7 Buah untuk Diet Sehat yang Bikin Kenyang Lebih Lama. Bobot Cepat Susut Tanpa Banyak Usaha

Buah untuk diet

Kunci sukses dalam menurunkan berat badan ialah mengonsumsi makanan yang seimbang. Saat diet, seseorang mesti memperbanyak konsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa memperlancar percernaan. Selain itu, terdapat juga kandungan nutrisi dalam buah yang bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Advertisement

Untuk cara konsumsinya, kamu dapat membuat jus buah untuk diet dan boleh dicampurkan dengan sayur yang bagus untuk diet juga. Namun patuhi aturan makan buah untuk diet supaya manfaatnya tak jadi sia-sia. Misalnya, dengan mengonsumsi buah tertentu untuk sarapan maupun makan malam. Berikut jenis buah untuk diet cepat yang bikin kenyang lebih lama. Khasiatnya nggak kalah efektif dari makanan untuk diet lainnya.

1. Apel cocok dijadikan menu sarapan buah untuk diet sehat. Dengan mengonsumsi buah renyah ini, dijamin kamu akan kenyang lebih lama

apel untuk sarapan | credit: Shelley Pauls via unsplash.com

Selain tinggi serat dan rendah kalori, apel juga mengandung senyawa pektin yang mampu memperlambat proses pencernaan. Dalam satu buah apel sebesar 223 gram mengandung kalori sekitar 116 kalori dan 5,4 geram serat yang dapat membuatmu kenyang lebih lama, dikutip dari Kompas. Saat mengonsumsinya, dianjurkan untuk dimakan bersama dengan kulitnya supaya kandungan serat di kulit apel nggak terbuang sia-sia.

2. Alpukat disebut-sebut sebagai buah untuk diet DEBM yang paling efektif. Pasalnya dalam buah ini terdapat kandungan lemak baik yang cukup banyak

buah alpukat | credit: Louis Hansel @shotsoflouis via unsplash.com

Kunci sukses menjalani diet DEBM ialah mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak konsumsi protein serta lemak. Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah untuk diet yang kaya akan protein serta lemak baik. Salah satunya ialah alpukat.

Advertisement

Dalam alpukat, terdapat kandungan lemak baik yang bisa mengontrol kolesterol dan mencegah diabetes. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk menurunkan berat badan. Mengingat kandungan lemaknya yang baik, alpukat kerap digunakan sebagai buah untuk diet diabetes. Jangan khawatir, kandungan gulanya aman kok asal nggak ditambah susu maupun pemanis lainnya.

3. Pisang memiliki kandungan kalori yang lebih banyak daripada buah lainnya. Namun karena kaya serat, pisang bisa masuk dalam lis buah untuk diet cepat kurus, khususnya buah untuk diet golongan darah B

pisang bikin kenyang | credit: Eiliv-Sonas Aceron via unsplash.com

Mengonsumsi dua pisang berukuran sedang sebetulnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harianmu. Namun supaya nutrisi lainnya tetap terjaga, kamu tetap harus mengonsumsi makanan sehat lainnya. Karena kandungan kalorinya lumayan tinggi, pisang dapat dijadikan sebagai pengganjal lapar pada jam-jam ngemil. Tak jarang, pisang juga disebut sebagai buah untuk diet malam juga, karena bisa menahan rasa lapar sampai keesokan harinya.

4. Jika menginginkan bobot susut secara instan, coba konsumsi saja buah plum yang asam rasanya

buah plum | credit: Joanna Derks via unsplash.com

Walau dianggap sebagai buah yang cocok untuk diet ketat, tapi konsumsi plum juga mesti dibarengi dengan makanan sehat lainnya, contohnya buah pepaya untuk diet. Mengutip laman Healthline, plum mengandung banyak vitamin, mineral, serta antioksidan yang mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Untuk mengonsumsi buah plum, bisa dimakan langsung, dijadikan jus, atau bahkan dikeringkan dan dibuat selai. Tapi supaya nutrisinya tak berkurang, baiknya plum nggak diberi tambahan gula maupun pemanis lainnya.

Advertisement

5. Siapa sangka bahwa jeruk bali ternyata juga bisa digunakan untuk diet. Kandungannya cocok dijadikan sebagai buah untuk diet golongan darah A

jeruk bali untuk diet | credit: Pikist via www.pikist.com

Jeruk bali memiliki kandungan kalori yang cukup kecil tapi tinggi akan vitamin A dan C. Lebih bermanfaatnya lagi, jeruk ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat memperlambat proses pelepasan gula ke dalam aliran darah. Hal tersebut dapat membantu proses penurunan berat badan secara instan sekaligus bisa menjaga ukuran tubuh agar tetap proporsional, baik pada kadar lemak maupun lingkar pinggang.

6. Nanas juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan catatan nggak dikonsumsi berlebihan

buah nanas | credit: Phoenix Han via unsplash.com

Sama halnya dengan buah mangga untuk diet, nanas pun pernah disebut sebagai salah satu buah yang tidak bagus untuk diet. Padahal sekalipun mengandung gula, nanas memiliki kandungan serat, vitamin, serta enzim bromelain yang mampu menguraikan protein serta membantu melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan. Tak sedikit orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan mengonsumsi nanas. Nanas pun kerap dimanfaatkan sebagai salah satu buah untuk diet golongan darah AB maupun buah untuk diet keto.

7. Aneka macam beri pun bisa menurunkan berat badan lo! Bagus sebagai buah untuk diet golongan darah O maupun buah untuk diet karbo

buah beri | credit: Cecilia Par via unsplash.com

Dalam 74 gram bluberi terkandung 42 kalori, sedang dalam 152 gram stroberi terkandung 50 kalori. Sekalipun asupan kalorinya sedikit, setidaknya buah beri ini bisa menyediakan 150 persen kebutuhan vitamin C dan 50 persen mangan setiap harinya. Tak heran jika beri terbukti mengenyangkan saat dikonsumsi. Selain itu, makan beri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan juga peradangan lo!

Walau bisa menurunkan berat badan, tapi tak ada buah yang bisa menurunkan berat badan 1 kg sehari. Kecuali kalau kamu menjalankan diet yang sangat ketat. Tapi melakukannya tak dianjurkan. Nggak usah ngoyo, biarlah susut pelan-pelan yang penting badan tetap sehat dan terasa ‘ringan’.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE