Cara Mencuci Handuk yang Tepat Agar Kamu Terhindar dari Bakteri Jahat

Handuk merupakan salah satu benda yang wajib ada di rumah dan tentunya dibutuhkan setiap hari. Ketika akan menyeka air setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, pasti yang dicari pertama adalah handuk.

Advertisement

Kegunaan handuk pada kehidupan sehari-hari memang sangat penting ya, soHip. Karena dipakai oleh kita untuk menyeka air, tentunya handuk menjadi lembap. Area lembap ditambah jika handuk kita kurang oke dalam menyerap air, hal tersebut bisa menjadi tempat favorit kuman dan bakteri.

Maka dari itu soHip harus sering mencuci handuk. Terus seberapa sering kita harus mencuci handuk dan cara mencuci handuk yang benar? Yuk, disimak artikel di bawah!

Kenapa mencuci handuk itu perlu rutin dilakukan?

cara mencuci handuk

Mencuci handuk merupakan hal yang penting jika kita tidak mencuci handuk bakteri akan cepat mindak ke tubuh | via Unsplash

Sobat Hipwee seberapa sering mencuci handuk? Setiap hari? Seminggu sekali? Atau ga pernah dicuci? Waduh kalau sobat jarang mencuci handuk itu ga baik juga lo.

Advertisement

Tahu nggak soHip? Ketika mandi, kuman yang berada di badan kita tidak sepenuhnya hilang dari tubuh. Maka, sangat mungkin untuk bakteri masih menempel di handuk. Bahkan, bakteri di handuk akan terus bertambah hari demi hari jika kamu jarang mencuci handuk.

Apalagi jika kamu menaruh handuk di kamar mandi. Kamar mandi yang memiliki area lembap tentunya bikin bakteri di handuk justru subur berkembang biak. Kesempatan bakteri pindah ke kulit sobat sangtlah besar.

Jika kamu memiliki luka terbuka di tubuh, bakteri bisa pindah dan masuk ke luka dan menyebabkan penyakit kulit hingga infeksi. Duh, serem, kan?

Advertisement

Cara mencuci handuk yang baik dan benar

cara mencuci handuk

Menjemur handuk lebih baik ketika Matahari bersinar | photo by DamodernDavici via pixabay

Mencuci handuk berkala memang sangat penting, apalagi setelah kita tahu bahwa bahaya banget jika tidak pernah mencuci handuk yang setiap hari dipakai.

Menurut laman Hellosehat, ada empat cara tepat untuk mencuci handuk dengan baik dan benar.

1. Pisahkan cucian handuk dari pakaian lain

Handuk memiliki serat benang yang cepat rontok, serat-serat benang tersebut bisa saja menempel di pakaianmu. Bisa saja bakteri yang ada dalam handuk menempel ke pakaian. Maka dari itu wajib untuk dipisahkan dengan pakaian lain saat mencucinya.

2. Gunakan air panas untuk mencuci handuk

Ya, air panas efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. SoHip bisa menggunakan air panas untuk mencuci handuk. Namun, ada baiknya kamu membaca pemtunjuk yang tertera di lebel handuk. Sebab, ada beberapa handuk yang mungkin saja tidak disarankan mengunakan air panas.

3. Jemur langsung di bawah sinar matahari

Setelah mencuci handuk, keringkan handukĀ  langsung di bawah sinar matahari. Harus digantung ya, dan sebisa mungkin dipisahkan dengan pakaian lain. Pastikan handuk dijemur sampai kering. Setelah kering, soHipo bisa menyetrikannya dan melipatnya dan dimasukkan ke lemari.

4. Semprot disinfektan ke peralatan mencuci

Nah, yang terakhir, setalah memakai mesin cuci sobat wajib menyemprotkan disinfektan ke peralatan mencuci. Wajib ya, karena yang kita cuci adalah tempat tumbuh kembang bakteri dan kuman. Oh iya, jangan lupa, mencuci tangan setelah mecuci itu wajib juga.

Seberapa sering handuk harus dicuci?

cara mencuci handuk

Mencuci handuk merupakan cara terhindari dari bakteri yang menempel di handuk | photo by Pasja1000 via Pixabay

Handuk yang sering kita pakai setiap hari tentunya akan menjadi sarang bakteri dan kuman jika jarang dicuci. Mengutip dari Hellosehat, sebaiknya mencuci atau mengganti handuk setidaknya seminggu sekali.

Atau, bisa juga ketika handuk sudah tercium aroma tidak sedap meski belum seminggu penggunaan, kamu bisa langsung menggantinya. Meski handuk terlihat bersih, ingat bahwa bakteri dan kuman tidak bisa terlihat oleh mata manusia, jadi tetap harus dicuci rutin, ya.

Nah, itu dia cara tepat mencuci handuk agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman. Ingat soHip, menjaga kebersihan diri adalah hal penting, apalagi dengan keadaan pandemi yang masih merajalela. SoHip harus selalu mejaga kebersihan sekitar, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE