8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang. Banyak Bakterinya!

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Area mulut dan gigi menjadi salah satu area yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Pasalnya, area ini akan langsung terlihat saat kita berbicara. Masalah yang kerap terjadi pada gigi ialah bau mulut karena gigi berlubang. Gigi yang berlubang akan membuat kotoran sisa makanan lebih banyak mengendap di gigi dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Advertisement

Kondisi ini membuat kita jadi kurang percaya diri saat ingin berbicara dengan orang lain. Nah, bagi kamu yang mengalami hal ini, Hipwee akan memberikan beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Atasi masalah gigi berlubang dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan

Periksa ke dokter gigi | Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Bagi kamu yang mengalami masalah gigi berlubang, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat seperti tambal gigi, cabut gigi, atau perawatan dengan fluoride. Melakukan pemeriksaan juga bisa mencegah kondisi gigi berlubang semakin parah.

2. Kamu juga perlu menyikat gigi secara rutin dua kali sehari terutama setelah makan

Sakita gigi secara rutin | Photo by Miriam Alonso from Pexels

Selain menyelesaikan permasalahan ke dokter gigi, kamu juga harus tetap melakukan perawatan dan menjaga kebersihan gigi. Sikat gigi yang ideal yaitu dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Namun, kamu juga bisa menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Sikat gigi dapat membantu mengangkat kotoran sisa-sisa makanan sehingga mengurangi bau tak sedap pada mulut.

Advertisement

3. Setelah sikat gigi, kamu bisa berkumur dengan menggunakan cairan penyegar mulut yang mengandung zink

Kumur dengan obat kumur antiseptik | Photo by Towfiqu barbhuiya from Pexels

Setelah menggosok gigi, kamu juga bisa berkumur menggunakan cairan penyegar mulut yang mengandung zink dan fluoride. Gunakan cairan ini untuk berkumur selama beberapa menit untuk membersihkan area gigi dari sisa-sisa kotoran. Cara ini dapat membuat napas kita lebih segar dan terhindar dari permasalahan mulut dan gigi.

4. Selain itu, kita juga sangat disarankan untuk membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut

Bersihkan lidah | Credit via honestdocs.id

Cara lain untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yaitu dengan membersihkan area lidah. Nggak hanya gigi, lidah juga menjadi tempat menempelnya sisa-sisa kotoran dari makanan yang berukuran kecil. Tumpukan sisa makanan tersebut bisa menjadi penyebab bau mulut kalau nggak segera dibersihkan. 

Kamu bisa menggunakan alat pembersih lidah yang saat ini banyak tersedia di minimarket. Gosok permukaan lidah dengan alat tersebut dengan gerakan searah hingga sisa makanan yang menempel pada lidah terangkat.

Advertisement

5. Flossing gigi juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi

Lakukan flossing untuk bersihkan celah gigi | Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Melansir dari laman SehatQ, flossing gigi merupakan kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang. Cara ini juga dapat menghilangkan bau mulut karena dapat membersihkan sela-sela gigi yang nggak bisa dijangkau dengan sikat gigi.

Untuk melakukan flossing, kamu memerlukan sebuah benang yang nantinya digunakan untuk membersihkan kotoran di sela gigi. Ambil benang sepanjang 45 cm, lalu lilitkan kedua ujung benang pada jari tengah tangan kanan dan kiri. Pegang benang dengan ibu jari dan telunjuk, lalu gesekkan secara hati-hati ke sela-sela gigi dengan membentuk pola huruf C. Lakukan gerakan naik dan turun secara lembut supaya nggak melukai bagian gusi.

6. Demi menjaga kebersihan, kamu disarankan untuk mengganti sikat gigi setelah tiga bulan pemakaian

Ganti sikat gigi tiga bulan sekali | Photo by Tara Winstead from Pexels

Selain membersihkan area di dalam mulut dan gigi, kamu juga harus memerhatikan kebersihan sikat gigi. Usahakan mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali untuk mencegah bakteri yang terdapat di sikat gigi kembali masuk ke dalam dan menimbulkan bau yang nggak sedap.

Nggak perlu menunggu selama tiga bulan, kalau sikat gigimu sudah rusak dan kotor, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru ya, supaya nggak menjadi media bagi pertumbuhan bakteri.

7. Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat mengurangi bau mulut karena produksi air liur yang berkurang selama tidur

Minum air putih setelah bangun tidur | Photo by engin akyurt on Unsplash

Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membantu menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Minum air putih dapat menjaga area mulut tetap lembap sekaligus membersihkan rongga mulut dari bakteri dan kotoran yang terselip di antara gigi. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi paparan bakteri maupun zat asam yang bisa mengikis permukaan gigi.

8. Terakhir, hindari mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol karena keduanya bisa menyebabkan bau mulut

Hindari konsumsi rokok dan alkohol | Photo by Waldemar Brandt on Unsplash

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang juga bisa kamu lakukan dengan menghindari konsumsi rokok dan minuman beralkohol. Rokok dapat menyebabkan kerusakan gusi, membuat area gigi dan mulut kotor, serta meningkatkan bakteri pada area rongga mulut sehingga menyebabkan bau mulut.

Selain rokok, mengonsumi alkohol juga bisa memicu bau mulut karena konsentrasi bakteri jahat yang lebih tinggi. Selain itu, alkohol juga dapat menjadi pemicu refluks asam yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan dan menghasilkan bau mulut.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal ini, jangan lupa untuk segera konsultasi ke dokter gigi dan lakukan perawatan gigi dengan cara-cara di atas, ya. Semoga bermanfaat đŸ™‚

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE