Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk di Pagi Hari Selain Minum Kopi

Rasa kantuk di pagi hari sulit banget untuk dihindari. Apalagi bagi kamu yang baru tidur ketika waktu subuh akibat begadang mengerjakan tugas atau kerjaan lain yang harus segera diselesaikan. Belum lagi kamu yang mesti bangun buat makan sahur. Akibatnya, rasa kantuk akan menyerangmu di pagi hari ketika kamu sudah berada di kantor padahal kerjaan kantor sedang menumpuk.

Advertisement

Mungkin sebagian orang akan pergi ke pantry untuk meminum kopi demi membantu menghilangkan rasa kantuk. Tetapi bagi kamu yang tidak kuat dengan kopi karena memiliki riwayat penyakit tertentu, kamu bisa menghilangkan rasa kantukmu dengan beberapa cara berikut ini.

1. Paksa kaki untuk berjalan-jalan di dalam ruangan

cara menghilangkan kantuk pagi hari

Berjalan di ruangan bisa bantu hilangkan ngantuk | Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Kalau nggak dipaksa, kamu bakal ngantuk terus.

Terkadang kita harus menggunakan cara paksa untuk menghilangkan rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan memaksa tubuh dan kaki untuk bangkit dari kursi dan berjalan-jalan di dalam ruangan selama sepuluh menit.

Advertisement

Menurut Robert Thayer, PhD., profesor dari Universitas California menyebutkan bahwa berjalan kaki selama sepuluh menit dapat membuat tubuh terjaga dan bersemangat. Bahkan berjalan kaki selama sepuluh menit juga bisa membantu meningkatkan energi selama dua jam, lo!

2. Ngobrol ringan bersama teman sekantor

cara menghilangkan kantuk pagi hari

Ngibrol dengan teman sekantor bikin rasa kantuk hilang | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Jangan ngobrolin perekonomian Indonesia, berat~

Advertisement

Biar nggak ngantuk, coba deh kamu ngobrol ringan sama rekan kantormu. Berbicara ringan di pagi hari bisa membantu otak untuk kembali bekerja dengan maksimal dan rasa kantuk juga akan menghilang. Tapi ingat ya, jangan mengobrol lama-lama sebab masih ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

3. Buka jendela dekat meja kerjamu

Ruangan yang redup akan membuatmu semakin mengantuk. Oleh karena itu, buka jendela ruanganmu agar cahaya matahari dapat masuk. Ruangan yang terang akan membantu menghilangkan rasa kantukmu.

4. Hirup napas dalam-dalam biar rasa kantuk hilang

Tarik napas, kemudian keluarkan. Lakukan berulang kali hingga rasa kantukmu hilang.

Dengan menghirup napas dalam-dalam, akan meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak. Hal ini membuat rasa kantukmu pergi.

5. Pergi ke dapur dan ambil camilan sehat

cara menghilangkan kantuk pagi hari

Konsumsi yoghurt dan seral bar bisa bikin kamu tidak ngantuk | Foto oleh Jacqueline Kelly dari Pexels

Jangan ambil junkfood, coba untuk ambil buah-buahan, yoghurt, atau selai mentega kacang~

Bisa jadi, rasa kantukmu disebabkan oleh kadar gula yang rendah dalam darah. Untuk itu, kamu perlu menaikkannya dengan mengonsumsi camilan sehat berupa buah-buahan, yoghurt, dan lain sebagainya. Pastikan ambil dalam porsi yang cukup ya, jangan berlebihan sebab malah bikin kamu semakin mengantuk.

6. Kalau cara tadi masih saja bikin rasa kantuk datang lagi, cobalah untuk pergi ke kamar mandi dan basuh wajah dengan air

cara menghilangkan kantuk pagi hari

Membasuh muka biar melek | Foto oleh Mas Vathon dari Pexels

Sensari segar dari air dingin bikin mata jadi melek~

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan jika rasa kantuk masih menyerang adalah dengan membasuhkan air ke wajah. Sensasi dingin dan segar bikin kamu lebih fresh dan bersemangat.

Jika kamu malas ke kamar mandi, kamu juga bisa menyemprotkan water mist atau rose water untuk membuat wajahmu kembali segar dan melek.

Bagi kamu yang nggak kuat kopi, keenam cara tadi cukup efektif untuk menghilangkan rasa kantukmu. Kalau rasa kantuk menyerang, segera lakukan cara-cara di atas, ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE