6 Trik Bakar Kalori Lebih Hanya dengan Jalan Kaki. Nggak Secapek Jogging, Tapi Bikin Ramping

Bakar kalori dengan jalan kaki

Kalau ingin menurunkan berat badan, kamu perlu melakukan olahraga yang bisa membakar kalori. Nggak harus mengeluarkan kocek yang dalam, cukup dengan jalan kaki pun, kamu bisa melakukan pembakaran kalori yang hampir setara dengan lari lo!

Memang harus ada sedikit upaya supaya intensitas jalan kaki bisa sama dengan ketika kamu lari. Berikut beberapa hal mesti kamu lakukan supaya pembakaran kalori saat jalan kaki bisa maksimal, menurunkan berat badan pun lebih enteng rasanya.

1. Tambahlah kecepatan agar pembakaran kalori dengan jalan kaki bisa lebih tinggi

jalan cepat via www.verywellfit.com

Advertisement

Memang, jalan kaki sepelan apa pun lebih bisa membakar kalori daripada cuma rebahan. Tapi, kalau mau lebih optimal, kamu bisa melakukan brisk walking, yakni jalan dengan kecepatan yang lebih tinggi seperti biasa. Atau, mudahnya berjalanlah seperti sedang terburu-buru. Jalan cepat gitu~

2. Sepele memang, tapi mengayunkan tangan sambil berjalan juga bisa bantu membakar kalori lo!

sambil mengayunkan tangan via www.verywellfit.com

Selain bikin makin nyaman, mengayunkan tangan sambil jalan bisa membakar 15 persen kalori yang lebih banyak lo! Bahkan ini setara dengan kamu lari di tempat selama 15 menit.

3. Selain kecepatan, kamu bisa menambah waktu berjalanmu

menambah waktu via www.sbs.com.au

Berjalan dengan waktu dua kali lebih lama bisa membakar kalori hingga 50 persen lebih banyak. Kalau ingin lebih maksimal, kamu bisa mengambil langkah pendek dan cepat. Jika capek, istirahatlah selama satu menit, lalu jalanlah lagi sebanyak 100 langkah.

4. Kalau sudah terbiasa jalan cepat, cobalah berjalan di tanjakan

jalan di tanjakan via www.rei.com

Advertisement

Rute menanjak bisa bikin otot, pernapasan, dan jantungmu makin terlatih. Nggak harus langsung, kamu bisa melakukan ini secara perlahan supaya tubuh nggak kaget dan mudah capek.

5. Alih-alih jalan bersama teman, kamu justru dianjurkan melakukannya sendiri

jalan sendiri via afri-pulse.net

Jalan kaki bareng teman seringnya malah justru lebih banyak ngobrol dan bercanda. Mending jalan kaki sendiri supaya lebih fokus dan jarak yang kamu tempuh bisa lebih panjang.

6. Lakukan secara teratur, supaya efeknya makin cepat terasa

lakukan secara teatur via www.geelongmedicalgroup.com.au

Sama seperti program diet atau olahraga lainnya, kalau mau lakukan cara ini secara rutin, berat badanmu bisa turun dengan signifikan. Nggak cuma kurus, badan pun akan jadi lebih sehat dan bugar tentunya.

7. Jangan lupa, hitunglah setiap progres dan jarak yang kamu tempuh saat berjalan

pakai aplikasi via www.verywellfit.com

Setiap jalan, milikilah catatan mengenai sebarapa jauh kamu sudah berjalan kaki. Ada beberapa aplikasi kok yang bisa kamu pakai, seperti Activity Tracker misalnya.

Memang, nggak bisa instan untuk menurunkan kalori maupun berat badan. Tapi jika kamu konsisten, jalan kaki pun bisa kok membuatmu lebih kurusan. Usahakan untuk rutin lakukan trik jalan kaki di atas supaya hasilnya benar terasa. Jadi, nggak cuma pegal saja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE