Cara Cek HP Disadap dengan Tepat Tanpa Kode Dial

Melihat penyadapan di HP yang lebih mudah dan sederhana

Pernahkah kamu curiga HP tersadap? Entah itu karena salah pencet atau sebelumnya ada orang yang meminjam HP? Agar tidak dipenuhi rasa khawatir dan curiga, kamu perlu mengetahui cara cek HP disadap atau tidak.

Advertisement

Ulasan ini akan berisi tutorial cara cek HP disadap orang lain atau tidak. Kamu bisa melihat dari ciri-ciri yang menunjukkan HP sedang tersadap atau tidak. 

Cara cek HP disadap berdasarkan ciri-cirinya

Cara mengetahui HP disadap dengan mendial nomor *#21# adalah hoaks. Kode dial tersebut hanya untuk mengalihkan panggilan yang sedang berlangsung.

Cara mengecek penyadapan pada ponsel bisa kamu lakukan dengan mengamati aktivitasnya. Berikut beberapa ciri-ciri yang menunjukkan HP sedang mengalami penyadapan.

Advertisement
  • Muncul aplikasi tanpa sepengetahuanmu

Untuk menginstal aplikasi, tentu saja membutuhkan izin pemilik HP. Apabila muncul aplikasi tiba-tiba tanpa kamu ketahui, bisa jadi HP sedang berada dalam situasi penyadapan. 

Advertisement
  • Baterai lebih cepat turun

Penurunan daya baterai umumnya bergantung pada penggunaan aplikasi. Semakin lama penggunaannya, maka semakin cepat pula baterainya habis. 

Lantas, bagaimana jika kamu merasa tidak sering membuka aplikasi, tapi baterai mendadak cepat habis? Bisa jadi ponsel sedang menjalankan aplikasi penyadapan. 

Coba periksa apakah ada aplikasi mencurigakan yang terunduh. Kamu bisa mengecek lewat riwayat pengunduhan di Play Store atau riwayat download file apk di file Explorer. 

  • Pesan masuk sudah terbaca meski kamu belum membukanya

Aplikasi pesan umumnya akan memberikan fitur berupa ikon notifikasi pada pesan baru sebagai tanda kamu belum membukanya. Notif ini akan menghilang setelah kamu membaca pesan tersebut.

Jika notifikasi pesan baru pada aplikasi pesan tidak muncul, kamu perlu curiga ponsel sedang dalam penyadapan.

  • Ponsel sering panas

Sama seperti penggunaan baterai, suhu ponsel juga bergantung pada penggunaan aplikasi yang sedang berjalan. Semakin banyak aplikasi berjalan, semakin cepat pula suhu HP meningkat.

Jika kamu merasa suhu HP menghangat tidak seperti biasa, padahal kamu tidak banyak menggunakannya, kamu perlu hati-hati. Silahkan cek histori unduhan pada ponsel untuk memastikan, apakah HP kamu sedang tersadap atau tidak. `

‘’HP cepat panas belum tentu karena tersadap. Akan tetapi, sebaiknya kamu tetap waspada dengan kemungkinan adanya penyadapan.’’

Sebenarnya, masih ada banyak cara cek HP di-hack lainnya. Akan tetapi, empat opsi di atas bisa jadi salah satu cirinya. Agar lebih aman dari penyadapan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan menambahkan password rahasia di kunci layar.

Jika kamu masih curiga setelah mengetahui cara cek HP disadap di atas, kamu bisa melakukan pengecekan berkala. Agar semakin yakin, bila perlu kamu juga bisa melakukan factory reset pada ponsel.

Bagaimana SoHip, apakah HP milikmu mempunyai ciri-ciri untuk disadap?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE