Cara Membuat Sabun Mandi Alami dan Wangi, Lengkap dengan Alat dan Bahan

Cara membuat sabun

Sabun mandi merupakan kebutuhan pokok yang sebenarnya sangat multi-fungsi, terutama sabun mandi batangan. Meski sudah banyak ditinggalkan dan tergantikan oleh sabun cair, sabun batangan punya banyak banget fungsi lain seperti solusi untuk pintu macet sampai membersihkan cermin lo. Kekuatan sabun batangan untuk membersihkan dan merawat kulit juga nggak kalah kok dari sabun cair.

Advertisement

Bahkan, serunya lagi, sabun batangan tuh sangat mudah dibuat dan dikreasikan sendiri dari berbagai macam bahan. Terdapat berbagai cara membuat sabun, mulai dari cara membuat sabun dari minyak jelantah hingga sabun berbagai aroma. Dalam artikel ini, Hipwee bakal kasih tahu langkah-langkah super mudah untuk mulai kreasi sabun batanganmu di rumah. Sobat Hipwee, yuk simak bareng!

1. Siapkan bahan-bahan dasarnya terlebih dulu. Boleh berkreasi dengan bahan atau wewangian tambahan, tapi komposisinya harus pas

Siapkan bahan-bahan dasar dengan ukuran yang pas | Credit: Anna Shvets via Pexels

Sabun merupakan campuran larutan asam seperti minyak atau lemak (nabati, seperti minyak zaitun atau hewani, seperti lemak kambing) dengan alkali atau basa (seperti natrium atau kalium hidroksida), melalui suatu proses yang disebut dengan saponifikasi. Terdengar sulit memang, namun pada kenyataannya membuat sabun tidak sesulit itu kok. Ini bahan-bahan dasar yang perlu SoHip siapkan:

  • Minyak kelapa
  • Alkali sebanyak ¼ gelas
  • Air dingin ¾ gelas
  • Minyak zaitun
  • Minyak alami lainnya atau bahan lain yang sesuai dengan selera kamu.
Advertisement

Kandungan dalam sabun masih bisa dikreasikan lagi sesuai dengan kreatifitas maupun kebutuhanmu. Seperti contohnya, untuk cara membuat sabun kelor, maka cukup tambahkan bubuk daun kelor. Begitu pula cara membuat sabun mandi dari lidah buaya, cukup tambahkan ekstrak lidah buaya.

2. Alkali merupakan bahan utama pembuatan sabun. Karena sifat bahannya yang keras, maka kamu wajib gunakan pelindung seperti sarung tangan, masker, dan kaca mata ya~

Pakai pelindung | Credit: Ron Lach via Pexels

Alkali merupakan bahan kimia utama pembuatan sabun mandi. Alkali atau lye ini bisa berupa Natrium/ Sodium Hidroksida/ kaustik soda (NaOH) untuk membuat sabun batang. Sedangkan untuk cara membuat sabun cair gunakan Kalium/ Potasium Hidroksida (KOH).

Advertisement

Dilansir dari Banaransoap lye atau alkali juga termasuk ke dalam bahan kimia yang berbahaya. Hal ini  karena alkali bisa menimbulkan efek terbakar dan iritasi apabila bersentuhan dengan kulit.  Walaupun berbahaya, bukan berarti sabun mandinya juga menjadi bahaya. Ketika sudah menjadi sabun mandi, alkali sudah bereaksi dengan minyak dan membuatnya sama sekali nggak berbahaya.

Namun dalam pembuatannya alkali merupakan bahan kimia yang berbahaya, maka menggunakan pelindung berupa masker, sarung tangan dan kaca mata merupakan kewajiban. Jangan sampai kita malah terluka sendiri.

3. Pastikan peralatan yang digunakan untuk membuat sabun tidak bereaksi terhadap alkali. Hindari pemakaian wadah plastik atau tembaga

Pakai stainless steel atau kaca | Credit: Ron Lach via Pexels

Cara membuat sabun mandi yang alami yang aman, maka disarankan agar tidak menggunakan berbagai macam peralatan dapur, namun peralatan khusus. Kamu bisa menggunakan peralatan yang berbahan stainless steel, enamel ataupun kaca.

Jangan pernah menggunakan alat berbahan dasar tembaga, alumunium atau plastik karena bahan itu mampu bereaksi dengan alkali. Peralatan yang bisa dipersiapkan adalah sendok pengaduk dan mangkuk. Untuk pencetaknya, kamu bisa gunakan cetakan silikon dan jangan lupa untuk menyiapkan termometer stainless steel, koran, handuk bekas serta pengukur stainless steel.

4. Siapkan tempat yang kondusif untuk membuat sabun. Gunakan pelapis, misalnya koran atau kain yang sudah tidak dipakai

Siapkan tempat khusus | Credit: Monstera via Pexels

Kalau ingin meraktikan berbagai cara membuat sabun serbaguna, baik cara cara membuat sabun mandi organik hingga cara membuat sabun cuci tangan cair, maka diperlukan tempat yang kondusif karena ada keterlibatan bahan kimia. Tentunya kita nggak ingin dong berbagai tempat menjadi rusak karena produksi sabun yang kita buat. Maka dari itu sediakan ruangan yang kondusif, kalau perlu jauh dari jangkauan anak-anak, lalu lapisi area tersebut dengan koran bekas.

5. Setelah semua persiapan sudah selesai, berikut ini cara membuat sabun mandi

Nah setelah semua alat dan bahan sudah siap, termasuk diantaranya lokasi pembuatan yang aman dan juga perlindungan diri menggunakan sarung tangan, kacamata dan masker. Yuk kita langsung lihat langkah-langkahnya:

  • Masukkan alkali perlahan-lahan pada mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin.
  • Tunggu hingga beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi jernih.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak yang telah disiapkan dengan menggunakan pipet. Lalu diamkan sejenak dan hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celcius.
  • Kemudian, tambahkan lagi beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang. lebih 5 menit atau sekiranya larutan berubah menjadi kental layaknya pudding.
  • Tambahkan beberapa bahan alami tambahan yang diinginkan, kemudian aduk lagi.
  • Masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12 hingga 24 jam.

Itu tadi cara membuat sabun mandi yang bisa dipraktikan di rumah. Pastinya banyak kreasi sabun lain yang seperti cara membuat sabun cair organik, cara membuat sabun cair dari sabun batangan hingga cara membuat sabun cuci piring. Mungkin kita bisa membahas di artikel selanjutnya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE