Di lingkungan yang cukup basah dan lembab, lumut mudah sekali tumbuh. Pertumbuhan lumut pada bangunan rumah tentu sangat menganggu. Selain licin dan membahayakan, lumut yang biasa tumbuh pada dinding, pagar, atau lantai juga membuat bangunan rumah jadi tidak sedap dipandang. Nggak mau kan lumut membuat rumahmu jadi terlihat kotor dan jorok?

Nah, ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lumut hanya dengan bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumah. Semuanya terangkum dalam ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Meski perlu beberapa kali penyiraman, menghilangkan lumut dengan air garam bisa kamu coba duluan

air garam via doktersehat.com

Advertisement

Untuk menghilangkan lumut dengan air garam, caranya, didihkan dua liter air bersih lalu tambahkan 3 sendok makan garam dapur, kemudian siramkan pada permukaan yang berlumut dan sikat sampai bersih. Cara ini kurang efektif karena memerlukan waktu agak lama karena harus diulang beberapa kali agar lumut benar-benar hilang.

2. Kandungan asam yang tinggi pada baking soda dapat membersihkan lumut sampai ke akarnya

baking soda via parenting.firstcry.com

Caranya sangat mudah, campurkan air dengan baking soda lalu gunakan untuk menggosok permukaan berlumut sampai bersih. Kekurangan dari cara ini adalah dapat membuat permukaan dinding keropos dan mengelupas. Hindari penggunaan baking soda untuk lantai granit, keramik, marmer dan kayu.

3. Cara mudah lainnya adalah menggunakan cairan pencuci piring yang tersedia di dapur

sabun cuci piring via thesourcebulkfoods.com.au

Membasmi lumut menggunakan cairan pencuci piring sangatlah mudah, caranya yaitu dengan langsung menggosokkannya pada permukaan yang berlumut lalu dibilas sambil tetap digosok sampai tidak terasa licin.

4. Zat asam pada cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan lumut

cuka putih via www.bernas.id

Advertisement

Caranya adalah dengan menyiramkan sedikit demi sedikit cuka pada bagian yang berlumut sambil digosok dan dibilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa cuka yang tertinggal karena zat asamnya dapat merusak lapisan permukaan.

5. Cara tradisional ini memang sifatnya sementara, tapi menggunakan bata merah adalah cara mudah yang layak coba

bata merah via www.bataringanbrix.com

Gosokkan serpihan batu bata pada permukaan dinding atau lantai yang berlumut hingga lumut rontok. Bersihkan sisa-sisa lumut dengan menyikat dan membilasnya dengan air bersih. Cara tradisional ini tidak terlalu ampuh dan hanya bersifat sementara karena batu bata tidak dapat menghentikan pertumbuhan dan perkembangbiakan lumut.

6. Kandungan zat kimia pada cairan pemutih baju juga bisa membantu menyingkirkan lumut dari dinding atau lantai rumahmu

cairan pemutih baju via www.liputan6.com

Larutkan cairan pemutih baju dan air bersih dengan perbandingan 1:4, lalu aduk secara merata. Siramkan pada permukaan yang ditumbuhi lumut lalu gosok sampai lumut rontok dan terkelupas. Bilas sampai bersih.

7. Air kapur bersifat keras sehingga dapat digunakan untuk membasmi lumut yang membandel

air kapur via hellosehat.com

Sebaiknya gunakan kapur khusus yang biasa dijual di toko bangunan. Cara menggunakannya yaitu campurkan kapur dengan air, lalu siram pada permukaan yang berlumut, diamkan semalaman. Selanjutnya, gosok dan bilas permukaan hingga tidak ada sisa lumut yang menempel.

8. Lumut akan terkelupas dengan sendirinya jika kamu menyiramnya dengan air aki

Siramlah permukaan berlumut menggunakan air aki lalu biarkan semalaman. Setelah satu malam, lumut akan terkelupas dengan sendirinya tanpa lengket, jangan lupa sikat sampai bersih untuk membersihkan sisa-sisa lumut. Selama didiamkan, jangan beraktivitas di sekitar area tersebut karena air aki bersifat korosif.

9. Reaksi kimia dari kaporit akan mengangkat lumut sampai ke akar-akarnya

Kaporit dapat digunakan untuk menghilangkan lumut. Caranya tumbuk kaporit sampai halus lalu taburkan bubuk kaporit secara merata ke permukaan yang berlumut. Diamkan selama satu jam agar bereaksi hingga muncul buih-buih. Lumut akan ikut terangkat karena reaksi kimia kaporit. Setelah itu siram dengan air bersih lalu gosok dengan sabun. Bilas sampai tidak terasa licin.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan lumut. Bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Jadi nggak perlu bingung lagi kan? Selamat mencoba!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya