Kejadian sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi, atau yang biasa disebut dengan istilah selilitan, memang nggak akan pernah mengenal waktu dan tempat. Bisa saja itu terjadi saat kamu sedang berada di acara formal seperti makan malam dengan para direksi dari tempat kamu bekerja, atau malah saat sedang makan bersama calon mertua. Rasanya risi ingin segera menghilangkannya dari sela-sela gigi saat itu juga.

Namun sayangnya, nggak semua tempat makan menyediakan tusuk gigi. Sedangkan membiarkannya tetap pada tempatnya juga bukan pilihan tepat. Kamu pasti jadi ngga percaya diri saat akan mengobrol. Belum lagi kalau nyelip-nya ada di sela-sela gigi bagian depan. Aduh, malu deh kalau sampai ketahuan. Dilansir dari laman Bustle ternyata ada 7 cara mengeluarkan sisa makanan yang terselip di gigi tanpa menggunakan tusuk gigi. Simak baik-baik, siapa tahu suatu saat kamu mengalaminya.

1. Cara yang paling mudah adalah dengan minum air putih dan kumur-kumur dengan tekanan yang kuat

Minum air putih dan kumur via www.rd.com

Advertisement

Minum air putih dan berkumur-kumur dengan tekanan yang kuat juga bisa jadi pilihan saat kamu selilitan namun tak menemukan tusuk gigi. Jika sisa makanan yang nyelip tak terlalu sulit dikeluarkan, cara ini bisa dilakukan. Tapi, jika yang terjadi sebaliknya, kamu perlu mencoba cara lain karena kumur saja kadang belum cukup.

 2. Makan sayuran yang teksturnya crunchy, seperti timun, kobis, atau wortel mentah

Sayuran mentah yang ‘renyah’ via www.kafepauza.mk

Sayuran yang dimaksud adalah sayuran mentah yang tidak lembek. Kamu bisa memilih timun, kobis atau wortel mentah. Teksturnya yang keras dan renyah berfungsi untuk membantu mengeluarkan sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi. Kalau pakai trik ini, orang nggak akan tahu bahwa sebenarnya kamu sedang berusaha keras mengeluarkan sisa makanan. Mereka paling hanya keheranan mengapa tiba-tiba kamu makan sayuran banyak sekali. Hahaha~

3. Gunakan sedotan yang dipipihkan untuk mengakali selilit yang mengganggu. Lakukan saat keadaan darurat saja, ya!

Pakai sedotan yang dipipihkan via www.bustle.com

Kamu juga bisa menggunakan sedotan dengan cara dipipihkan, kemudian bagian ujungnya bisa kamu gunakan sebagai tusuk gigi. Cara ini bisa dibilang cukup ampuh mengingat sedotan bahannya kaku dan ujungnya tajam. Tapi, jangan sering-sering melakukan kebiasaan ini, ya. Selain nggak sopan, bagian ujung sedotan yang kamu gunakan belum tentu terjamin kebersihannya.

4. Kamu bisa pura-pura ke toilet sambil diam-diam membawa garpu sebagai senjata mengusir selilitan

Pakai garpu via familysporthealth.com

Advertisement

Ya, bisa juga kamu ke toilet sambil diam-diam bawa garpu. Kalau ingin sambil bercermin di depan wastafel, jangan lupa untuk lihat keadaan sekitar siapa tahu ada orang yang malah ingin tertawa melihat tingkahmu. Perhatikan juga caranya karena jika teralu kasar, justru bisa berbahaya seperti menggunakan tusuk gigi. Tapi, kalau garpu dirasa terlalu kebesaran, kamu bisa coba poin berikutnya.

5. Melipat kertas menjadi tusuk gigi darurat, pastikan kertas yang kamu gunakan juga bersih, ya 🙁

Pakai kertas yang dilipat via www.seriouseats.com

Kamu bisa menyobek kertas dari buku agenda atau block note yang kamu bawa. Lipat menjadi segitiga kecil dan mengerucut pada bagian ujung, dan jadikan tusuk gigi darurat. Pastikan juga kertasnya bersih dan bukan bekas. Pokoknya kalau buat gigi harus tertib dan hati-hati banget deh!

6. Atau, pakai kuku sendiri. Cara ini diperuntukkan buatmu yang berkuku panjang. Daaan, pastikan lagi dalam keadaan bersih, ya!

Pakai kuku via blog.dealoka.com

Kamu bisa menggunakan kukumu sebagai jurus terakhir untuk menghilangkan selilitan. Namun, perhatikan juga kebersihan dari kuku dan tanganmu. Dan pastikan juga kukumu panjang karena kalau pendek sama saja tak bisa digunakan.

7. Terakhir, bawalah dental floss kemanapun kamu pergi. Selain berguna untuk membersihkan sisa makanan yang terselip, cara ini jauh lebih aman daripada menggunakan tusuk gigi

Dental floss via www.buythebest10.com

Nggak ada salahnya mulai sekarang kamu rajin membawa dental floss kemana pun kamu pergi. Banyak orang yang menganggap barang kecil ini nggak berguna, padahal bisa sangat membantu jika digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di gigiBahkan jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan tusuk gigi. Karena ternyata, penggunaan tusuk gigi dapat menimbulkan beberapa kerugian, seperti gusi akan menjadi berdarah karena tertusuk, rusaknya jaringan gusi yang ada di sela-sela gigi dan akhirnya jadi semakin lebar area sela-sela gigi, dan makanan akan jadi sering terselip di sana. Jadi, penggunaan dental floss sangat direkomendasikan, ya!

Dari ke tujuh cara ini, semoga salah satunya bisa membantumu terbebas dari situasi genting selilitan. Nggak ada tusuk gigi? Bukan masalah lagi~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya