Tak selamanya yang bekas itu tak berguna. Kecuali bekas pacar. Eh. Tapi kalau yang ini, sih, bukan tentang bekas pacar. Melainkan tentang barang-barang bekas yang ada dalam garasi atau gudang di rumahmu. Sembari bersih-bersih, tak ada salahnya dong, berkarya dengan barang-barang yang sudah tak berguna.

Apa sajakah itu? Mari, kita coba untuk berkreasi!

1. Drum bekas yang tak layak pakai, sekarang bisa buat kamu nyantai.

Nyaman~ via ideaonline.co.id

Nggak pakai repot, kamu tinggal cat ulang drum bekasmu itu dengan warna kesukaanmu. Potong bagian tengahnya sebagian. Hasil potongan yang berbentuk cekung tadi, tungkupkanlah di sisi drum yang telah kamu potong, seolah membentuk seperti sandaran. Langkah terakhir: masukkan busa atau apapun yang berbahan empuk untuk kemudian dijadikan tempat duduk. Dan, jadilah kursi empuk dari drum bekas!

2. Drum bekas bensin menjelma jadi kapal selam yang (belum) siap menyelam!

Siap menyelam! via blogspot.com

Advertisement

Perlu ketelatenan lebih untuk mengubah drum bekas di garasimu menjadi sebuah kendaraan tempur. Setidaknya, drum bekasmu bisa menjadi sebuah kapal selam yang siap menyelami masa lalumu. Eh. Paling enggak, kamu bisa terkagum-kagum melihat hasilnya.

3. Ban mobil serba guna. Jadi tempat tidur peliharaan, meja kecil, hingga pot bunga.

Ban mobilnya dibalikin! via www.goodhousekeeping.com

Nah, dengan ban mobil bekas yang ada di garasi rumahmu, kamu bisa bikin berbagai barang berguna tanpa harus membeli yang baru. Tinggal dicat warna mentereng atau berikan aksen tali rotan, furnitur dari ban bekas pun bisa kamu dapatkan.

3. Inget nggak kalau masa kecil kita dulu memorable karena sesuatu yang gak biasa? Ban yang udah sobek, bisa bikin masa kecil adik atau ponakanmu bahagia!

Selain bisa jadi perabot rumah, kamu bisa bikin mainan untuk adikmu di luar rumah. Ayunan dengan bahan ban bekas ini cukup bisa membuat adikmu, bahkan kamu sendiri, menjadi bahagia. Belah menjadi dua, kemudian satukan dua bagiannya dengan rangka ayunan. Nggak perlu mahal untuk membuat tawa.

4. Tamanmu bisa terhias dengan memanfaatkan ban bekas.

Tamanmu kini meriah~ via google.com

Ban bekas ini bisa bikin tamanmu meriah! Nggak perlu modal besar untuk bikin tamanmu indah.

5. Pot pecah bisa jadi mini garden yang terlihat wah!

Mini garden. via instagram.com

Ketika kamu menjatuhkan pot kesayangan orangtua, jangan pura-pura nggak tahu. Belajarlah dewasa dengan bertanggung jawab. Kamu bisa bikin minigarden dari pot yang kamu pecahkan. Dengan begitu, kamu akan terlepas dari amukan orangtuamu dan bisa belajar tanggung jawab.

6. Menghias gitarmu dengan potongan CD bekas. Gitarmu makin ngejreng~

Gitarmu makin ngejreng! via www.earthporm.com

Bosan dengan warna dan bentuk gitarmu? Jangan beli yang baru! Cukup hias gitarmu dengan mozaik simpel dari CD bekas yang ada di garasi rumahmu. Memang butuh kesabaran dalam membuatnya. Tapi sabarmu akan terbayar dengan hasil karyamu.

7. Pasang piring ini di dinding rumahmu, agar tampak lebih berkilau.

Makin kilau, makin silau. via cdn.earthporm.com

Potongan CD bekas ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghias atau membuat piring. Kamu bisa memakainya untuk makan atau sekadar hiasan. Kalau untuk makan, pastikan kamu menempel perekatnya dengan rapi untuk menjaga keamaan. Tutorial lebih lengkapnya sendiri bisa kamu simak di sini.

8. Burung indah juga bisa kamu buat dari mozaik CD!

Burung-burungan. via www.earthporm.com

Burung yang terbang di langit-langit rumahmu ini berasal dari CD bekas yang bisa dikreasikan. Kamu juga bisa bikin menjadi seekor tikus, gajah, atau apapun, selama kamu memiliki ketekunan dan kesabaran tingkat dewa.

9. Nggak perlu jauh-jauh ke diskotik. CD bekas ini bikin kamarmu jadi lebih menarik.

Makin larut, makin asyik~ via thewhoot.com.au

Kamu yang suka ke diskotik, kini nggak perlu lagi kena omelan Ibumu karena pulang pagi. CD bekas yang dijadikan satu bola dengan tali ini mampu menjadikan kamarmu bernuansa asyik.

10. Menyimpan kenangan dengan mantan dalam sebuah botol bekas.

Jar of heart. Eh. via blog.dormify.com

Cara yang unik untuk menyimpan kenangan dengan mantan. Tuh, kan. Foto mantan juga masih berguna. Kalau bagimu kenangan dengannya udah nggak istimewa, kamu bisa menyimpan foto keluarga dalam botol bekas ini. :p

11. Botol juga bisa kamu ubah jadi media penerang dalam kegelapan. Atau sekadar hiasan.

Duh, listrik padam! via www.greatdiyprojects.com

Nggak perlu khawatir kalau listrik di rumahmu padam. Kreasikan botol bekas ini menjadi sebuah tempat untuk lilin. Kalau kamu mau romantisan sama pacar, bisa juga kamu pakai botol bekas berisi lilin ini untuk candle light dinner. #tsaah

12. Di garasimu ada banyak kayu? Sulaplah menjadi kendaraan ramah lingkungan!

Ramah lingkungan. via www.damngeeky.com

Daripada tumpukan kayu di garasimu merapuh lesu, mending kamu sulap menjadi kendaraan yang dijamin ramah lingkungan. Selain nggak bakal ditilang polisi, kendaraan dari kayumu ini juga nggak bakal menimbulkan polusi. Iyalah, orang cuma jadi hiasan kok. Hehe..

13. Kayu bekas juga bisa membuatmu menjadi dilirik para gadis. Wuidih, sadis!

Brrrrrrrm! via www.ecns.cn

Wah, cewek mana yang nggak mau kamu ajak keliling kota pakai motor kayu ini? Tapi ingat, ya, demi kenyamanan dan keselamatan, lengkapi ‘kayumu’ ini dengan surat-surat kendaraan!

Kamu bisa bikin Hellboy dari besi berkarat. Tapi ini sih berat, ya?

Hellboy or Ironboy? via kvltmagz.co

Wah, kalau yang ini sih udah masuknya kategori dewa banget yang bikin. Eh, tapi kamu juga bisa bikin sih, asal ada niat dan keuletan.

14. Dan sekarang garasimu sudah tak berantakan. Kamu bisa berkreasi dengan nyaman!

Rapi dan bersih. via www.dailylibertarian.com

Setelah semua barang bekas kamu keluarkan dan kamu ubah jadi barang berguna, kini garasimu menjadi rapi. Kamu nggak perlu repot-repot mencari barang yang susah kamu temukan.

Nah, sekarang kamu bisa mempraktikkannya di rumah. Seenggaknya kamu nggak perlu membeli barang baru, toh barang bekas bisa menjadi lebih bermutu. Dan satu lagi. Kalau garasimu rapi kan enak dipandang mata. Iya, ‘kan? Selamat berkarya, guys!