5 Cara Menghilangkan Noda di Bantal Bekas Ompol dan Iler. Bersih Tuntas!

Cara menghilangkan noda di bantal

Barang apa pun ketika terlalu sering dipakai pasti akan menimbulkan noda di permukaannya, salah satunya bantal. Semakin sering dipakai, biasanya bantal yang berwarna putih akan berubah menjadi kekuningan, atau muncul noda kecokelatan. Hal ini karena bantal sering terkena keringat, iler, bahkan ompol.

Advertisement

Noda-noda pada bantal jika dibiarkan bisa menimbulkan bau, jamur, bakteri bahkan biang tungau. Biasanya, kebanyakan orang memang rajin membersihkan bantal, tapi hanya dengan mengganti sarungnya saja. Padahal, cara itu nggak bisa menghilangkan noda di bantal, lo. Maka dari itu, penting banget membersihkan noda di bantal secara tuntas. Penasaran, bagaimana cara menghilangkan noda di bantal secara tuntas? Yuk, simak tips Hipwee berikut!

1. Cara mencuci bantal dakron putih yang mulai menguning menggunakan mesin cuci

Cara menghilangkan noda di bantal

Mencuci bantal menggunakan mesin cuci | Credit by Serezniy on depositphoto

Cara menghilakan noda di bantal menggunakan mesin cuci seperti ini bisa dilakukan untuk mencuci bantal berbahan dakron, silikon, busa, atau foam dan bulu angsa atau polyester. Bantal jenis tersebut bisa dicuci karena mudah kering dan nggak akan kempes jika terkena air.

Sebelum mulai mencuci, rendam dulu bantal menggunakan air panas. Setelah air berubah hangat, tambahkan deterjen, lalu sikat lebih dulu menggunakan tangan. Setelah lumayan bersih, lanjutkan pencucian menggunakan mesin cuci. Jika bantal berwarna putih, kamu bisa menambahkan pemutih untuk membantu proses pengangkatan noda.

Advertisement

2. Menyikat noda di bantal menggunakan campuran baking soda dan cuka untuk menghilangkan noda bekas iler di bantal

Cara menghilangkan noda iler di bantal

Noda bekas iler | Credit by damrong8899 on depositphoto

Jika noda cukup membandel, coba cara menghilangkan noda di bantal menggunakan campuran baking soda dan cuka. Caranya, rendam bantal menggunakan air hangat, kemudian campurkan kedua bahan tersebut ditambah deterjen hingga membentuk adonan yang kental. Bahan-bahan ini bisa jadi pembersih bantal yang ampuh, lo!

Gunakan sikat untuk membersihkan bagian noda di bantal yang sudah diolesi bahan-bahan tadi. Setelah noda membandel terangkat, kamu bisa melanjutkan pencucian dengan mesin cuci atau mencuci langsung dengan tangan. Cara mencuci bantal seperti ini cukup efektif untuk menghilangkan noda bekas iler dan ompol, lo.

3. Menghilangkan noda jamur di bantal menggunakan boraks yang dilarutkan ke dalam air panas

Advertisement
Cara menghilangkan noda jamur di bantal

Noda jamur di bantal | Credit by Damrong8899 on depositphoto

Noda dari jamur ini biasanya berasal dari noda-noda yang sebelumnya berwarna kekuningan. Namun, karena terlalu lama jadi berubah kecokelatan atau timbul bintik hitam dan menimbulkan bau kecut dan apek.

Cara menghilangkan bintik hitam atau jamur, bantal harus direndam menggunakan air panas yang dicampur dengan boraks selama 30 menit. Supaya hasilnya bisa maksimal, ikuti cara kedua supaya noda jamur pada bantal bisa bersih tuntas.

4. Menghilangkan noda bekas ompol di kasur busa tanpa mencucinya

Cara menghilangkan bekas ompol di kasur

Menghilangkan noda bekas ompol di kasur | Credit by DavidDO on depositphoto

Selain bantal, noda-noda serupa juga sering hinggap di kasur. Apalagi jika ada anak kecil yang sering mengompol di kasur. Bisa dipastikan, timbul noda kecokelatan di permukaan kasur dan bau tak sedap. Sayangnya, mencuci kasur tentu sangat merepotkan.

Solusinya, coba larutkan baking soda dan hidrogen peroksida ke dalam air, lalu semprotkan pada noda di kasur. Tunggu beberapa saat, kemudian sikat noda menggunakan tambahan deterjen. Sikat sampai bersih, tanpa perlu menambahkan air biasa. Setelah dirasa cukup bersih, basahi kain lap atau kanebo, kemudian usapkan pada permukaan kasur yang dibersihkan tadi untuk menghilangkan sisa deterjen. Terakhir, jemur kasur di bawah sinar matahari langung, usahakan bisa kering dalam sehari ya, supaya nggak menimbulkan bau.

5. Cara mencuci bantal kapuk yang mulai berjamur dengan mudah

Cara mencuci bantal kapuk

Bantal kapuk | Credit by Joyhn on flikr

Jika bantal berbahan dakron, silikon, busa dan polyester, bisa dicuci langsung dengan air, lain halnya dengan bantal berbahan kapuk. Cara mencuci bantal kapuk butuh trik khusus yang harus diperhatikan, karena kapuk nggak boleh terkena air.

Pertama, buka jahitan bantal untuk mengeluarkan kapuk-kapuknya. Jemur kapuk di bawah sinar matahari langsung untuk menghilangkan jamur dan kuman. Sementara itu, bagian kain bantal bisa dicuci untuk menghilangkan noda bekas keringat, iler bahkan ompol. Jika pencucian biasa menggunakan deterjen nggak bisa menghilangkan noda, kamu bisa mencoba cara kedua untuk membersihkan kain bantal. Setelah kain dicuci dan kering, masukkan kapuk yang sudah dijemur, lalu jahit kembali.

Supaya bantal yang sudah dicuci nggak bau apek, usahakan proses pengeringan bisa selesai dalam satu hari, ya! Cara menghilangkan bau di bantal pun cukup mudah, kamu bisa menambahkan pewangi pakaian saat proses pencucian. Perlu diperhatikan juga petunjuk pencucian yang biasanya terdapat pada labelnya untuk menghindari kerusakan. Jika nggak ada, berhati-hatilah saat menyikat dan mencuci bantal menggunakan mesin cuci, karena bisa merusak kain dan membuat bantal jadi kempes.

Nah, itulah cara menghilangkan noda di bantal yang bisa kamu sesuaikan dengan kepekatan noda dan bahan bantalnya. Yuk, coba cek bantalmu, jangan sampai noda di bantal semakin membandel dan membuat tidurmu jadi nggak nyaman, ya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE