Cara Menyimpan Sambal biar Tak Cepat Basi. Aman buat Stok Berhari-hari

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sangat suka dengan masakan pedas. Bahkan bagi mereka, makan tanpa menggunakan sambal bagaikan taman tanpa bunga. Ya, tak lengkap.

Advertisement

Agar kamu dapat menikmati sambal sebagai pelengkap makananmu setiap hari, tentu kamu harus mempunyai banyak stok sambal yang dapat diambil ketika waktu makan tiba. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan cara menyimpannya agar sambalmu dapat bertahan lama bahkan hingga dua bulan. Berikut cara menyimpan sambal yang akan Hipwee Tips bagikan agar sambal tidak cepat basi.

1. Buatlah sambal dengan cara menumis agar lebih awet

Membuat sambal dengan cara menumis dapat membantu mengurangi kadar air dari bahan-bahan sambal sehingga sambal akan lebih awet dibanding dengan sambal yang diolah dengan cara merebus.

2. Simpan sambal menggunakan wadah yang steril dari debu dan kotoran

Sebelum menyimpan sambal, pastikan wadah sambalmu telah steril serta jauh dari debu dan kotoran yang bisa membuat sambal cepat basi.

Advertisement

3. Jangan masukkan sambal ketika dalam keadaan panas setelah ditumis

cara menyimpan sambal

Jangan keburu menutup wadah sambal agar sambal bisa lebih awet | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Tunggu dingin dulu, setelah dingin baru masukkan sambal ke dalam wadah, ya~

Setelah selesai ditumis, jangan terlalu tergesa-gesa untuk memasukkan sambal ke dalam wadah, sebab uap air yang terperangkap dalam wadah dapat memicu sambal buatanmu basi lebih cepat.

4. Simpan sambal di kulkas untuk ketahanan hingga dua bulan

cara menyimpan sambal

Masukan sambal ke dalam kulkas agar lebih awet | Foto oleh Kindel Media dari Pexels

Advertisement

Sambal matang bisa bertahan hingga dua bulan di dalam kulkas~

Agar sambalmu lebih awet dan tahan lama, maka simpanlah sambal di dalam kulkas. Melansir dari Kompas.com, sambal matang dapat bertahan selama dua bulan jika di simpan dalam kulkas, tetapi tetap memperhatikan kerapatan tutup wadahnya agar tidak terkontaminasi oleh bahan lainnya, ya~

5. Kalau tidak ada kulkas, letakkan sambal di tempat yang sejuk dan kering

Hindari meletakkan sambal di tempat yang terkena paparan sinar matahari, sebab bisa membuat sambalmu tak tahan lama dan cepat basinya.

6. Ambil sambal dengan menggunakan sendok bersih

Jika kamu mau menambahkan sambal di piring makanmu, ambil sambal dengan menggunakan sendok yang baru dan bersih, ya~

Tidak hanya berfokus pada cara penyimpanan saja, cara mengambil sambal pun juga dapat memengaruhi ketahanan sambal. Pastikan untuk selalu menggunakan sendok baru yang bersih ketika kamu ingin menambahkan sambal di atas piringmu untuk meminimalisir adanya kontaminasi bahan yang membuat sambalmu tidak tahan lama atau cepat basi. Kan sayang~

Nah, beberapa cara menyimpan sambal di atas bisa kamu terapkan segera. Niscaya sambal buatanmu bakal awet hingga 2 bulan ke depan, nggak kalah sama sambal-sambal kaleng andalan!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE