8 Cara Ampuh Menghilangkan Daki atau Sisa Kulit Mati dengan Bahan-bahan Alami

cara menghilangkan daki

Dalam sehari, Sobat Hipwee mungkin mandi dua kali dalam sehari, atau mungkin bisa tiga kali kalau sedang gerah-gerahnya. Meski sudah merasa bersih, kita sebenarnya seringkali lo luput membersihkan lipatan-lipatan tubuh yang mungkin tidak terlihat. Hati-hati, sisa kotoran atau kulit mati yang tertinggal itu nantinya akan menimbun menjadi daki. Daki mungkin memang tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi kan malu banget kalau tiba-tiba daki terlihat di belakang leher atau lipatan lenganmu.

Advertisement

Jangan khawatir, daki itu masalah semua orang kok. Mau selebritas paling cantik pun, bisa saja punya daki. Nah, beruntungnya Hipwee Tips punya cara terbaik untuk menghilangkan daki, nih, buat SoHip. Di bawah ini, ada berbagai macam bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan daki. Penasaran? Yuk simak baik-baik!

1. Lidah buaya

cara menghilangkan daki

lidah buaya | Credit by Spencer Wings via Pixabay.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan daki adalah menggunakan bahan alami seperti lidah buaya. Seperti yang kita ketahui, tanaman ini biasanya dikenal untuk merawat rambut. Ternyata, lidah buaya juga bisa, lo, digunakan buat ngilangin daki. Jika SoHip punya lidah buaya di rumah, bisa dioleskan gel lidah buaya ke bagian yang banyak dakinya, entah di leher atau bagian badan lainnya.

Tanaman ini cukup ampuh menghilangkan daki karena kaya akan antioksidan yang mampu membuat kulitmu terlihat cerah.

Advertisement

2. Baking soda

baking soda | Credit by NatureFriend via Pixabay.com

Baking soda juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan daki, lo. Bahan ini seringkali dikenal dengan exfoliant alami yang berfungsi mengangkat sel mati pada kulit. Bahkan, baking soda juga aman digunakan di area lipatan seperti leher dan ketiak. Cara penggunaannya cukup mudah, SoHip tinggal campurkan bahan baking soda dengan air, lalu lulurkan ke bagian yang ada dakinya dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Kulit jeruk

cara menghilangkan daki

kulit jeruk | Credit by PxHere.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan daki dengan alami adalah menggunakan kulit jeruk. SoHip di sini pasti kebingungan dan bertanya-tanya, “Emangnya bisa pakai kulit jeruk?”. Secara garis besar, kulit jeruk mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan daki dari kulit.

Apabila SoHip habis makan jeruk, jangan dibuang dulu. Jemur kulit jeruk hingga kering, lalu haluskan. Setelah itu, campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan air atau susu dan oleskan ke bagian leher atau area yang ada dakinya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu dibilas. Gampang, kan?

Advertisement

4. Kentang

kentang | Credit by Capri23auto via Pixabay.com

Kentang juga bisa kamu jadikan opsi sebagai bahan alami untuk menghilangkan daki. Sayuran yang satu ini mengandung enzim catecholase yang dinilai mampu mencerahkan kulit. Jika kamu tertarik menggunakan kentang untuk menghilangkan daki, caranya pun cukup gampang. Kamu tinggal hancurkan kentang sampai rata, kemudian tambahkan dengan air mawar. Campuran itu lalu kamu oleskan ke leher dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa dibilas, ya, SoHip!

5. Kunyit dan minyak kelapa

cara menghilangkan daki

kunyit dan minyak kelapa | Credit by Steve Buissinne via Pixabay.com

Memakai kunyit dan minyak kelapa juga dinilai jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan daki. Pastikan, kunyitnya dalam bentuk bubuk, ya. Untuk hasil yang maksimal, berikut cara pencampuran antara kedua bahan tersebut:

  • campurkan bubuk kunyit dan minyak kelapa hingga menjadi pasta kental
  • lulurkan di area yang berdaki, seperti leher atau bagian tubuh lainnya
  • diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan sabun dan air hangat

6. Beras dan minyak zaitun

beras dan minyak zaitun | Credit by ally j via Pixabay.com

Sisihkan beras di rumahmu untuk dijadikan sebagai bahan alami menghilangkan daki. Dalam pemakaiannya, tumbuk beras terlebih dahulu sampai halus. Setelah halus, kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan air perasaan jeruk nipis. Setelah bahannya selesai, lulurkan ke bagian tubuh yang ada dakinya.

7. Batu

cara menghilangkan daki

batu apung | Credit wokandapix via Pixabay.com

Cara yang satu ini memang terbilang tradisional untuk menghilangkan daki. Akan tetapi, batu apung memang cukup ampuh dalam menghilangkan kotoran tersebut. Usahakan cari batu yang permukaannya halus, ya, supaya nggak merusak kulitmu. Kamu bisa menggosokkan batu apung ke bagian tubuh yang banyak dakinya saat mandi. Cara ini sebenarnya sangat seru jika kamu lakukan saat mandi di sungai desa bersama teman-teman, lo, SoHip.

8. Minyak essensial

minyak essensial | Credit by Mareefe via Pixabay.com

Cara terakhir untuk menghilangkan daki adalah dengan menggunakan minyak essensial. Kamu tinggal pijat bagian yang ada dakinya dengan menggunakan berbagai macam jenis minyak, seperti lavender, cinnamon oil, dan lain-lain.

Itu dia 8 cara yang bisa kamu aplikasikan untuk menghilangkan daki dengan bahan alami. Sekarang, nggak usah khawatir dan takut lagi, nih, SoHip sama daki. Tinggal hilangkan dengan cara di atas, kepercayaan diri pun dijamin akan meningkat seratus persen!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE