Meski sudah sejak lama dilarang, namun kasus pemasangan kamera tersembunyi seolah nggak pernah ada habisnya. Nggak cuma orang iseng, bahkan terkadang ada beberapa penginapan nakal yang dengan sengaja memasang kamera tersembunyi di area kamar tidur dan kamar mandinya. Belum tahu apa motifnya, namun yang jelas hal ini tentu akan merugikan pengunjung yang menginap di kamar tersebut.

Nah, supaya terhindar dari hal yang nggak diinginkan akibat pemasangan kamera tersembunyi, penting buatmu untuk mendeteksinya dengan cara-cara berikut. Demi kenyamanan dan privasimu, selalu lakukan saat menginap di hotel, ya!

1. Sebelum menempati, pastikan kamu sudah mengecek keberadaan kamera tersembunyi di area kamar tidur dan kamar mandi

baca peraturan hotel via www.tripsavvy.com

Advertisement

Kamu bisa membaca deskripsi properti atau melihat foto ruangan dengan lebih teliti. Agar lebih meyakinkan, coba tanyakan langsung pada karyawan yang menerima reservasimu. Kalau memang dirasa aman dari kamera tersembunyi, barulah kamu fix-kan untuk menginap di sana.

2. Sangat penting untuk mengetahui bentuk kamera tersembunyi dan mengeceknya di setiap sudut-sudut ruang

cek seluruh area via says.com

Sebagian besar kamera tersembunyi nggak memiliki kabel yang membuatnya bisa dipasang di mana-mana. Makanya, saat masuk penginapan, cobalah cek dengan benar setiap sudutnya. Bahkan, kamu nggak boleh melewatkan setiap area-area yang sulit dijangkau sekalipun. 

3. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi yang ada di ponselmu

pakai aplikasi via www.makeuseof.com

Kamera nirkabel biasanya akan dengan mudah dideteksi menggunakan aplikasi. Nah, sebelum masuk ke hotel, baiknya kamu sudah mengunduh aplikasi pendeteksinya lebih dulu. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan:

Advertisement
  1. Don’t Spy (iOS)
  2. Fing (Android and iOS)
  3. Glint Finder (Android)
  4. Hidden Device Detector (Android)
  5. Hidden Spy Camera Detector (Android and iOS)

4. Di malam hari, cobalah cari kamera tersembunyi menggunakan kamera smartphone-mu

pakai kamera via www.spytec.com

Sebagian besar kamera tersembunyi bisa merekam ruangan yang gelap berkat bantuan sinar inframerah. Kamu bisa mendeteksinya menggunakan ponselmu. Dalam mode gelap, bukalah kamera ponselmu lalu pindai seluruh ruangan untuk mencari lampu kecil yang menyala dan hanya bisa terlihat dari ponsel.

5. Selain kamera ponsel, kamu pun juga bisa menggunakan korek api untuk mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi

pakai korek api via pixabay.com

Kamera memiliki lensa seperti kaca yang mana jika diberi cahaya akan menyala. Untuk itu, cobalah perhatikan benda-benda elektronik seperti televisi dan jam beker di sebelah ranjangmu, jika ada titik pantul maka di benda tersebut terdapat kamera tersembunyi.

6. Nah, jika kamu menemukan hal yang mencurigakan, segeralah tutupi dengan benda lain

tutupi dengan baju hitam via spycamerashd.com

Gunakanlah handuk, baju, atau kain berwarna gelap untuk menutupi benda mencurigakan yang ada di kamarmu. Biasanya, jarak pandang tersembunyi nggak akan menembus benda-benda tersebut. Atau, jika memungkinkan kamu bisa mematikan aliran listrik melalui terminal.

Nggak perlu jadi agen rahasia kok untuk bisa mendeteksi kamera tersembunyi ini. Kalau teliti dan cermat, kamu pun akan dengan mudah menemukannya. Baiknya selalu lakukan hal ini jika kamu menginap di hotel atau penginapan supaya nggak terjadi hal yang nggak diinginkan, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya