5 Cara Tepat Mengatasi Lantai Dapur Berminyak. Bye Lantai Lengket!

Memiliki dapur yang bersih adalah impian setiap orang. Meski selalu kotor setelah digunakan untuk memasak, tapi setidaknya bisa dibersihkan dengan mudah. Apalagi seringkali lantai dan dinding dapur berminyak setelah selesai memasak. Meski sudah dibersihkan pun lantai masih lengket dan licin karena minyak.

Advertisement

Sobat Hipwee, ada trik khusus nih untuk membersihkan lantai dapur berminyak. Pasalnya, jika dipel biasa dengan air dan pembersih lantai justru bisa meninggalkan rasa lengket dan minyak semakin sulit terangkat. Nah berikut ini, Hipwee punya tips mengatasi lantai dapur berminyak, yuk simak!

1. Gunakan tisu dapur atau kertas koran terlebih dulu

cara membersihkan lantai dapur berminyak

Tisu dapur | Foto oleh Fernando.RM dari Depositphoto

Sebelum dipel atau menggunakan air, gunakan tisu dapur atau kertas koran terlebih dahulu untuk jenis kotoran berminyak.

Cara mengatasi lantai dapur berminyak yang pertama adalah dengan menggunakan tisu dapur atau kertas koran. Sifat minyak yang nggak bisa menyatu dengan air membuatnya nggak bisa terangkat sempurna jika langsung dipel menggunakan air. Sehingga, gunakan tisu dapur atau kertas dahulu untuk mengurangi minyak di permukaan lantai.

Advertisement

Jika ada tumpahan minyak, usahakan jangan menyapunya dengan tisu atau kertas. Biarkan tisu atau kertas untuk menutupi tumpahan dan menyerap minyak. Hal ini bertujuan supaya minyak nggak semakin merata ke seluruh lantai.

2. Jika minyak terlalu membandel, gunakan tepung terigu

cara membersihkan lantai dapur berminyak

Tepung terigu | Foto oleh Ajafoto dari Depositphoto

Jika cara pertama sudah dilakukan tapi lantai masih cukup berminyak, coba taburi lantai dengan sedikit tepung terigu. Ratakan dengan tangan ke bagian yang minyaknya cukup membandel. Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan lantai dengan cara d sapu.

Cara mengatasi lantai dapur berminyak seperti ini cukup efektif karena terigu memiliki sifat untuk menyerap dan menetralkan minyak. Sehingga sisa minyak yang dibersihkan tadi bisa terangkat sempurna.

Advertisement

3. Sabun cuci piring juga bisa dimanfaatkan

cara membersihkan lantai dapur berminyak

Menggunakan sabun cuci piring | Foto oleh Subbotina dari Depositphoto

Cara mengatasi lantai dapur berminyak berikutnya dengan cara mengepel menggunakan sabun. Namun, bukan sabun khusus pel ya! Gunakan sabun cuci piring, karena sabun ini bisa memecah senyawa minyak sehingga bisa larut dalam air. Sebenarnya, cara kerjanya seperti mengangkat minyak pada alat makan.

Cara mengepel lantai berminyak menggunakan sabun cuci piring ini pun cukup mudah. Tinggal larutkan sabun cuci piring pada air yang akan digunakan untuk mengepel. Lalu, celupkan kain pel ke dalam air tersebut, dan peras hingga setengah kering. Kemudian, tinggal dipel deh lantai yang berminyak.

Kamu bisa mengulangi cara ini jika setelah kering, lantai masih terasa berminyak. Nah, jika ingin lantai lebih wangi, langkah terakhir kamu bisa menyepel lantai menggunakan sabun khusus pel.

4. Gunakan baking soda jika masih membandel

cara membersihkan lantai dapur berminyak

Menggunakan baking soda | Foto oleh Serenethos dari Depositphoto

Selain menggunakan sabun cuci piring, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk mengangkat minyak di permukaan lantai. Cara mengatasi lantai dapur berminyak ini cukup efektif karena baking soda cukup ampuh memecah minyak.

Caranya pun cukup mudah, tinggal larutkan 1-2 sendok makan baking soda ke dalam 500 ml air. Kemudian celupkan kain pel atau lap, peras hingga setengah kering sebelum digunakan untuk mengepel. Diamkan selama 10 menit dalam keadaan lantai basah, kemudian lap kembali dengan kain bersih dan kering.

Untuk bagian yang terdapat endapan minyak, misalnya di sekitar kompor atau di sudut ruangan, kamu bisa membuat campuran baking soda dan air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian tersebut. Tunggu 10 menit, kemudian bersihkan dengan kain lap yang kering.

5. Gunakan kain microfiber sebagai lap dan pel, supaya pembersihan minyak lebih efektif

cara membersihkan lantai dapur berminyak

Kain lap yang menyerap air dan minyak | Foto oleh Tiko0305 dari Depositphoto

Salah satu faktor keberhasilan membersihkan minyak di lantai dapur dengan cara ini adalah kain lap yang digunakan. Kain berbahan nilon atau bahan-bahan lain yang sulit menyerap minyak dan air membuat proses pembersihan jadi lebih lama, bahkan lebih sulit.

Sehingga, gunakanlanh kain yang menyerap minyak dan air, misalnya kain berbahan microfiber. Daya serapnya yang tinggi akan memudahkanmu dalam proses pembersihan minyak di lantai dapur.

Nah, itulah cara membersihkan lantai dapur yang berminyak. Meski sudah menggunakan pembersih lantai terbaik, seringkali minyak di lantai dapur cukup bandel. Alih-alih lantai jadi bersih kesat dan mengkilap, jika dipel dengan cara biasa justru membuat lantai jadi licin, bahkan lengket. Buat kamu yang punya masalah lantai dapur berminyak, sila coba tips ini!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE