Kalau Nggak Kenal-Kenal Amat, Mending Jangan Asal Meminjamkan 6 Benda ini ke Orang Lain

barang yang tidak boleh dipinjamkan

Saat pergi keluar rumah, ada beberapa barang yang biasanya dibawa sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Aneh dan hambar rasanya jika barang-barang ini nggak ada di tas bawaan. Meski begitu, ada saja hal-hal yang bikin benda-benda ini rawan ketinggalan. Padahal kegunaannya cukup vital. Nah, dalam situasi kayak gini, mau nggak mau mesti pinjam ke orang lain agar aktivitas kita tetap berjalan seperti biasanya.

Advertisement

Tapi ternyata, ada beberapa barang yang sebaiknya jangan dipinjamkan ke orang lain karena alasan kesehatan seperti mencegah penularan bakteri dan penyakit. Biar kamu nggak ceroboh lagi, perhatikan lisnya berikut ini.

1. Jadi tempat berkembang-biaknya kuman, handuk yang kamu pakai nggak boleh asal dipinjamkan ke orang lain lo, sekalipun itu anggota keluargamu

Dipakai sendiri saja sudah jadi sarang kuman, apalagi kalau kamu pinjamkan ke orang lain. Handuk yang kamu pakai bersamaan dengan orang lain akan menimbulkan infeksi bagi pemakainya. Untuk menghindari hal tersebut, jangan pinjamkan handuk kepada orang lain dan seringlah mencuci handukmu agar terhindar dari kuman penyakit.

2. Memakai sisir secara bergantian dapat meningkatkan risiko penyebaran parasit pada rambut lo!

Menurut riset, rambut dan kulit kepala sama halnya dengan anggota tubuh lain yang rentan terhadap penyakit. Mulai sekarang, hindari menggunakan sisir secara bergantian untuk mencegahnya timbulnya kutu dan kurap pada kulit kepala. Kalau ingin berbagi sisir, bersihkan sisirmu dengan sabun, tisu basah atau alkohol lebih dahulu.

Advertisement

Kecuali kamu memang udah kenal dan paham banget kalau orang yang kamu pinjami sisir itu aman dari kutu rambut, ya.

3. Meski terkesan intim, sebisa mungkin hindari menggunakan earphone bersama-sama dengan orang lain

Earphone via www.banggood.com

Bukannya pelit, tapi lebih baik jika kamu nggak memakai earphone bersamaan dengan orang lain. Ternyata hal ini bisa meningkatkan risiko tumbuhnya bakteri dalam telinga lo. Ih, sereeeem~

4. Meski terkesan sepele, ternyata kamu juga nggak boleh lo meminjamkan kuas atau makeup spone ke orang lain yang belum kenal dekat

Kuas makeup via www.jakartanotebook.com

Sponge atau kuas juga sering jadi sasaran untuk dipinjam-pinjamkan ke orang lain. Padahal, kamu nggak boleh sembarangan meminjamkan barang yang bersentuhan dengan cairan seperti air mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau jerawat nanah ini lo!

Advertisement

5. Banyak yang belum tahu, bahwa gunting kuku pun sebaiknya nggak dipinjamkan ke orang lain

Gunting kuku via www.tokopedia.com

Kita nggak bisa melihat bakteri, virus, atau jamur yang ada pada kuku manusia. Makanya, nggak saling pinjam gunting kuku satu sama lain untuk dipakai sehari-hari jadi metode yang aman agar terhindar dari risiko penyakit HPV (human papillomavirus).

6. Untukmu yang suka menggunakan makeup, lipstik atau pun lip balm juga nggak boleh sembarangan dipinjamkan ke orang lain

Lip balm via brandless.com

Di bagian bawah permukaan bibir terdapat pembuluh darah yang menyimpan virus dan mikroba. Nah, dari sinilah virus herpes jadi mudah ditularkan. Makanya, daripada kenapa-kenapa, nggak ada salahnya untuk nggak meminjamkan lipstik maupun lip balm kepada orang lain.

Itu tadi beberapa benda yang nggak boleh sembarangan kamu pinjamkan ke orang lain. Jadi, usahakan untuk selalu menghindari bertukar benda-benda pribadi yang melibatkan kontak langsung dengan kulit dan mukosa (seperti mulut dan mata). Tapi, kalau kamu sudah terlanjur meminjamkannya, cuci bersih dengan air hangat atau usap dengan alkohol untuk membunuh kuman yang mungkin ada.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE