkan, kandungan alkali yang cukup tinggi pada abu kayu bakar juga dapat digunakan untuk menetralkan tanah asam. Namun, sebelum kamu tambahkan ke media tanam, pastikan dulu bahwa abu kayu bakarmu telah dingin, ya.

2. Ampas kopi

bahan pupuk alami

Bubuk kopi bisa suburkan tanaman | Creadit: Piqsels

Setelah ayah kamu meminum kopi, pasti di cangkirnya masih tersisa ampas kopi. Biasanya, kamu akan langsung membuangnya sebab ampas kopi kerap dianggap sebagai limbah, padahal ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami tanaman.

Advertisement

Bubuk ampas kopi dapat menyehatkan dan menguatkan tanaman karena memberikan nutrisi berupa fosfor, kalium, kalsium, dan nitrogen. Daur ulang ampas kopi bisa juga digunakan untuk membantu mengasamkan tanah di beberapa jenis tanaman penyuka asam seperti mawar, bluberi, tomat, cemara, dan azalea. Ampas kopi akan membuat media tanam menjadi asam, sehingga tanaman tersebut akan tumbuh subur.

Untuk membuat pupuk dari ampas kopi, kamu bisa langsung menaburkannya ke dalam pot tanaman atau merendamnya terlebih dahulu selama satu minggu.

3. Ampas teh

bahan pupuk alami

Ampas teh | Foto dari Skitterphoto oleh Paxels

Tidak hanya ampas kopi saja yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat pupuk alami. Kandungan nitrat dalam ampas teh mudah diserap oleh tanaman sehingga dinilai cocok untuk menyuburkan tanaman.

Selain itu, bubuk teh bekas mengandung nutrisi dan asam tanat yang bisa membuat tanah lebih subur untuk tanaman. Bubuk teh juga akan meningkatkan kadar nutrisi dan kualitas tanah ketika terurai.

4. Ampas kelapa

bahan pupuk alami

Ampas kelapa | Creadit: Wikimedia Commons

Sisa ampas kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai pupuk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pupuk dari ampas kelapa mengandung kadar protein kasar dan lemak kasar yang tinggi untuk membantu penyuburan serta membuat tanaman cepat berbunga dan berbuah.

5. Cangkang telur

bahan pupuk alami

Cangkang telur | Creadit: Piqsels

Kulit telur mengandung 95% mineral, 37% kalsium karbonat, magnesium, kalium, besi, dan fosfor yang berguna untuk menyuburkan media tanam. Untuk membuatnya, cukup cuci cangkang telur dan hancurkan. Kemudian masukkan cangkang telur yang sudah dihancurkan ke media tanam.

Selain berguna untuk menyuburkan media tanam, cangkang telur juga bisa bermanfaat untuk mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman tomat, paprika, dan terong.

6. Kulit pisang

bahan pupuk alami

Kulit pisang jangan langsung dibuang, gunakan untuk penyubur media tanam | Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Kandungan kalium dan fosfor dalam kulit pisang akan memperkaya nutrisi tanah sehingga membuat tanaman menjadi lebih kuat.

Untuk membuat tanaman tomat, semak mawar, dan paprika hijau tumbuh subur, kamu bisa memotong kulit pisang menjadi bagian yang sama rata kemudian kubur di dalam media tanam. Tunggu hasilnya, tanamanmu akan tumbuh subur.

7. Kulit bawang

bahan pupuk alami

Kulit bawang | Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Kulit bawang adalah jenis sampah dapur yang hampir ditemukan setiap harinya. Daripada kamu membuangnya, lebih baik kamu manfaatkan kulit bawang untuk membuat pupuk kaya kalium yang dapat meningkatkan resistensi penyakit, pertumbuhan batang, dan produktivitas yang lebih kuat.

Cara membuat pupuk alami dari kulit bawang cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar kulit bawang dan rendam dengan air selama semalam. Nah, air rendaman inilah yang kamu gunakan untuk menyiram tanaman sebagai pupuk alami. Nggak ribet, kan?

8. Soda club

Soda club memiliki kandungan makronutrien, seperti karbon, oksigen, hidrogen, fosfor, kalium, belerang, dan natrium yang bermanfaat untuk membuat tanaman tumbuh besar. Hal ini sesuai dengan penelitian dari University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, yang membuktikan bahwa soda club yang disiramkan ke tanaman selama 10 hari akan membuat tanaman tumbuh lebih besar dan subur.

9. Air akuarium

Air akuarium

Air akuarium | Creadit: Pixabay via pixabay.com

Ketika kamu menguras akuariummu, tumpahkan saja air akuarium mu secara merata ke tanaman hias milik mamamu. Limbah dan bakteri dalam air akuarium memiliki manfaat untuk menyuburkan tanaman. Tapi, pastikan bahwa air akuarium yang digunakan adalah air tawar, ya SoHip.

10. Daun kering

bahan pupuk alami

Daun kering bisa jadi pupuk | Foto oleh lilartsy dari Pexels

Pasti di halaman rumahmu banyak daun kering yang berjatuhan, kan? Nah, daripada dibakar lebih baik dimanfaatkan sebagai pupuk. Kandungan trace mineral dalam daun membantu membuat tanah yang berat menjadi lebih ringan.

Untuk menjadikan daun kering sebagai pupuk tanaman, kamu cukup membiarkannya saja hingga membusuk. Atau kamu juga bisa menghancurkannya kemudian mencampurkannya dengan tanah guna menanam tanaman. Mudah banget, kan?

Terbukti bahwa bahan-bahan alami yang digunakan untuk pembuatan pupuk organik sangat mudah di temukan di sekitar rumahmu, bahkan sampah dapur pun bisa kamu manfaatkan sebagai pupuk tanaman. Jauh lebih hemat dan sehat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE