Cara Mengatasi Hangnail, Kulit Lancip yang Sering Nongol di Dekat Kuku Jari Tangan atau Kaki

Cara mengatasi hangnail

Rasanya hampir semua orang setuju kalau cantengan yang seringnya muncul di dekat kuku jari kaki itu amat sangat mengganggu dan bikin ngilu. Sama halnya dengan munculnya kulit yang mengelupas di samping kuku jari tangan atau kaki. Dalam istilah bahasa Inggris, kondisi ini dinamakan hangnail.

Advertisement

Separah apa sih hangnail ini? Terus, gimana cara mengatasinya biar aman sehingga kuku jarimu nggak kesakitan? Jadi begini…

Kondisi kulit yang kering dan kurang kelembapan lebih rentan terhadap kemunculan hangnail

biasanya muncul ketika kulit kering via metrohealth.net

Meski hampir setiap orang pernah mengalaminya, hangnail lebih rentan muncul ketika kulit lagi kering. Kulit yang kering lebih rentan terhadap kerusakan dari unsur-unsur seperti cuaca dingin atau air, yang bisa memicu pemisahan kulit, seperti dilansir KCBJ. Jadi kalau kamu nggak rutin pakai pelembap atau losion, apalagi cuacanya cenderung kering, hangnail ini bakalan mampir.

Meski hangnail ini sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu aktivitas, jangan sekali-kali menarik dan mencabutnya, ya!

jangan ditarik via www.reddit.com

Hangnail biasanya berada di ujung jari di dekat kuku. Bentuknya yang sedikit tajamlah yang bikin kita tergoda untuk mencabutnya. Padahal, ada banyak saraf serta pembuluh darah di area ini, kalau kamu asal mencabutnya, bisa jadi malah radang dan bengkak karena ujung saraf tertekan. Bahkan nggak jarang keluar nanah.

Advertisement

Kamu bisa potong kulit yang mencuat ini dengan pemotong kuku, tapi hati-hati, ya!

dipotong pelan via www.yahoo.com

Karena hangnail ini agak sulit dipotong dengan gunting, sebaliknya gunakan pemotong kuku dan potong bagian yang mencuat hingga ujungnya, tapi jangan terlalu dalam karena malah sakit. Kalau hangnail terlanjur bengkak karena gesekan atau kesalahan saat men-treatment-nya, rendam bagian jari yang bengkak dengan air hangat. Kalau sudah kering dan lembut, oleskan losion, krim, atau minyak pelembap lainnya.

Nah, biar kuku jarimu terbebas dari hangnail, jaga kelembapan kulit telapak tangan dan kakimu dengan krim atau losion pelembap. Jangan lupa juga untuk minum air putih juga asupan vitamin E yang cukup, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE