7 Cara Asyik Makan Buah Plum Agar Rasa Asamnya Nggak Begitu Terasa. Nggak Meringis Makannya~

Buah plum

Kalau mampir ke toko buah, nggak jarang kita akan menemukan buah berwarna keunguan, mirip-mirip sama anggur tapi bukan. Ya, buah plum namanya. Buah plum adalah salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di Eropa. Spesiesnya beragam, mulai dari buah plum merah, buah plum ungu, buah plum hitam, hingga buah plum kuning — dengan berbagai ukuran, rasa, dan tekstur. Buah plum relatif rendah kalori dan mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral berbeda yang ampuh cegah penyakit kronis. Terlebih manfaat buah plum hitam yang kaya banget antioksidan.

Advertisement

Di Indonesia sendiri, buah plum kerap dijadikan menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan. Rasa buah plum sendiri cenderung asam, nggak heran kalau nggak banyak penggemarnya, selain juga karena harga buah plum yang lumayan. Sayang, padahal manfaat buah plum istimewa sekali. Nah, buatmu yang nggak kuat dengan rasa asamnya buah ini, berikut cara makan buah plum selain langsung masuk ke mulut. Silakan dicoba!

1. Sama seperti buah-buahan pada umumnya, cara makan buah plum juga bisa dengan mengolahnya menjadi jus segar

Mengolah plum menjadi jus segar juga bisa mereduksi rasa masamnya dengan menambahkan sedikit krim kental manis atau madu di dalamnya. Begini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 2-4 buah plum segar, cuci sampai bersih dan potong menjadi beberapa bagian.
  2. Masukkan potongan buah plum, es batu secukupnya, 2-3 sendok teh krim kental manis atau madu ke dalam blender. Giling sampai halus dan sajikan.
Advertisement

Racikan ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai minuman buah plum untuk diet bagi yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Kandungan gizi dalam buah plum yang dikombinasikan dengan madu efektif melancarkan metabolisme tubuh lo!

2. Mencocol buah plum dengan saus cokelat juga bisa dicoba supaya rasa asamnya nggak begitu terasa

dicocol saus cokelat via www.taste.com.au

Salah satu cara makan buah plum secara langsung agar lebih variatif dan nggak terasa sekali masamnya adalah dengan mencocol atau menyiram potongan buah plum dengan saus cokelat. Selain menggugah selera dan mengurangi rasa asam pada buah plum, cokelat juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hatimu.

3. Cara makan buah plum yang asyik lainnya adalah dengan mengolahnya menjadi salad buah

salad plum via www.foodnetwork.com

Plum bisa dikombinasikan dengan jenis buah segar lainnya seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, atau melon. Potong kecil-kecil buah plum dan buah lainnya, masukkan ke dalam mangkuk, kemudian beri dressing mustard atau madu. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan salad plum dari kulkas dan nikmati selagi dingin.

Advertisement

4. Kombinasikan dengan oatmeal atau sereal gandum lain untuk menambah cita rasanya

taburan di atas oatmeal via www.berrysweetlife.com

Baik oatmeal maupun buah plum, keduanya sama-sama mengandung serat, sehingga mengonsumsi oatmeal yang ditaburi potongan plum adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari sembelit. Cara makan buah plum ini cocok diterapkan untuk ibu hamil yang tengah terkendala sistem pencernaannya. Khasiat buah plum untuk ibu hamil bakal terasa sekali.

5. Mengolah plum menjadi pasta atau saus adalah cara makan buah plum yang cukup unik dan nggak pernah terpikirkan sebelumnya

saus plum via www.thefoodblog.net

Mungkin salah satu olahan buah plum yang satu ini masih terdengar kurang familier bagimu. Tapi kamu bisa mencobanya sebagai variasi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 2-4 buah plum segar, potong menjadi beberapa bagian, dan cuci sampai bersih.
  2. Masukkan potongan plum ke dalam wadah lalu tambahkan 2 1/2 gelas air mendidih. Diamkan beberapa saat.
  3. Masukkan bahan-bahan lain ke dalam mangkuk seperti gandum, kefir, dan biji rami. Aduk buah plum dan semua bahan sampai menjadi pasta.
  4. Terakhir, simpan pasta atau saus plum di dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit. Kemudian, keluarkan dan sajikan selagi dingin.

6. Plum yang dikeringkan tak hanya berkurang rasa asamnya, tapi juga lebih tahan lama

dikeringkan via www.atlasobscura.com

Untuk mengolah buah plum kering, cuci bersih buah plum lalu potong-potong sebelum menjemur atau memanggangnya. Untuk metode menjemur, idealnya plum dijemur selama 3-4 hari agar benar-benar kering. Setelah plum kering, jangan langsung dikonsumsi, melainkan rebus bersama air dengan suhu sekitar 250 derajat Celcius sampai air mendidih. Berbeda dengan buah plum kering yang diolah dengan cara dipanggang.

7. Mencampurkan plum dengan adonan kue atau menjadikannya topping yang cantik dan menggugah selera

dicampur kue via thegarumfactory.net

Menambahkan plum dalam kue bisa menjadi pilihan untuk menikmati buah plum, sehingga kue jadi punya rasa yang lezat dan nggak monoton manis saja. Nggak cuma itu, tampilan kue juga akan lebih menarik. Kamu bisa menambahkan plum dalam kukis dengan kacang almon. Atau juga bisa dicampuran ke dalam kue tart untuk perayaan spesial.

Demikian beberapa cara menikmati buah plum agar rasa asamnya nggak begitu terasa di mulut. Kini, nggak perlu ragu lagi untuk menjadikan buah plum sebagai konsumsi harian. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE