Cara Mengatasi Kloset Bau dengan Bahan Alami biar Nyaman di Kamar Mandi

Karena pakai wangi-wangian atau kamper itu nggak awet baunya

Pasti sobat Hipwee setuju jika kamar mandi adalah salah satu ruangan paling penting dan sering dipakai di rumah selain kamar tidur. Namun, karena kamar mandi merupakan ruangan untuk buang air dan lembap, sering tercium bau yang tidak sedap dan membuat kita tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Advertisement

Walaupun sudah sering dibersihkan secara rutin, bau yang kurang sedap biasanya masih menetap di dalam kamar mandi, terutama di bagian Water Closet (WC) atau tempat pembuangan air.

Penyebab bau kamar mandi

Perlu sobat Hipwee ketahui, ada beberapa penyebab dari munculnya bau tidak sedap di kamar mandi, salah satunya adalah dari zat amoniak yang berasal dari bakteri pengurai yang mati di ruangan kamar mandi.

Selain itu, kualitas peralatan sanitasi yang kurang baik juga dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di kamar mandi. Misalnya, kloset yang memiliki bahan dengan pori-pori besar dapat menampung sisa air urin yang tidak tersiram, hal ini tentu akan memunculkan bau tidak sedap.

Advertisement

Menyiram WC dengan air sabun atau cairan pembersih juga bukan ide yang bagus. Pasalnya, cairan tersebut bisa membunuh bakteri pengurai jika sering digunakan,

Cara mengatasi kloset yang bau dengan bahan alami

Jika ingin menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi dengan cara alami, sobat Hipwee bisa melakukan salah satu cara di bawah ini.

1. Menggunakan arang kayu

Advertisement
cara mengatasi kloset bau

Photo by Jaco Pretorius

Arang kayu dipercaya dapat berfungsi sebagai penyerap bau-bauan. Jika sobat Hipwee meletakkan arang kayu yang masih baru di sudut kamar mandi, kemungkinan bau tidak sedap akan berkurang.

Kelebihan dari arang kayu adalah murah dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Oh ya, jika sobat Hipwee khawatir kamar mandi menjadi kotor, taruh arang kayu di atas mangkok atau tempat lainnya.

2. Menggunakan baking soda dan cuka

cara mengatasi kloset bau

Baking Soda

Sobat Hipwee bisa menaburkan satu mangkuk baking soda di daerah kloset dan tempat duduknya, kemudian percikkan sedikit cairan cuka di atasnya, dan terakhir tutup pintu kamar mandi.

Biarkan selama satu jam, setelah itu siram dan bersihkan sudut-sudut kamar mandi. Agar lebih segar, sobat Hipwee bisa menaruh tanaman di kamar mandi.

3. Menggunakan minyak esensial

cara mengatasi kloset bau

Photo by Chelsea shapouri

Cara ini juga cukup mudah, pasalnya sobat Hipwee hanya perlu menuangkan minyak esensial ke dalam difuser atau alat yang menguapkan minyak hingga baunya bisa tersebar.

Atau sobat Hipwee bisa menggunakan wadah kayu tanpa plitur, dengan menuangkan minyak esensial di atasnya, jika sudah mengering maka akan tercium bau wangi. Sobat Hipwee bisa memilih berbagai aroma minyak esensial yang sesuai selera.

Nah, itulah beberapa cara alami yang dapat sobat Hipwee lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi, terutama di kloset.

Jika sobat Hipwee punya cara lain, tulis di komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE