7 Alternatif untuk Menyamarkan Gigi Tidak Rapi Selain Pakai Kawat Gigi

Gigi tidak rapi

Selain mata dan bibir, gigi tentu menjadi pusat perhatian yang pertama tiap kali bertemu dengan seseorang. Tapi sayangnya, banyak orang yang kurang PD dengan tampilan giginya yang berantakan, alias nggak rapi seperti kebanyakan orang. Apakah kamu juga demikian?

Advertisement

Tapi, nggak perlu khawatir karena Hipwee Tips punya beberapa cara supaya tampilanmu tetap maksimal meski dengan gigi tidak rapi atau berantakan. Tanpa kawat gigi, begini nih caranya!

1. Karena gigi berantakan rentan menyimpan sisa makanan dan bakteri, yuk, mulai sekarang lebih rajin sikat gigi!

sikat gigi | credit: @diana_pole via Unsplash

Merawat gigi itu sebenarnya nggak perlu keluar banyak uang, lo. Asal kamu rutin menyikat gigi, mengurangi rokok dan alkohol, tampilan gigimu akan lebih baik dari sebelumnya. Dan yang paling penting, gigimu yang berantakan akan lebih sehat karena sisa makanan dan bakteri pun berkurang dengan sendirinya dengan rajin gosok gigi.

Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari saat setelah sarapan dan sebelum tidur. Ini wajib lho, ya…

Advertisement

2. Biasakan mengunyah makanan dengan gigi geraham belakang. Jika kamu gunakan gigi depan, gigimu akan makin berantakan

jangan lupa pakai gigi belakang | credit: healtheconnect.bannerhealth

“Gigi depan itu nggak miring atau nggak tegak lurus. Kalau mengunyah pakai gigi depan, gigimu bisa makin miring dan maju,” ujar Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD, Guru Besar FKG UI,

seperti dikutip dari detik.com

Tanpa kamu sadari saat sedang makan, biasanya kamu bakal mengunyah pakai gigi depan. Padahal, mengunyah makanan adalah tugas gigi geraham (bagian belakang). Nah, hal tersebut sebenarnya berbahaya karena bikin gigimu jadi makin berantakan.

Hal itu bisa terjadi lantaran kekuatan gigi depan dan geraham yang berbeda, lalu dari segi bentuk juga sama. Misalnya saja gigi depan bentuknya nggak miring atau nggak tegak lurus, nah kalau dipakai untuk mengunyah malah bikin miring dan maju. Untuk itu, kamu harus perhatikan betul bagaimana cara mengunyah makanan, ya.

Advertisement

3. Gigi berantakan itu bukan masalah jika kebersihannya dijaga. Rajin pakai obat kumur buat menghilangkan plak, misalnya

pakai obat kumur | credit: Towfiqu barbhuiya via Unsplash

Selain menyegarkan bau mulut, obat kumur mampu meminimalisir plak gigi karena kandungan-kandungan khususnya. Ini pun sangat baik untuk tampilan gigimu yang berantakan, agar makin bersih dan bersinar (meskipun nggak terlalu putih).

4. Cobalah cari tahu sisi menarik wajahmu. Ini penting supaya orang-orang nggak selalu fokus melihat gigimu saja

cari sisi menarik wajahmu | credit: @laurlenz via Unsplash

Memang sih kalau punya gigi berantakan bikin orang-orang saat pertama kali melihatmu bakal fokus ke bagian gigi. Walau mereka memandangnya sebentar, tetap saja hal itu membuatmu risih. Supaya pandangan mereka teralihkan, nggak ada salahnya kamu iseng-iseng cari bagian dari wajah yang menarik.

Misalnya, kamu bisa menonjolkan lesung pipit atau bibirmu yang tebal nan seksi.

5. Biasakan tersenyum dengan nyaman setiap hari. Biar gigimu berantakan, yang penting kan wajahmu berseri

senyum senyamanmu | credit: hdfinewallpapers

Yang bikin hati jadi adem bukan lagi senyum menawan dengan penuh lekukan bibir yang aduhai, tapi juga rasa nyaman dari dirimu. Untuk itu, nggak ada salanya nih kamu pasang senyum ternyaman kamu. Percaya saja bahwa segala sesuatu yang berasal dari dalam hati tanpa ada paksaan bakal memunculkan kesan menyenangkan.

Keep smile 🙂

6. Rasa minder pasti ada. Oleh karena itu, hadapilah dengan kelebihan yang kamu punya

terima kekurangan | credit: Mateus Campos Felipe via Unsplash

Satu hal yang pasti, rasa minder dalam dirimu pasti ada. Kamu boleh saja minder lantaran gigi berantakan yang sukses membuat jadi begini. Untuk mengatasinya, nggak ada salahnya kamu coba menghadapi dengan segala kelebihan yang kamu punya.

Misalnya saja dengan prestasimu dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kamu juga bisa melakukan berbagai hal positif yang bermanfaat bagi banyak orang. Dan nggak harus selalu dari hal besar, mulai dari kecil pun tak masalah.

7. Suka jadi bahan ledekan? Sabar saja, toh hidup nggak melulu soal fisik kok

santai aja | credit: @lightphonics via Unsplash

Pahitnya ucapan dari mereka yang berkomentar tentang gigi berantakanmu memang bikin hati jadi senewen. Rasa-rasanya ingin kamu marahi, namun apa daya kamu bukan tipe orang yang emosian. Kalau sudah begitu, kamu cuekin saja lah, toh nanti mereka bakal berhenti sendiri. Apalagi saat usia makin dewasa, nggak akan ada lagi ledek-ledekan. Sudah bukan zamannya juga ‘kan?

Kalau terpaksa nggak ada dana untuk memasang kawat gigi, cara-cara tadi bisa kok kamu praktikkan sedari dini. Ya, namanya juga hidup, pasti ada saja ejekan, olokan bahkan gunjingan-gunjingan negatif mengenai dirimu. Tapi, bukankah orang dewasa yang bijak itu tetap percaya diri meski telah direndahkan sana-sini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE