Ini Hacks supaya Menyetrika Lebih Menyenangkan! Hemat Energi, Pakaian Tetap Rapi~

cara menyetrika yang efektif

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang menyetrika pakaian sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Apalagi nih, kalau agendanya termasuk penting dan mengharuskan bertemu dengan seseorang. Tampilan yang rapi tentunya memberikan kesan positif dan membuat kita semakin percaya diri. Namun, seringnya menyetrika dianggap sebagai pekerjaan yang melelahkan.

Pekerjaan rumah menyenangkan, kecuali nyetrika! Mana gerakannya gitu-gitu aja.

Begitu kata orang-orang. Selain itu, perlu waktu yang nggak sebentar untuk menyelesaikannya. Oleh sebab itulah, banyak dari kita memilih menunda dan pada akhirnya justru bikin pakaian bersih semakin menggunung.

Untuk kamu yang mempunyai permasalahan serupa, jangan khawatir. Coba deh, simak hacks menyetrika yang benar dan efektif dari para nyetrika-enthusiast berikut ini. Selain bikin pekerjaan lebih mudah, caranya pun simpel bisa menggunakan barang yang ada di rumah~

Sebelum menyetrika, ada baiknya bedakan pakaian berdasarkan bahannya supaya hasilnya bisa maksimal

Kalau sudah terburu-buru cara apa pun biasanya akan dilakukan tanpa memerhatikan dampak ke depan. Padahal, salah-salah pakaianmu malah bisa rusak, lo. Sebelum mulai, biasakan untuk sortir pakaian berdasarkan jenis kain dulu. Hal ini dilakukan supaya pakaianmu nggak mudah untuk rusak karena diperlakukan dengan salah.

Beberapa jenis kain membutuhkan setelan suhu yang berbeda. Daripada membuang waktu menyetrika satu per satu kemudian menggonta-ganti suhu, kamu justru bisa sekali jalan lo. Misalnya, setrika semua pakaian berbahan katun, kemudian diganti dengan pakaian berbahan linen dan seterusnya.

Perhatikan bahwa ada jenis kain yang harus disetrika dengan suhu rendah, sedang, tinggi, atau yang butuh disemprot terlebih dahulu dengan cairan. Berdasarkan serat kain, pengaturan suhu bisa dibedakan dari serat alami atau sintetis.

Biasanya, serat alami seperti sutra, wol, kashmir atau flanel membutuhkan suhu yang sedang. Untuk katun, denim, atau muslin temperatur sedang-tinggi, beda lagi dengan linen yang memerlukan suhu tinggi.

Untuk kain berserat sintetis seperti akrilik dan nilon, kamu hanya perlu mengatur suhu menjadi rendah. Sedangkan, polister bisa di-setting ke rendah-sedang. Hindari menyetrika bagian yang bersablon atau memiliki hiasan manik-manik, ya. Tujuannya supaya baju kamu awet dan nggak mudah rusak.

Untuk mempersingkat waktu dan menghemat energi, ada beragam tips yang bisa kamu coba dengan barang di sekitar

Ketika menyetrika pakaian, kita masih sering membolak-balikan sisi yang berbeda. Namun, tahu nggak sih kalau hal ini bukan hanya membutuhkan waktu lebih lama, melainkan juga membuat tagihan listrik semakin membengkak. Untuk itu, coba yuk cara berikut sebagai alternatifnya!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini