Layaknya jerawat, komedo juga sama-sama merepotkan dan menganggu penampilan. Meskipun nggak sakit, tapi komedo bisa super menjengkelkan karena datangnya selalu ramean. Ya gimana lagi, komedo memang biasanya nongkrong di pori-pori wajah dan menutupinya. Rasanya jadi sangat gemas dan buru-buru ingin menghalaunya dari wajah.

Seringnya komedo memang menghinggapi kamu yang punya tekstur kulit berminyak. Komedo sering ditemukan di sela-sela hidung, dagu, hingga kening. Jenisnya pun ada yang hitam juga ada yang putih. Tapi nggak menutup kemungkinan mereka yang punya kulit kering juga dihinggapi komedo lo. Kali ini Hipwee Tips bakal kasih tau kamu cara mengusir komedo secara alami yang bisa diaplikasikan ke berbagai jenis kulit. Simak ya!

1. Untuk komedo yang hinggap di pori-pori lebar, kamu bisa ikuti langkah-langkah mudah ini

oles masker clay via www.bustle.com

Advertisement

Sebagian orang bermasalah dengan ukuran pori-pori yang cenderung membesar di bagian tertentu. Pori-pori ini kemudian ditinggali oleh bakteri dan kotoran dan menggumpal jadi komedo. Nah, ada berbagai cara mengusir komedo yang sekaligus membantumu mengecilkan pori-pori wajah.

  • Gosokkan bagian yang bermasalah dengan es batu pada pagi dan sore hari. Usahakan tanganmu bersih ya ketika menggosokkannya.
  • Pakai masker clay 3 hari sekali. Kalau bisa carilah referensi masker yang berfungsi mengecilkan pori-pori juga.
  • Buat masker alami dari putih telur, oleskan di wajah dan bagian yang berkomedo. Diamkan hingga kering, lalu bilas pakai air hangat.

2. Kalau pori-porimu bentuknya merosot, melebar tapi memanjang, ada ramuan alami untuk menyembuhkannya kok!

pakai masker oatmeal via www.self.com

Selain pori-pori yang melebar ada juga bentuk pori yang merosot. Bedanya, pori-pori merosot ini kelihatan panjang-panjang dan tidak berbentuk lingkaran. Bikin ramuan masker dari bahan alami berikut ya!

Advertisement
  • Campurkan cairan lidah buaya dengan putih telur hingga merata dan oleskan ke wajah. Lakukan ritual ini setiap hari buat mengangkat minyak di kulitmu dan bebas kilap seharian.
  • Campurkan dua sendok oatmeal dan tepung maizena. Lalu kocok dengan putih telur sampai merata. Selain memperbaiki pori-pori, maskeran dengan resep ini juga menghambat penuaan dini lo.

3. Sedangkan kalau komedomu warnanya hitam-hitam dan membandel, terapkan cara yang satu ini

hati-hati waktu melepasnya via www.lifeunsweetened.com

Mereka yang punya komedo berwarna hitam tandanya sering mencet-mencet sendiri karena saking gemesnya. Komedo jenis ini memang bandel banget. Untuk mengatasinya kamu bisa memilih varian masker alami berikut.

  • Campurkan tiga sendok makan madu degan satu sendok bubuk kayu manis. Oleskan ke bagian yang berkomedo sambil dipijat pelan-pelan. Basuh pakai air hangat biar pori terbuka dan komedo terangkat.
  • Ambil empat sendok yoghurt kental tanpa rasa.
  • Menggunakan plester pengangkat komedo juga bisa kamu lakukan lo. Biasanya komedo bakal mudah tercabut.

4. Komedo berwarna putih juga sama menggangunya. Pakai salicylic acid atau tea tree oil saja

oleskan secara perlahan dengan kapas via www.lifeunsweetened.com

Komedo putih yang menghinggapi pori-pori nggak boleh sembarangan dicabut. Bisa-bisa justru menimbulkan iritasi dan membekas. Untuk itu mendingan kamu menggunakan solusi berikut.

  • Gunakan salicylic acid yang bisa kamu dapatkan di apotek untuk dioleskan ke area wajah yang berkomedo. Atau carilah kosmetik yang ada kandungan bahan ini.
  • Setelah mandi air hangat, oleskan tea tree oil dengan kapas secara perlahan. Ritual ini perlu kamu lakukan rutin biar hasilnya maksimal.

5. Komedo dari area bekas jerawat. Alih-alih dibuat gemas untuk memencetnya, mending kamu rawat dengan lotion anti jerawat

pakai lotion aja via skincare.lovetoknow.com

Area bekas jerawat bisa menimbulkan komedo di kemudian hari. Tapi kamu nggak boleh sembarangan memencet komedomu lo, kalau iritasi dan infeksi justru akan bahaya. Nggak menutup kemungkinan di area ini juga akan kembali timbul jerawat. Untuk itu ikuti saran berikut ini ya!

  • Usahakan seminimal mungkin menyentuh area wajah. Bakteri yang masuk ke pori-pori akan mudah menimbulkan jerawat lagi.
  • Sering-sering mandi dengan air hangat dan gunakan lotion anti jerawat.

Sebenarnya, solusi dari semua permasalahan wajah adalah dengan rajin-rajin membersihkannya. Pokoknya jangan malas dan rajin maskeran ya. Selamat mencoba di rumah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya