7 Trik Biar Badan Nggak Langsung Melar Meski #diRumahAja. Boleh Nyemil, Tapi Ada Aturannya

Berat badan stabil selama WFH

Selain bosan, salah satu masalah yang sering dikeluhan kebanyakan orang ketika di rumah saja ialah berat badan yang bertambah. Dilansir dari Kompas, ahli gizi Jaclyn Reutens menyebut bahwa terbatasnya ruang gerak cenderung membuat nafsu makan melonjak. Makanya, wajar jika saat berada di rumah kita cenderung jadi lebih doyan makan atau jajan.

Advertisement

Sebenarnya mencamil sih boleh saja, asal yang dikonsumsi merupakan makanan sehat. Nah, biar badan nggak melar dan berat tetap stabil, Hipwee Tips punya beberapa trik sederhana buat menjaganya. Bisa dipraktikkan segera, sebelum terlanjur melar.

1. Sebelum mulai bekerja, sempatkan untuk melakukan olahraga ringan

Nggak mesti keluar rumah, kamu bisa kok melakukan latihan ringan khususnya yang masuk ke golongan bodyweight training. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan seperti push up, squat, dan plank. Dalam sehari kamu bisa melakukan tiga jenis gerakan, dengan repetisinya 10 sampai 15 kali tapi dibuat tiga set pengulangan biar lebih efektif.

2. Meski tengah menjaga berat badan, sarapan tetap tak boleh terlewat

Sekalipun sibuk, kamu tetap mesti sarapan lo! Melansir dari laman CNN, waktu terbaik untuk sarapan ialah dua jam setelah bangun tidur. Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya pisang atau roti panggang dengan alpukat 20 hingga 30 menit sebelum melakukan olahraga pagi. Tapi, kalau kuat berolahraga meski belum makan, waktu makan bisa digeser setelah berkeringat, namun tetap dengan sajian menu yang sama, ya!

Advertisement

3. Batasi konsumsi minuman manis dengan menyediakan air putih di meja kerja

Konsumsi air putih yang cukup bisa membuat jaringan dalam tubuh bekerja lebih optimal. Alih-alih membuat minuman manis, mending sediakan air putih di meja kerjamu. Jadi, kalau haus minum itu saja. Kalau memang pengen minuman rasa-rasa, kamu bisa membuat jus buah tanpa campuran gula dan susu. Minum es teh juga boleh kok, tapi sesekali saja dan jangan pakai gula.

4. Di jam rawan, sediakan buah potong sebagai pengganti camilan tak sehat

Biar nggak bosan, buah juga bisa kamu jadikan olahan. Misalnya dengan dibuat jadi rujak atau asinan. Selain buah, kamu juga boleh mengonsumsi camilan yang kaya protein, seperti granola atau kacang kedelai.

5.  Meski begitu, kamu tetap harus makan tiga kali sehari

Biar nggak mengalami kenaikan berat badan, makannya mesti sesuai waktu yang dianjurkan. Kalau pun memang harus mencamil, tentukan juga waktunya, jangan setiap jam makan. Pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat selama di rumah. Jika memang mau makan camilan berat, kurangi porsi nasimu, ya!

Advertisement

6. Biar nggak bosan, sedaikan waktu untuk cheating tapi cukup dua kali saja seminggu

Boleh kok cheating, tapi setelahnya kamu tetap harus membakar kalori dengan melakukan latihan ringan. Jadi, nggak cuma olahraga saat mau kerja, sore hari atau bahkan waktu lagi kerja usahakan buat banyak gerak. Misalnya, sambil istirahat bisa lari di tempat 10 sampai 15 menit.

7. Biar terkontrol, kamu harus rutin menimbang berat badan

Waktu terbaik untuk menimbang berat badan ialah pagi hari setelah bangun tidur. Sebab, di jam ini berat badan asli kita akan benar-benar terlihat karena kita belum makan dan melakukan aktivitas apapun. Cobalah menimbang badan di jam yang sama setiap harinya agar berat badanmu lebih terkontrol.

Selain tujuh tips di atas, kamu juga harus memastikan untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Sebab, waktu istriahat bisa mempengaruhi pola makan dan tingkat stres seseorang, lho! Kalau keempat hal ini seimbang, antara makan, tidur, kerja, dan olahraga tubuh nggak akan mengalami kenaikan berat badan kok.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE