Cara Cek BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi dan Asisten CHIKA

Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menghubungi CHIKA

Sebelum berobat atau melakukan rawat inap, sebaiknya kamu periksa dulu keaktifan BPJS Kesehatan. Jangan sampai mau klaim, eh tidak bisa karena statusnya tidak aktif. Oleh sebab itu, kamu harus memahami bagaimana cara cek BPJS Kesehatan.

Informasi tentang cara cek keaktifan BPJS Kesehatan bisa kamu dapatkan dalam ulasan berikut ini. Ada dua cara cek BPJS Kesehatan di HP yang akan dijelaskan, yaitu melalui aplikasi JKN dan CHIKA.

ADVERTISEMENT

Cara cek BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN

Sebenarnya bisa saja kamu melakukan pengecekan keaktifan BPJS Kesehatan langsung dari kantor pusat atau dari pelayanan kesehatan terdekat. Akan tetapi, bukankah lebih simpel jika bisa hanya dari ponsel?

Cara pertama untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi JKN online. Berikut ini cara memastikan status BPJS Kesehatan, apakah aktif atau justru sudah tidak aktif lagi melalui aplikasi.

JKN Online

Aplikasi JKN online | Credit: bpjs-kesehatan.go.id

  1. Unduh dan buka aplikasi mobile JKN
  2. Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS dan kata sandi. Apabila belum memiliki akun, silakan Daftar terlebih dahulu.
  3. masukkan kode captcha dan klik Log In.
  4. Setelah berhasil masuk, klik Peserta.

Akan ada berbagai informasi seputar BPJS Kesehatan yang ditampilkan, mulai dari kartu digital BPJS milik peserta, sampai status keaktifan kartu. 

Pastikan untuk mengingat kata sandi akun JKN agar bisa login dengan lebih mudah.”

ADVERTISEMENT

Cek BPJS Kesehatan lewat CHIKA

Selain dengan aplikasi, kamu juga bisa cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui CHIKA, ruang chat asisten JKN. 

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi media sosial untuk menghubungi CHIKA, misalnya melalui Facebook, WhatsApp, bahkan Telegram.

Untuk Facebook, kamu bisa mengunjungi profil BPJS Kesehatan RI dan untuk WhatsApp kamu bisa menghubungi ke  nomor 08118750400. Sementaraitu, di Telegram kamu akan tersambung dengan @Chika_BPJSKesehatan_Bot. 

Saat pertama kali mengirimkan pesan, kamu bisa langsung pilih opsi Cek Status Peserta. Kemudian, masukkan Nomor Peserta BPJS dan ketik tanggal lahir sesuai format dalam chat tersebut. Secara otomatis, CHIKA akan mengirim informasi keaktifan peserta BPJS Kesehatan milikmu.

Sebelum memanfaatkan layanannya, ada baiknya jika kamu melakukan pengecekan keaktifan peserta BPJS Kesehatan. Cara cek BPJS Kesehatan cukup mudah, bisa kamu lakukan melalui aplikasi JKN Mobile atau menghubungi asisten cerdas BPJS, CHIKA, melalui media sosial. Mudah kan, SoHip?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor