Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah yang Hasilnya Nyaris Instan. Mulus Berseri dalam Sebulan~

Cara mengecilkan pori pori

Sama halnya dengan jerawat, pori-pori wajah yang nampak besar juga dapat mengganggu penampilan. Sebenarnya semua orang memiliki lubang kulit ini, tapi kalau ukurannya terlalu besar tentu akan sulit disamarkan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan pori-pori kelihatan lebih besar, salah satunya ialah perawatan kulit yang kurang tepat. Alih-alih menutupinya dengan make-up, mending lakukan perawatan sederhana untuk mengecilkan atau menyamarkannya. Karena kadang produk kosmetik tertentu justru bisa membuat pori-pori tersumbat dan memicu masalah kulit lain seperti komedo dan jerawat.

Advertisement

Banyak cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat lebih mulus yang bisa dicoba. Selain menggunakan salep untuk mengecilkan pori-pori, kamu juga dapat melakukan perawatan rutin dengan menggunakan bahan alami. Kalau dirasa kurang maksimal, perawatan bisa diseimbangkan dengan memakai skincare untuk mengecilkan pori-pori. Daripada galau terus-terusan gara-gara pori-pori yang nggak kunjung tersamarkan, praktikkan cara mengecilkan pori pori secara permanen berikut ini.

Upaya pertama untuk mengecilkan pori-pori ialah dengan menghindari penyebabnya. Berikut penyebab pori-pori besar yang sering tak disadari

1. Membiarkan wajah terpapar sinar matahari langsungĀ 

paparan sinar matahari via www.healthline.com

Paparan sinar matahari terus-menerus dapat membuat produksi kolagen menurun dan menyebabkan jaringan di bawah lapisan atas kulit jadi mengembang. Lambat laun, hal ini dapat memicu perbesaran pori-pori dan penumpukan sebum penyebab jerawat.

2. Malas mencuci wajah dan membersihkan make-up

malas membersihkan make-up via astroulagam.com.my

Tumpukan kotoran dan make-up yang dibawa tidur dapat menyumbat pori-pori wajah dan membuatnya melebar. Meski nggak kelihatan, tapi efek dari tumpukan kotoran ini bisa dengan mudah dirasakan karena tekstur kulit jadi nggak halus lagi.

Advertisement

3. Memencet komedo dengan tangan kotor

pencet komedo via br.pinterest.com

Meski menyenangkan, kebiasaan ini justru bisa membuat pori-pori wajah jadi makin besar. Bahkan karena pencetannya, kulit juga bisa mengalami peradangan dan berbekas. Kalau memang mau membersihkan komedo, mending ke klinik kecantikan atau gunakan alat khusus yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Faktor hormon, usia, dan genetik juga dapat membuat pori-pori jadi melebar. Tapi bukan berarti pori-pori lantas nggak bisa dikecilkan atau disamarkan.

Daripada ditutupi dengan make-up dan malah bikin wajah jadi makin gradakan, mending praktikkan cara mengecilkan pori pori wajah secara alami berikut

1. Cara mengecilkan pori pori dengan madu

masker madu via www.young-again.eu

Madu merupakan pelembap alami dan kaya antioksidan dan dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Jika semua sel kulit mati terangkat, otomatis pori-pori jadi bisa bernapas lebih lega dan nggak mengalami sumbatan lagi. Berikut cara mudah menggunakannya:

Oles satu sendok madu ke wajah lalu diamkan selama 30 menit. Setelah kering bilas dengan menggunakan air hangat lalu gunakan toner seperti biasa.

2. Cara mengecilkan pori-pori dengan lidah buaya

masker lidah buaya via www.freebunni.com

Tak cuma melembapkan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menyamarkan pori-pori wajah sebelum memakai make-up.Ā Jika kesulitan mendapatkan tanaman lidah buaya asli, kamu boleh menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Cukup oleskan gel selama 15 menit dan diamkan lalu bilas dengan air bersih untuk penggunaannya.

3. Cara mengecilkan pori-pori dengan es batu

pakai es batu via www.stylecraze.com

Cara memanfaatkan es batu untuk mengecilkan pori-pori ternyata cukup mudah. Hasilnya memang nggak permanen, tapi dibanding yang lain, es batu yang paling cepat efeknya. Begini cara mudah memakainya.

Ambil beberapa kotak es batu di dalam freezer kemudian taruh di saputangan atau handuk wajah. Oleskan handuk ke wajah secara perlahan dan lakukan selama 15 menit supaya pori-pori mengecil.

4. Cara mengecilkan pori pori di wajah dengan masker putih telurĀ 

masker putih telur via dermcollective.com

Salah satu cara mengecilkan pori pori di hidung yang paling efektif ialah dengan masker putih telur. Zat astringen di dalamnya mampu mengecilkan pori-pori secara bertahap.

Pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian campur dengan satu sendok madu dan sedikit perasan lemon. Aduk rata hingga adonan mengental dan nggak terlalu bau. Oles dengan menggunakan kuas di sekitar hidung atau wajah yang kelihatan pori-porinya. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan sabun cuci muka.

Cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat akan lebih maksimal jika kamu juga melakukan rutinitas ini. Metode ini juga efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah pria lo!

1. Gunakan sunscreenĀ atau tabir surya setiap hariĀ 

pakai tabir surya via www.insider.com

Tak cuma pori-pori yang membesar, paparan sinar matahari hari juga dapat membuat kulit terlihat kendur. Untuk meminimalisirnya, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 ke atas sekalipun cuaca sedang mendung dan hujan.

2. Masukkan skincare dengan kandungan retinol di perawatan wajahmu

produk beretinol via lenteratoday.com

Kandungan retinol dalam skincare dapat membersihkan pori-pori wajah yang dipenuhi sumbatan kotoran. Jika retinol justru dianjuran, skincare beralkohol terutama toner malah nggak disarankan. Selain membuat kulit lebih kering, kandungan alkohol dalam toner juga membuat pori-pori terbuka.

3. Rajin-rajinlah mengeksfoliasi kulit wajah

pakai scrub via magazine.job-like.com

Eksfoliasi wajah dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Meski dianjurkan untuk dilakukan, tapi baiknya gunakan produk eksfoliasi dengan scrub lembut supaya wajah nggak kering. Selain eksfoliasi, rajin-rajinlah memakai masker untuk mengecilkan pori-pori. Biasanya sih yang terbuat dari putih telur atau charcoal.

4. Jangan lupa pakai primer sebelum mengaplikasikan alas bedak atau kosmetik lainnyaĀ 

pakai primer via www.self.com

Meski sifatnya sementara, namun primer dapat jadi satu solusi instan untuk menyamarkan pori-porimu yang besar. Pastikan kamu memilih primer berlabel oil free agar wajah tak mengalami penumpukan sebum.

Produk masker untuk mengecilkan pori-pori wajah ini akan memaksimalkan dan mempercepat prosesnya. Berikut beberapa rekomendasi produknya

1. Innisfree Super Volcanic Peel Off Mask 2X

masker dari Korea via shopee.co.id

Masker dari Korea Selatan ini memiliki daya serap minyak dan kotoran dua kali lebih kuat daripada produk sebelumnya. Karena jenisnya peel off gelĀ maka kamu tak perlu repot-repot membilasnya lagi. Cukup tarik dan bersihkan saja. Nah, produk kecintaan sejuta umat ini bisa dibeli di sini.

2.Ā Freeman Charcoal & Black Sugar Polishing Mask

masker Freeman via popcornandpearls.net

Masker yang terbuat dari bahan-bahan yang aman ini ternyata juga cruelty freeĀ atau tak memakai produk dari binatang. Meski daya bersihnya kuat, namun masker ini tak akan membuat kulitmu jadi kering dan terasa ketarik. Kalau kamu mau mencobanya, masker Freeman ini bisa dibeli di sini.Ā 

3.Ā Mediheal H.D.P Pore-Stamping Black Mask EX

merek Mediheal via www.youtube.com

Meski berbentuk sheet mask,Ā masker dari Mediheal ini dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajahmu lo! Berkat kandungan adenosine,Ā pomegranate, dan jamur russula di dalamnya, sheet mask ini ini dapat mengontrol sebum dan membuat kulit jadi lebih bernutrisi. Karena bentuknya sheet mask, masker ini aman dipakai semua tipe kulit. Jika penasaran, silakan beli produknya di sini.

Kunci keberhasilan cara mengecilkan pori pori besar ialah dengan melakukan perawatan yang telaten. Kalau rutin, sebulan setelah perawatan pun wajah akan menunjukkan perbedaannya. Tapi jangan keliru dan salah kaprah menggunakan metode ini sebagai cara mengecilkan pori pori ketiak. Kulit wajah dan ketiak itu beda, jadi perawatannya sudah pasti nggak sama. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE